icon
icon
article hero

Sudah Dibuka! Kamu Bisa Belajar Urban Farming di Agro Edukasi Wisata Ragunan

AvatarName

Tiara  •  Jan 20, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kabar baik untuk warga Jakarta. Fasilitas Agro Edukasi Wisata Ragunan telah resmi dibuka pada Jumat, 15 Januari 2021 lalu. Di sini, kamu bisa belajar urban farming sambil berwisata. Lokasinya berada di Jalan Poncol Ragunan, Jakarta Selatan. Di atas lahan seluas 2,2 hektar ini, kamu bisa menemukan berbagai kebun hingga kolam ikan dan peternakan mini. Agro Edukasi Wisata Ragunan merupakan program Pemprov DKI Jakarta untuk mengembangkan kawasan pertanian yang juga berperan sebagai kawasan produksi, edukasi, inovasi teknologi, inkubasi bisnis, konservasi lingkungan, serta tempat wisata.
Kredit: Pemprov DKI Jakarta Di tempat wisata pertanian ini, kamu bisa belajar cara urban farming alias bercocok tanam di perkotaan. Hal ini sejalan dengan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung wisata pertanian. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan lahan kosong di Jakarta sambil memperkenalkan konsep ketahanan pangan keluarga dengan urban farming lokal. Agro Edukasi Wisata Ragunan memang dihadirkan untuk memfasilitasi minat masyarakat untuk belajar urban farming, mulai dari menanam, pembibitan, pemupukan, panen, hingga pengemasan dan pemasarannya.
Kredit: Pemprov DKI JakartaJika kamu melihat foto-foto yang beredar di media sosial, Agro Edukasi Wisata Ragunan memiliki bentuk yang unik jika dilihat dari atas. Pola geometri yang terbentuk di taman inimerupakan lahan-lahan kebun dengan tanaman yang berbeda. Tanaman yang ada di sini didominasi oleh tanaman yang berfungsi untuk mendukung ketahanan pangan seperti cabai, adas, hingga aneka sayuran untuk konsumsi rumah tangga. Wisata pertanian di Jakarta ini pun tidak sebatas perkenalan terhadapurban farming. Pengunjung bisa melihat tanaman superfood lokal, belajar teknik hidroponik, dan mengenal tanaman pangan lain seperti microgreens dan tanaman bunga yang bisa dimakan.
Kredit: Pemprov DKI Jakarta Tidak hanya bercocok tanam, di taman wisata pertanian ini pun kamu bisa belajar biovlog untuk budidaya ikan konsumsi, budidaya jamur, hingga budidaya magot untuk mengurai sampah organik dan membuat kompos. Selain itu, di Agro Edukasi Wisata Ragunan pun terdapat peternakan sapi perah dan taman kelinci. Dengan demikian, tempat wisata pertanian ini pun cocok dikunjungi bersama si kecil. Rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan membangun 12 lokasi agro edukasi wisata serupa di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta pun akan bersinergi dengan Kementerian Pertanian untuk mendorong urban farming. Salah satu caranya adalah dengan menyalurkan bibit tanaman agar setiap orang bisa mulai bercocok tanam di rumah masing-masing. Simak juga rekomendasi seru di sekitar Jakarta lainnya dalam artikel berikut ini: