icon
icon
article hero

10 Resep Mudah yang Bisa dibuat di Rumah (Cuma Butuh 4 Bahan!)

AvatarName

Makna Sinatria  •  Jun 08, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Shasha Dania. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Berada di rumah membuat banyak orang mencoba resep baru dan bahkan mencoba membuat roti sendiri! Tetapi, bagi beberapa orang yang tidak terlalu berpengalaman dalam memasak, rasanya menyeramkan untuk bergelut dengan istilah-istilah dapur yang rumit (Apa bedanya potongan julienne atau irisan biasa? Kapan harus pakai baking powder alih-alih baking soda, dan resep-resep yang butuh 15 bahan berbeda dan langkah yang tidak kalah rumit.  Kalau kalian baru memulai petulangan kuliner, jangan khawatir! Kami sudah mengumpulkan resep mudah yang hanya membutuhkan 4 bahan atau kurang (dengan bahan yang di dapur atau mudah ditemukan di supermarket) agar kalian bisa langsung mulai memasak. 😊 #HHWT Tip: Lihat juga 10 tips penting untuk belajar memasak ini atau 10 resep hidangan mudah yang bisa kamu coba  dan kamu bisa segera menyebut diri kalian Masterchef! 😉 Menu Sarapan
1. Kaya french toast
Resep pertama adalah menu lokal favorit! 😉 Mau khas Hainanese Kaya atau Nyonya Kaya, menu ini adalah sarapan klasik yang sering kami makan. Walaupun kaya toast yang biasa saja sudah cukup luar biasa, naikkan standar sarapan kamu dengan modifikasi roti panggang ala Prancis!  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Roti
  2. Telur
  3. Susu
  4. Kaya
  5. Madu, susu kental manis, atau parutan kelapa (opsional)
Langkah-langkah:
  • Kocok telur dan tambahkan susu.
  • Lapisi roti dengan campuran telur-susu. Pastikan sudah melapisi seluruh permukaan roti. 
  • Panggang roti di atas wajan selama beberapa menit, atau potong-potong jadi kubus dan goreng dengan sedikit minyak
Oleskan kaya di atas roti, dan voila! Kamu bisa menambahkan mentega, madu atau susu kental di atasnya, atau hiasi dengan kelapa parut untuk menambah rasa dan tekstur. 😁
2. Overnight oats
Kalau kamu mencari ide sarapan, kamu pasti pernah melihat menu overnight oats. 😆 Keuntungan dari overnight oats ini bukan hanya super sehat, tapi juga gampang dibuat! Kamu cuma butuh oats dan susu untuk bahan dasar, dan kamu bisa menambahkan variasi bahan lain untuk topping sesuai keinginan. Kamu juga bisa pakai air sebagai pengganti susu, tapi rasanya tidak seenak susu karena air tidak menambah rasa pada gandum. Beberapa kombinasi yang sudah dicoba: 
  1. Kurma, pisang, dan biji chia 
  2. Pisang, stroberi, madu
  3. Sirup mapel, gula merah, cinnamon, perasa vanilla atau sirup
Langkah-langkah:
  • Campur gandum dengan pilihan susu yang kamu inginkan. 
  • Letakkan tambahan bahan di atas campuran oats dan susu. 
  •  Tutup toples atau mangkuk, lalu letakkan di lemari es selama semalaman. 
3.  Omelet yang fluffy
Terinspirasi oleh omelet viral yang dibuat di Tokyo, resep dari Buzzfeed Tasty bisa membuat omelet biasa jadi luar biasa. 😋 Kamu cuma butuh telur, mentega, dan bahan tambahan lain yang kalian inginkan. Walaupun cuma ditambah garam dan lada, atau dengan sentuhan lokal seperti daun bawang dan bawang goreng, omelet ini bisa jadi menu sempurna untuk memulai harimu. Kalian juga bisa menambahkan saus sambal di atasnya untuk rasa pedas ekstra, atau mengisinya dengan keju cheddar untuk sentuhan unik!  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Telur
  2. Mentega (Kamu bisa mengoleskan mentega pada wajan sebelum menuang omelet untuk memastikan menteganya sudah rata) 
  3.  Isian – daging cacah, keju, sayur potong (opsional)
  4. Tambahkan garam/lada/daun bawang/bawang goreng/saos sambal (opsional)
Menu makan siang dan makan malam
4. Salmon panggang
Ini adalah menu yangsering dimasak ibuku untuk makan malam. 😁 Meskipun aku tidak terlalu nyaman di dapur, aku janji bahwa resep ini anti gagal, bahkan untuk pemula. Resep dari Food Network ini adalah yang paling mendekati. Salmon akan melepaskan lemak saat dimasak, jadi kamu tidak perlu mengoleskan terlalu banyak minyak di atasnya sebelum dimasak di dalam oven. Tetapi, tetap gunakan kertas anti lengket atau kertas roti agar kulit salmon tidak menempel di permukaan loyang. Sebaiknya gunakan garam kasar seperti garam batu atau garam Himalaya, untuk menambah kerenyahan saat digigit. Kamu juga bisa menambahkan irisan lemon, bawang putih cincang, atau rempah segar seperti rosemary atau basil untuk menambah rasa. Kalau kamu ingin membuat resep ini jadi menu lengkap, tambahkan sayuran ke loyang untuk dipanggang pada waktu yang sama!  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Fillet salmon (ketebalan atau ukuran ikan akan menentukan lama waktu memasak, jadi perhatikan saat memasak) 
  2. Garam bubuk kasar (seperti garam batu atau garam Himalaya) 
  3. Minyak zaitun 
  4. Hiasi dengan irisan lemon/bawang putih/rempah-rempah (opsional)  
5. Cacio e Pepe
Kredit: Bobbi Lin for Food52
Spageti dan pasta adalah beberapa hidangan paling mudah untuk disiapkan, tetapi resep Cacio e Pepe oleh Bobbi Lin on Food52 ini akan membuat hidangan Italia kalian lebih lezat! Hanya dengan mentega, keju, dan telur, kamu tidak perlu menambahkan bahan lain untuk membuat saus yang kaya rasa dan lembut yang bisa membuatmu ngiler. Tambahkan taburan serpihan cabai atau rempah segar sebagai hiasan (beberapa supermarket juga menjual campuran rempah Italia, yang bikin tambah gampang) dan ini akan menjadi resep makan malam baru kalian! Bahan yang dibutuhkan:
  1. Pasta pilihanmu 
  2. Unsalted butter
  3. Keju parut (sebaiknya keju Parmesan) 
  4. 1 kuning telur 
  5. Lada dan garam secukupnya (opsional)
  6. Hiasi dengan serpihan cabai/keju parut/rempah segar/campuran rempah Italia (opsional)
6. Nasi goreng kimchi
 Resep ini tidak mungkin gagal dibuat karena hanya butuh nasi dan kimchi. 😁 Tapi kalian juga bisa menambahkan bahan lain seperti jamur, telur, daging ayam, bahkan seafood! Bongkar isi kulkas kalian untuk mencari bahan lain yang bisa ditambahkan dalam menu ini untuk menambah rasa. Sambil menggoreng nasinya, aku suka menambahkan gochujang (pasta cabai khas Korea) dan kecap asin untuk memberikan rasa ekstra - tetapi jangan terlalu banyak karena bisa-bisa rasa kimchinya kalah!  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Nasi (sebaiknya nasi dari sehari sebelumnya supaya agak keras, atau bisa juga didinginkan dalam kulkas dulu) 
  2. Kimchi
  3. Bawang putih cincang, gochujang, atau kecap asin (opsional)
  4. Daging, sayur, keju, telur, atau bahan lain yang kalian inginkan! (opsional)
Makanan pencuci mulut dan cemilan manis
7. Cornflake Cups/Cornflakes Madu
Cemilan klasik ini memang tidak pernah salah. 😉 Libatkan seluruh keluargamu dalam membuat menu ini dan habiskan akhir pekan untuk membuat dan mendekorasinya dengan topping favorit kalian. Ada banyak variasi resep untuk menu ini, atau kamu juga bisa menggunakan resep rahasia keluarga. Taburkan sedikit sirup cokelat atau oreo yang sudah dihancurkan di atasnya, dan jadi deh! Beberapa variasi lain yang populer akhir-akhir ini juga menambahkan telur asin dan daun kari untuk rasa gurih.  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Cornflakes
  2.  Susu kental manis atau madu 
  3. Mentega
  4. Topping – bisa Oreo, taburan warna pelangi, cokelat, kacang tumbuk, atau bahan lain yang kamu inginkan! (opsional)
8. Kopi Dalgona
Minuman khas Korea ini mengejutkan dunia dengan kopi Dalgona yang viral banget! Daya tarik kopi Dalgona ini adalah kesederhanaan bahannya, kamu cuma perlu rasio 1:1:1 antara kopi instan, gula dan air panas. Beberapa resep bahkan mengganti kopi dengan Milo atau bubuk matcha, sesuai selera. 😋 Setelah kamu belajar membuat foam Dalgona yang creamy, kamu bisa lebih kreatif lagi – bagaimana kalau taruh satu sendok es krim untuk Dalgona Affogato? 😆 Kamu juga bisa menambahkan taburan kelapa atau cokelat untuk menambah kerenyahan, atau menuang sirup untuk membuat secangkir frappe favoritmu. P.S. Lihat juga 8 menu minuman café yang bisa kamu coba buat di rumah! Bahan yang dibutuhkan:
  1. Kopi hitam instan (bukan yang 3-in-1)/bubuk Milo 
  2. Gula
  3. Air panas
  4. Susu atau es krim untuk dasar (opsional)
  5. Topping – kelapa parut/cokelat, selai stroberi, dan bahan lainnya! (opsional)
9. Bubur Kacang Hijau
Kebanyakan pencuci mulut lokal gampang banget dibuat, dan favoritku adalah bubur kacang hijau, ketan hitam, atau es serut cincau yang biasanya menggunakan antara 4-5 bahan saja. 😁  Dengan perubahan cuaca akhir-akhir ini, inilah waktu yang tepat untuk membuat sepanci bubur kacang hijau hangat. Ibuku biasanya menambahkan barley atau sagu untuk tekstur ekstra, dan kamu juga bisa memodifikasinya dengan menambah bahan lain seperti ubi jalar atau leci. Jangan lupa menambahkan gula batu, madu, atau santan secukupnya untuk rasa manis!  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Kacang hijau
  2. Daun pandan 
  3. Gula batu/gula melaka/madu/santan untuk pemanis 
  4. Biji-bijian lainnya seperti gandum/sagu (opsional)
  5. Bahan lain seperti ubi jalar, leci, boba (opsional)
10. Puding Custard
Kredit: Cooking With Dog Kalau kamu tiba-tiba ingin camilan manis di malam hari, kamu juga bisa membuat pencuci mulut mudah ini hanya dengan telur, gula, dan susu! 😋 Channel memasak di Youtube yang populer Cooking With Dog punya resep yang mudah diikuti. Kamu bisa menyesuaikan jumlah gula yang digunakan sesuai selera, atau coba tantangan baru dengan menambahkan buah beri segar dan whipped cream di atasnya!  Bahan yang dibutuhkan:
  1. Gula pasir
  2. Air
  3. Telur
  4. Susu
  5. Mentega tanpa garam (unsalted)
Kalau kalian hampir tidak pernah ke dapur, jangan khawatir! 😊 Kadang beberapa resep dan hidangan terbaik di luar sana juga sangat mudah dibuat. Mulailah dengan resep-resep dasar, poles keahlian memasakmu, dan dengan latihan, kalian pasti bisa mulai memasak berbagai resep hidangan yang bervariasi dan lebih sulit! 😁 Suka atau baru mau belajar memasak? Kalau begitu kamu pasti akan suka membaca artikel berikut ini: