icon
icon
article hero

Bakal Jadi Area Pejalan Kaki, Ini 5 Kantong Parkir di Sekitar Malioboro

AvatarName

Tiara •  Nov 19, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta berencana menjadikan Malioboro sebagai kawasan pejalan kaki. Untuk itu, pihak terkait telah melakukan uji coba dan rekayasa lalu lintas. Pada 3-15 November 2020 lalu, kendaraan bermotor tidak diizinkan melintas di Jalan Malioboro. Di satu sisi, wisatawan dapat menikmati Jalan Malioboro dengan lebih aman dan nyaman. Namun di sisi lain, peraturan ini membuat kamu harus putar otak untuk memarkir kendaraan yang kamu bawa, terlebih jika kamu datang dari tempat yang jauh. Jangan khawatir, ada beberapa kantong parkir yang telah siap menampung kendaraan kamu. Di bawah ini adalah beberapa yang dinilai paling strategis dari pusat keramaian Jalan Malioboro.
Central Parkir Malioboro
Kantong parkir Malioboro ini berada di sebelah timur pintu utara Jalan Malioboro, Tepatnya di Jalan Abu Bakar Ali. Tempat ini menyediakan lahan parkir bertingkat tiga yang dapat menampung ribuan unit sepeda motor, puluhan mobil, dan belasan bus. Tarifnya sendiri mulai dari Rp 3.000 dan dikenakan tarif progresif per jam.
Taman Parkir Beskalan
Tempat khusus parkir di kawasan Malioboro ini sudah beroperasi sejak Mei 2019. Lokasi tepatnya berada di sebelah selatan Ramai Mall. Bangunannya terdiri dari 2 lantai dengan kapasitas masing-masing 19 mobil dan 150 motor. Kantong parkir ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas toilet dan musola.
Taman Parkir Ngabean
Bergeser sedikit lebih jauh, ada Taman Parkir Ngabean. Kantong parkir ini bisa jadi pilihan kalau kamu ingin menghindari kemacetan saat mencari parkiran di sekitar Malioboro. Meski lokasinya agak jauh, kantong parkir ini lebih dekat ke beberapa tempat wisata di Jogja seperti Taman Pintar, Keraton Yogyakarta, hingga Taman Sari dan Gudeg Yu Djum Wijilan.
Stasiun Tugu
Kamu juga bisa memanfaatkan lahan parkir di Stasiun Tugu saat berkunjung ke Malioboro. Area parkir ini berada di sisi barat stasiun. Ada dua pilihan yang tersedia, yakni parkie biasa dengan tarif progresif atau parkir inap. Kabar baiknya, layanan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta buka 24 jam.
Pasar Beringharjo
Selain tempat-tempat di atas, kamu pun bisa parkir di sisi selatan Pasar Beringharjo. Parkirannya buka mulai pukul 9.00 sampai 22.00. Dengan parkir di sini, kamu bisa langsung mampir ke Pasar Beringharjo saat berjalan menuju Malioboro! Jangan lupa beli aneka kerajinan khas Jogja untuk oleh-oleh di pasar ini. Alternatif lain agar jalan-jalan di Malioboro lebih nyaman adalah dengan tidak membawa kendaraan bemotor. Kamu bisa memanfaatkan layanan antar jemput dari penyewaan mobil dan taksi atau ojek online selama disana. Apapun cara yang kamu pilih, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Malioboro ya. Simak juga rekomendasi jalan-jalan di sekitar Yogyakarta lainnya dalam artikel berikut ini: