icon
article-hero

5 Tempat Wisata Paling Viral di Indonesia Tahun 2020

avatar-name

Tiara •  Jan 25, 2021


Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Tahun 2020 memang tahun yang berat bagi industri pariwisata. Namun di balik semua perjuangan itu, ada beberapa tempat wisata yang justru menjadi pusat perhatian.

Keindahan tempat wisata viral ini sukses membuat wisatawan lokal berbondong-bondong mengunjunginya. Beberapa di antaranya memang baru dibuka, namun ada pula yang memang sudah lama berdiri. Kekuatan internet dan media sosial menjadi kunci viralnya tempat wisata ini.

Kalau kamu belum sempat ke sana tahun lalu, tahun ini bisa menjadi momen yang tepat untuk berkunjung. Selain masih sama indahnya, euforia tempat wisata viral ini pun telah jauh berkkurang sehingga kamu bisa berwisata dengan lebih nyaman.

Svargabumi

Svargabumi Borobudur hanya berjarak sekitar 3 kilometer ke arah selatan Candi Borobudur. Setibanya di sana, kamu akan disambut oleh hamparan sawah yang luas dengan beberapa area duduk berwarna putih di tengahnya. Tak kurang dari 20 spot berfoto ada di tempat ini dan salah satu yang menarik adalah sebuah ayunan yang menghadap ke hamparan sawah.

Harga tiket masuk: Dewasa Rp 25.000 dan anak-anak Rp 15.000

Alamat: Jalan Borobudur-Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Jam operasional: Senin sampai Rabu dan Jumat jam 8.00-17.00, Sabtu dan Minggu 6.30-18.00, hari Kamis tutup

Website | Facebook | Instagram

Dusun Butuh 

Dusun Butuh terletak persis di kaki Gunung Sumbing. Banyak warganet bilang, Dusun Butuh mirip dengan pemukiman yang ada di lereng Gunung Everest. Di Dusun Butuh, rumah-rumah dibangun secara beraturan mengikuti kontur tanah yang menanjak. Tak heran rumah-rumah tersebut tampak seperti terasering yang Instagramable saat dilihat dari ketinggian. Selain disebut-sebut mirip Nepal, Dusun Butuh juga disebut wisatawan mirip dengan Rio de Janeiro di Brasil.

Sebelum berangkat, lihat lebih dekat fakta tentang Dusun Butuh agar kamu lebih siap mengunjunginya.

Alamat: Desa Butuh Temanggung, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah

Mojosemi Forest Park

Mojosemi Forest Park adalah sebuah tempat wisata keluarga yang berada di tengah hutan pinus di kaki Gunung Lawu. Ingat dengan video dan foto dinosaurus yang viral ini? Nah, ternyata ini bukan dinosaurus sungguhan, melainkan replika berukuran asli yang ada di Mojosemi Forest Park.

Tak kurang dari 20 buah replika dinosaurus berukuran asli hadir di Mojosemi Dinosaurus Park. Di taman ini, pengunjung bisa melihat langsung aneka dinosaurus raksasa yang ditempatkan di hutan pinus yang menyerupai habitat aslinya.

Simak lebih dekat Mojosemi Forest Park dan dinosaurusnya di halaman ini!

Alamat: Jalan Raya Sarangan KM 5 Cemorosewu, Ka. Magetan, Jawa Timur

Tiket masuk: Mulai dari Rp 10.000

Nomor telepon: +62351 448 8443 atau +62822 3633 5003

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-16.00

Website Facebook | Instagram

Amaryllis Garden

Taman bunga ini menjadi viral karena keindahannya. Kebun bunga ini merupakan milik pribadi, namun boleh dikunjungi oleh masyarakat umum. Puncak mekarnya bunga amarilis adalah pada awal musim penghujan dan hanya berlangsung selama dua hingga tiga minggu saja.

Tempat wisata viral ini menjadi salah satu destinasi liburan tahunan yang selalu ramai dikunjungi. Namun jangan khawatir, kini pengelolaannya semakin baik dengan memikirkan kenyamanan pengunjung serta kelestarian bunga amarilisnya.

Alamat: Ngasemayu Salam, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta

Tiket masuk: Rp 10.000

Jam operasional: Setiap hari jam 6.00-18.00

Tebing Koja

Siapa sangka bekas tambang pasir ini sekarang menjadi tempat wisata viral? Tebing-tebing batu berwarna putih ini berpadu dengan pepophonan hijau dan danau yang membentuk pemandangan unik. Tempat ini bahkan juga dikenal sebagai "Kandang Godzilla" karena mengingatkan kita kepada lanskap zaman purba. Tidak jarang pula wisatawan yang sengaja datang ke sini untuk melakukan sesi foto prewedding.

Alamat: Kampung Koja, Desa Cikuya, Cisoka, Tangerang, Banten

Tiket masuk: Mulai dari Rp

Nomor telepon: +62831 5149 6719

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-16.00

Instagram

Simak juga rekomendasi wisata domestik yang tidak kalah populer lainnya dalam artikel berikut ini: