icon
icon
article hero

5 Pilihan Destinasi Road Trip Akhir Tahun untuk Kamu yang Ingin Traveling

AvatarName

Tiara •  Dec 07, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Tanggal libur Natal dan tahun baru telah ditetapkan. Sekarang, saatnya merancang liburan akhir tahun. Salah satu cara aman untuk traveling saat ini adalah dengan road trip. Dengan cara ini, kamu dapat meminimalisir kontak dengan orang asing sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, destinasi road trip liburan Natal dan tahun baru pun bisa kamu tentukan sendiri (dan ubah sepanjang perjalanan!). Untuk memulainya, simak dulu beberapa alternatif destinasi road trip yang bisa kamu kunjungi saat libur akhir tahun nanti.
Sukabumi
Jadikan libur Natal dan tahun baru kali ini berbeda dengan menjelajahi kawasan Sukabumi. Rute ini terbilang pendek dan kondisi jalanannya pun cukup baik. Perjalanan bisa ditempuh selama kurang lebih empat jam hingga tiba di kawasan Sukabumi. Tidak perlu bingung soal tempat wisata karena ada Geopark Ciletuh yang menyimpan begitu banyak pesona alam. Kamu bisa mengunjungi curug-curug yang menjulang hingga belajar berselancar di Pantai Maja. Cek juga berbagai penginapan Instagramable di Ciletuh untuk tempat bermalam!
Lampung
Siapa bilang road trip hanya bisa keliling pulau? Kamu pun bisa menyeberang ke Pulau Sumatera untuk menghabiskan libur Natal dan tahun baru di Lampung. Perjalanannya memakan waktu urang lebih 5 jam (termasuk menyeberang dengan kapal ferry). Setibanya di Bandar Lampung, kamu tinggal memilih mau bermain dengan para gajah di Way Kambas atau liburan tropis di Pulau Pahawang. Indonesia juga punya resort terapung ala Maldives dan salah satunya berada di Lampung!
Jawa Tengah
Kalau kamu belum bosan keliling Joglosemar, langsung saja tancap gas ke Jawa Tengah. Keberadaaan tol Trans Jawa akan membuat perjalanan road trip Natal dan tahun baru kamu semakin lancar. Terlebih kalau kamu sudah membaca itinerary road trip Jawa Tengah HHWT. Liburan akhir tahun kamu dijamin tidak membosankan!
Jawa Timur
Kalau kamu ingin mudik ke Jawa Timur pada libur Natal dan tahun baru ini, sekalian saja road trip ke sana! Dengan itinerary road trip Jawa Timur yang tepat, kamu bisa menikmati banyak destinasi dalam sekali jalan. Selain mampir ke kampung halaman, kamu pun bisa kulineran di Surabaya dan bersenang-senang di Jatim Park yang telah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.
Bali
Ingin tahun baruan di Bali, tapi masih takut naik pesawat? Kamu juga bisa road trip ke Pulau Dewata. Jaraknya cukup jauh, jadi pastikan kamu mempersiapkan fisik, logistik, dan waktu untuk menjalankannya. Supaya aman, ambil cuti tiga hari di antara dua long weekend akhir tahun nanti. Jadi, kamu bisa puas liburan Natal dan tahun baru. Perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu hingga 17 jam. Karenanya, akan baik jika kamu menyetir bergantian. Road trip adalah sebuah perjalanan unik yang akan terasa menyenangkan jika kamu menikmatinya. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan mental untuk menghadapi perjalanan. Jangan lupa, road trip berlaku dua arah, pergi dan pulang. Perjalanan panjang juga bisa terasa membosankan dan kamu harus siap dengan itu. Jadi, sudah siap menjelajahi pulau lewat jalur darat? Simak juga destinasi Nusantara lain yang bisa kamu kunjungi dengan road trip dalam artikel berikut ini: