icon
icon
article hero

5 Landmark Kota Medan yang Instagramable dan Wajib Disinggahi

AvatarName

Tiara  •  Aug 14, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Apa yang terlintas di kepala ketika mendengar wisatakota Medan? Danau Toba mungkin akan muncul pertama, disusul dengan durian yang legit sebagai wisata kuliner. Ibukota Sumatera Utara ini memang dikenal sebagai gerbang menuju Danau Toba dan Pulau Samosir. Namun, wisata kota Medan sendiri tidak kalah menarik. Kota pelabuhan di masa lalu ini juga menjadi melting pot  berbagai kebudayaan yang mewarnai lanskap kota Medan. Jika kamu kebetulan singgah di sana, jangan lupa mampir ke beberapa landmark kota yang bersejarah dan sarat akan nilai budaya berikut ini.
Tjong A Fie Mansion
Salah satu objek wisata kota Medan yang unik adalah Tjong A Fie Mansion. Rumah mewah berlantai 2 yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 105 ini adalah milik seorang saudagar asal China yang memiliki perkebunan di Medan. Kini, rumah Tjong A Fie menjadi salah satu bangunan bersejarah yang bisa kamu singgahi untuk melihat potret kehidupan masa lalu di kota Medan. Faktanya, keturunan Tjong A Fie pun masih tinggal di bagian belakang kompleks rumah ini.
Merdeka Walk
 Selain tempat bersejarah, wisata kota Medan yang juga menarik adalah Merdeka Walk. Pusat kuliner ini dikenal sebagai tempat nongkrong anak muda dengan berbagai makanan, hiburan, dan arena pertunjukan yang buka 24 jam. Kawasan ini pun masih dihiasi bangunan-bangunan klasik bergaya Eropa peninggalan kolonial. Salah satu yang paling menonjol (dan sering jadi spot untuk berfoto) adalah Gedung London Sumatera (Lonsum) yang berada di salah satu tikungan Merdeka Walk. 
Vihara Setia Budi
Vihara berusia ratusan tahun ini adalah salah satu objek wisata kota Medan yang paling populer. Vihara megah ini terlihat jelas dari Merdeka Walk dengan atap bertingkat warna kuning dan detail bernuansa merah. Tak hanya sisi luarnya yang megah, bagian dalam rumah ibadah 3 kepercayaan (Buddha, Tao, dan Konghucu) ini pun tidak kalah mewah dengan altar keemasan, patung singa, burung bangau, dan lilin-lilin raksasa berwarrna merah. Tak jauh dari Vihara Setia Budi, ada jembatan Titi Gantung yang juga Instagramable, terlebih ketika langit sedah cerah-cerahnya.
Istana Maimun
Istana Maimun adalah objek wisata kota Medan yang ikonik. Istana yang berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso ini merupakan istana Kesultanan Deli yang dibangun pada tahun 1891. Di istana ini, kamu bisa melihat karya arsitektur yang memadukan gaya Melayu, Spanyol, India, Belanda, bahkan Italia. Di sini pun kamu bisa berfoto dengan menggunakan pakaian ala raja dan permaisuri Melayu.
Masjid Raya Al Mashun
 Masjid berusia 111 tahun ini tidak boleh dilewatkan dalam wisata kota Medan. Gaya arsitekturnya kental dengan nuansa Timur Tengah, India, dan Spanyol dan menjadi saksi kejayaan Melayu pada zaman Kesultanan Deli. Bangunannya berbentuk persegi 8 dengan berbagai detail menarik. Misalnya sebuah beranda yang menjorok keluar di salah satu sisinya, kaca patri peninggalan Art Nouveau, hingga pelatarannya yang luas dan berlapis keramik. Wisata kota Medan tidak sebatas kuliner saja. Kenyataannya, Medan pun memiliki berbagai landmark menarik  yang menyimpan nilai sejarah dan budaya. Ketika kamu ke Medan nanti, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini ya. Simak juga referensi wisata domestik di Indonesia lainnya dalam artikel berikut ini: