icon
icon
article hero

6 Tempat yang Wajib Masuk Itinerary Ketika Liburan ke Lombok

AvatarName

Tiara  •  Aug 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Merencanakan liburan ke Lombok adalah hal yang gampang-gampang susah. Bukan karena tidak banyak objek wisata di Lombok untuk dikunjungi, namun justru sebaliknya. Wisata gunung, pantai, kepulauan, hingga budaya di Lombok sudah menunggu untuk dieksplorasi. Karenanya, perencanaan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Supaya liburan ke Lombok kamu lengkap dan berkesan, pastikan kamu mengunjungi objek wisata di Lombok berikut ini!
1. Desa Sade
Desa Sade merupakan desa tradisional tempat tinggal suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Di desa ini, kamu bisa melihat bagaimana suku sasak hidup secara tradisional dan minim tersentuh arus modernisasi. Kamu akan menemukan berbagai rumah di desa Sade dengan bentuk dan fungsi berbeda-beda. Mayoritas rumah di desa ini berdinding anyaman bambu, beratap alang-alang, dan lantainya terbuat dari tanah liat dan sekam padi. Satu hal yang menarik di desa ini adalah aktivitas menenun kain yang dilakukan oleh kaum wanita. Kamu pun bisa melihat proses pembuatan kain tenun dan membelinya sebagai oleh-oleh.
2. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep
 Kedua air terjun ini adalah objek wisata di Lombok yang berada di Desa Senaru dan masih termasuk dalam kawasan Geopark Rinjani Lombok. Untuk mencapainya pun tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu melewati beberapa ratus anak tangga untuk tiba di air terjun Sendang Gile. Namun, lain halnya dengan air terjun Tiu Kelep. Untuk mencapainya, kamu harus melewati anak tangga, saluran irigasi, hingga sungai yang menjadi aliran airnya.  Untuk kamu yang baru pertama kali ke sana, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa pemandu lokal (dengan tarif sekitar Rp 50.000) supaya tidak tersesat. 
3. Mandalika
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika juga menjadi objek wisata di Lombok yang wajib dikunjungi. Calon tuan rumah MotoGP ini menyimpan sejumlah destinasi yang sayang jika dilewatkan. Salah satunya adalah Bukit Merese dimana kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Selain itu, kamu pun bisa mengunjungi beberapa pantainya, seperti Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Kuta, dan Pantai Gerupuk.
4. Gunung Rinjani
Objek wisata di Lombok lainnya yang juga ikonik adalah Gunung Rinjani. Meski butuh waktu 3-5 hari perjalanan untuk mendaki Gunung Rinjani, pendakian ini akan menjadi liburan yang tidak terlupakan. Selain melihat pemandangan matahari terbit dari Puncak Anjani, kamu pun bisa berkemah di tepi danau Segara Anak yang indah. Jangan khawatir jika kamu belum berpengalaman mendaki gunung, kini telah banyak operator wisata yang menyediakan paket pendakian Gunung Rinjadi untuk pemula.
5. Kepulauan Gili
 Gugusan pulau kecil di lepas pantai barat laut Lombok ini terdiri dari pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini merupakan objek wisata di Lombok favorit para wisatawan. Menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling adalah satu hal yang menjadi daya tariknya. Selain itu, di Gili Trawangan pun tidak ada kendaraan bermotor. Jadi, udaranya begitu bersih dan bisa kamu nikmati sambil bersepeda atau naik cidomo (delman) berkeliling pulau.
6. Pantai Pink
Nama asli objek wisata di Lombok satu ini adalah Pantai Tangsi. Pantai ini populer dengan nama Pantai Pink akibat pasirnya yang berwarna kemerahan karena bercampur dengan butiran terumbu karang berwarna merah. Pasir berwarna pink dan air laut kebiruan yang berpadu dengan rona jingga matahari terbenam membuat pantai ini menyajikan pemandangan spektakuler yang tidak terlupakan. Pantai berpasir pink disinyalir hanya ada 5 di dunia. Di Indonesia sendiri ada 2 pantai pink, yakni di Lombok dan Labuan Bajo. Simak informasi lain terkait wisata domestik di tanah air dalam artikel berikut ini: