icon
icon
article hero

Cara Untuk Tetap Tenang Dan Berpikiran Positif Sebagai Seorang Muslim Di Tengah Covid-19

AvatarName

Maf Ismail  •  Apr 20, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Ili Mariah. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Semakin luasnya penyebaran wabah virus corona (COVID-19) di seluruh dunia, bisa dimengerti kalau tingkat stres orang-orang menjadi naik. Di saat seperti ini, antara menjaga jarak dengan orang lain, mengkhawatirkan masalah-masalah kesehatan, dan berusaha tetap bekerja, semua itu sangatlah menyita energi.
Credit: Giphy Ditambah lagi update dari sosial media dan portal berita yang tidak ada hentinya soal COVID-19 ini, kita jadi mudah merasa tertekan karena semakin takut dan cemas. Jadi, untuk meminimalisir perasaan-perasaan negatif itu, kami akan memberikan kamu tips untuk tetap tenang dan bersikap positif selama pandemi COVID-19 berlangsung.
1. Banyak berdoa
Sebagai muslim, doa adalah salah satu bagian penting dalam hidup dan sarana yang bisa membuat pikiran lebih santai dan tenang. Doa membantu kita menemukan kekuatan dan bimbingan saat menghadapi masa-masa sulit. Memanjatkan doa-doa yang indah membuat hati semakin kuat dan berserah diri kepada Allah SWT dan ketetapanNya. P.S. Cek 5 doa yang wajib diketahui setiap muslim untuk kehidupan dan meminta perlindungan.
2. Mempersiapkan diri menyambut Ramadan
 Ramadan sebentar lagi dan sekarang adalah saat yang paling tepat untuk menyiapkan energi untuk menyambut bulan paling suci dalam kalender Islam ini. Perubahan tidak terjadi dalam sekejap tapi ada prosesnya, jadi kamu bisa mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang ingin kamu saat bulan puasa nanti. Mulai dari melakukan puasa sunnah untuk mengontrol perilaku negatif dan mengontrol kebiasaan makan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk kamu menyiapkan diri sekaligus menenangkan diri dari situasi pandemik COVID-19.  P.S. Terapkan 10 tips persiapan sebelum Ramadan ini untuk menyambut bulan suci.
3. Membaca Al Quran
Sementara kamu mencari kesibukan selama di rumah aja, salah satu kegiatan yang bisa membuat hati dan pikiran tentram adalah membaca Alquran. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dengan Alquran untuk menangkal stres yang kamu alami, misalnya membacanya atau mendengarkan audio orang mengaji. Selain itu, kamu juga bisa mulai menghafal Quran agar bisa kamu lafalkan setiap saat. P.S. Masjid dan mushola mungkin banyak yang tutup tapi kamu bisa melakukan 5 sunnah sederhana ini pada hari Jumat!
4. Jadikan merawat diri sebagai bagian dari keseharian
Selain mengonsumsi makanan bergizi yang meningkatkan imun dan menyehatkan selama tinggal di rumah , kebiasaan hidup bersih juga sangat dianjurkan. Kebiasaan tersebut misalnya mandi secara teratur, mengenakan pakaian yang bersih, menyisir rambut, dan menyikat gigi. Selain menjaga kesehatan fisik, kamu juga perlu memikirkan kesehatan mental. Salah satu caranya dengan melakukan zikir. Dengan berzikir, jiwa menjadi tenang dan membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT sehingga hati pun lebih damai.  P.S. Tahu nggak kalau menjaga kebersihan adalah salah satu dari 8 tips untuk meningkatkan imun kamu dalam menghadapi wabah corona?
5. Berpikir positif
Meskipun hari-hari ke depan masih belum jelas dan terlihat menakutkan, penting bagi kita untuk tetap memiliki pikiran positif. Optimislah bahwa semua yang terjadi saat ini adalah kehendak Allah SWT. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

Betapa menakjubkannya keadaan seorang mukmin. Setiap keadaan yang dialaminya itu baik baginya. Jika mendapatkan kesenangan ia bersyukur sehingga itu baik baginya dan jika ia mendapatkan kesusahan ia bersabar sehingga itu pun baik baginya. (HR. Muslim no. 2999)

6. Lakukan kebaikan
Saat menghadapi situasi sulit, kebaikan yang ada di sekitar kita bisa membuat hati nyaman. Di tengah krisis global ini, banyak cerita dari seluruh dunia yang menyejukkan hati dan membawa energi positif, misalnya salah satu agen perjalanan daerah Bugis Singapura yang menyediakan tempat salat saat masjid-masjid di negara itu banyak yang tutup dan cerita penduduk di Malaysia yang bekerja sama untuk mendukung mereka yang kesusahan . Meskipun berada di rumah aja untuk menerapkan jaga jarak fisik dan melakukan karantina diri, mengulurkan tangan untuk membantu sesama bukan hanya meringankan beban orang lain tapi juga memberikan rasa pencapaian diri yang bisa mengurangi tingkat kecemasan yang mungkin kita miliki. 
7. Dengarkan podcast Islami
Mendengarkan podcast Islami bukan hanya alternatif untuk menghabiskan waktu, tapi juga cara yang tepat untuk mendapatkan ketenangan sehingga mengurangi stres. Mengalihkan diri sejenak dari berita-berita dunia dan mendengarkan podcast-podcast khusus muslim akan membuat kamu tetap sibuk dan, bergantung jenis podcast-nya, bisa membuat kamu lebih mengembangkan diri! Apakah yang kamu dengarkan itu pelajaran-pelajaran hidup dari 'The Muslim Life Hackers' atau perspektif baru soal isu-isu muslim dari 'Salam Girl!', podcast adalah angin segar yang bisa menyejukkan di saat pandemi virus corona seperti saat ini. P.S. Sedang mencari kegiatan produktif yang bisa dilakukan di dalam ruangan? Ini 10 cara untuk memaksimalkan waktu kamu di rumah selama pandemic corona berlangsung. Meskipun kita mungkin tidak bisa menghilangkan ketakutan dengan mudah, tips dalam artikel ini setidaknya bisa membantu kamu mencari ketenangan di tengah kekacauan ini. Kami berharap semoga kamu selalu mendapatkan perlindungan dan diberikan kedamaian oleh Allah, InsyaAllah 💖Untuk saat ini, tetaplah berhati-hati dan jaga diri 🤗