icon
icon
article hero

5 Rekomendasi Tempat Wisata Di Jakarta Selatan

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 05, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Salah satu tempat di bilangan Ibukota yang lekat dengan tempat wisata adalah Jakarta Selatan. Tidak hanya cafe, ternyata Jakarta Selatan juga memiliki banyak tempat wisata dan ruang hijau terbuka yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Jika kamu ingin berlibur di sekitar kota Jakarta, cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat berikut ini!
1. Kebun Binatang Ragunan
Salah satu kebun binatang tertua di Jakarta ini merupakan objek wisata yang bisa kamu kunjungi jika kamu mampir di Jakarta Selatan. Berlokasi di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan.  Kebun binatang seluas 104 hektar ini memiliki banyak koleksi satwa mulai dari reptil, mamalia, hingga hewan buas seperti beruang dan harimau. Selain itu, Ragunan juga menyimpan berbagai koleksi flora yang cukup lengkap.  Untuk memasuki area Ragunan, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 4000 per orangnya. Jika kamu ingin menyewa sepeda, perahu, atau menonton pentas satwa, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 6.500 sampai Rp 15.000.
2. Schmutzer Primate Centre
Masih berada di kawasan Kebun Binatang Ragunan, seperti namanya Schmutzer Primate Centre (SPC) merupakan tempat penangkaran Primata yang berlokasi di Jakarta. SPC menyimpan berbagai jenis primata baik berbagai negara.  Primata-primata ini ditempatkan di sebuah enklosur yang menyerupai habitatnya masing-masing.Meskipun masih di kawasan kebun binatang, untuk memasuki SPC kamu diharuskan untuk membayar tiket sebesar Rp 7.500 per orangnya. SPC dikelola dengan sangat baik dan juga ketat. sehingga siapa pun yang berkunjung akan diperiksa di pintu masuk serta tidak diperbolehkan membawa makanan ke dalam. Itu dilakukan untuk mencegah mereka memberi makanan yang berbahaya bagi para primata.
3. Kidzania Pasific Place
Kidzania berlokasi di Pacific Place, Jalan Jend. Sudirman No.Kav. 52-53 RT.5/RW.3, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jam operasionalnya dimulai pukul 10.00-16.00 WIB saat weekday, sedangkan weekend pukul 10.00-17.00 WIB. KidZania adalah wahana hiburan dan edukasi yang dikhususkan untuk anak-anak berusia 2-16 tahun. Zona wisata yang didesain menyerupai kota kecil ini menawarkan keseruan menjadi ahli di lebih dari 100 pilihan profesi, seperti kasir, bankir, koki, dokter gigi, perawat, polisi, penyiar dan masih banyak lagi. Untuk menikmati berbagai wahana di Kidzania, Kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 275.000 per orang. 
4. Setu Babakan
Meningkatnya pembangunan di Ibukota membuat keadaan Suku Betawi kian tersingkirkan. Untuk melestarikannya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan membangun Kampung Budaya Betawi Setu Babakan pada tahun 2000.  Menempati lahan seluas 30 hektar, ia terdiri atas tiga danau buatan yang airnya bersumber dari Sungai Museum. Setu Babakan terletak di Jl. Mohammad Kahfi II, RT.10/RW.8, Srengseng Sawah, Kec.Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Di sekitar waduk, terdapat rumah-rumah adat Betawi yang memiliki teras cukup luas. Itu melambangkan keterbukaan terhadap tamu serta nilai persaudaraan yang erat. Bagi yang ingin mencicipi kuliner khas Betawi bisa menghampiri penjual makanan, mulai dari dodol, kerak telor, nasi uduk, nasi ulam, es selendang dan bir pletok yang ada di sekelilingnya. Selain itu, kamu juga bisa menaiki perahu angsa di danau atau menonton pertunjukan kesenian, seperti lenong, tanjidor dan ondel-ondel pada jam-jam tertentu.
5. Taman Tabebuya
Berkunjung ke taman satu ini, maka Anda akan disambut dengan bunga teratai indah yang ada di kolam. Taman Tabebuya terletak di Jl. Muhammad Kahfi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Tempat ini mulai beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 6 malam.  Nama taman satu ini memang dikarenakan adanya pohon Tabebuya yang banyak ditemukan di taman ini. Ketika pohon ini berbunga, maka akan memiliki warna yang sangat indah yakni merah dan kuning. Bagi Anda yang menyukai ikan, maka disini Anda pun bisa menjumpai berbagai spesies ikan air tawar. Simak juga informasi terkait Idul Fitri dan rekomendasi Lebaran lainnya dalam artikel berikut ini: