icon
icon
article hero

Jangan ke Ekowisata Tangkahan Kalau Kamu Belum Membaca Panduan Ini

AvatarName

Tiara  •  Aug 14, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Ekowisata Tangkahan adalah salah satu destinasi wisata yang belum banyak diketahui. Namanya semakin populer ketika muncul dalam video musik Adu Rayu milik Tulus dan mendiang Glenn Fredly. Sejak saat itu, makin banyak yang menyadari bahwa wisata Tangkahan menyimpan begitu banyak pesona alam dan pengalaman unik yang tidak terlupakan. Sebelum kamu memesan tiket untuk liburan ke sana, simak dulu panduan berikut ini ya.
Cara menuju lokasi ekowisata Tangkahan
Kawasan hutan hujan tropis ini berada di dalam Taman Nasional Gunung Leuser dan dilalui sungai besar yang menjadi pusat kegiatan alamnya. Lokasinya berada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan provinsi Aceh. Kalau dari kota Medan, jaraknya sekitar 95 kilometer dan makan waktu sekitar 3 jam. Dari Medan, ada bus antar kota menuju ekowisata Tangkahan, namun durasi perjalanannya lebih lama, yakni 4-5 jam. Pilihan lain adalah menyewa mobil untuk mengantarkan kamu langsung ke gerbang ekowisata Tangkahan.
Jasa pemandu
Jangan khawatir kalau kamu belum pernah ke Tangkahan karena setibanya di kawasan ekowisata ini kamu akan disambut pusat informasi untuk wisatawan. Di sini, kamu bisa memesan aktivitas untuk dilakukan di Tangkahan dan akan ditemani oleh satu orang pemandu selama berada di sana. Menggunakan jasa pemandu sangat disarankan agarkamu bisa menikmati Tangkahan dengan maksimal. Selain itu, cara ini pun dapat membantu pemberdayaan masyarakat lokal.
Aktivitas di ekowisata Tangkahan
Dari sekian banyak aktivitas alam yang tersedia di kawasan ini, bermain dan bercengkrama dengan gajah adalah yang paling favorit. Tangkahan memang tempat penangkaran gajah Sumatera. Salah satu yang wajib kamu coba adalah memandikan gajah. Selama kurang lebih 60 menit, kamu bisa menyentuh, menyikat, memberi makan, dan bermain bersama gajah-gajah ini. Lucunya, gajah-gajah ini langsung mendekat ketika melihat buah-buahan yang kamu bawa. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati selama beraktivitas dengan para gajah. Meskipun jinak, tenaganya tetap besar dan kamu wajib memperlakukan mereka dengan lembut. Selain beraktivitas bersama para gajah, kamu pun bisa mengeksplor sungai di Tangkahan dengan river tubing. Kamu tinggal duduk manis di atas ban dan biarkan arus sungai yang membawa kamu melihat pemandangan sekitar. Alternatif lain, kamu juga bisa naik perahu untuk menyusuri sungai. Tangkahan juga memiliki beberapa air terjun dan sumber air panas alami yang bisa kamu kunjungi. Aktivitas lain yang juga tidak kalah menarik adalah trekking di hutan tropis Tangkahan. Jangan lupa untuk menggunakan sepatu yang sesuai dan membawa semprotan anti serangga ya. Jangan lupa, berkunjung ke Tangkahan tentu belum lengkap tanpa melewati jembatan gantung yang muncul di video musik Adu Rayudan berfoto di sana.
Penginapan di Tangkahan
Meski berada di kawasan ekowisata dan hutan tropis, tidak sulit untuk menemukan penginapan di Tangkahan. Pilihannya pun beragam, mulai dari yang seharga Rp 100 ribuan sampai villa mewah. Salah satu yang menjadi sorotan adalah villa Terrario Tangkahan. Villa ramah lingkungan ini adalah milik aktor Nicholas Saputra dan dirancang oleh arsitek Andra Matin. Kamu bisa merasakan kemewahan yang ramah lingkungan di tengah hutan Tangkahan dengan menginap di villa ini. Bagaimana, sudah siap memulai petualangan di ekowisata Tangkahan? Dengan persiapan yang baik, liburan kamu pun akan lancar meski minim fasilitas dan jauh dari keramaian. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol yang berlaku di sana ya. Simak juga referensi wisata alam di Indonesia lainnya dalam artikel berikut ini: