icon
icon
article hero

6 Tempat Wisata Instagramable di Garut yang Tidak Boleh Dilewatkan

AvatarName

Tiara  •  Mar 02, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Tidak melulu Bandung, Jawa Barat punya segudang pilihan untuk destinasi liburan. Salah satu yang patut kamu coba adalah menghabiskan akhir pekan di Garut. Kabupaten Garut berjarak sekitar 70 kilometer ke selatan Kota Bandung. Selain dikenal dengan dodolnya yang legit, Garut juga menyimpan berbagai pesona alam. Jika kamu ingin berakhir pekan di Garut, tujuh tempat wisata berikut ini sudah lebih dari cukup untuk memuaskan hasrat liburan.
Gunung Papandayan
Wisata Garut yang satu ini bukan hanya bisa dinikmati oleh para anak gunung, namun juga oleh semua orang. Selain melakukan pendakian, kamu pun bisa berkemah di kaki Gunung Papandayan. Usai menikmati panorama matahari terbit, kamu bisa trekking ke hutan mati,, padang bunga edelweis, dan beberapa kawah bekas letusan gunung api ini.
Kawah Talaga Bodas
Bukan di Islandia, namun tempat wisata di Garut ini memang cukup mirip dengannya. Kawah vulkanik ini masih aktif, namun aman untuk dikunjungi. Selain menikmati pemandangan hamparan telaga berwarna putih, kamu pun bisa berendam di kolam air panas yang ada di sana.
Leuwi Korsi
Belum banyak yang mengetahui keberadaan tempat wisata di Garut ini. Perjalanan untuk menuju tempat ini cukup menantang dengan jalur berbatu. Namun setibanya di sana, air sebitu safir akan membuat perjalanan itu setimpal. Deretanbatu-batu purba menyerupai pilar pun menjadi pemandangan unik dan Instagramable.
Curug Sang Hyang Taraje
Tersembunyi di balik lembah Desa Pakenjeng, tempat wisata di Garut ini dikelilingi pepohonan yang teduh. Mengalir dari ketinggian lebih dari 8 meter, air terjun ini telah ditata sehingga aman bagi wisatawan tanpa mengganggu keindahannya. Taraje sendiri berarti tangga dalam bahasa Sunda. Menurut legenda setempat, air terjun ini adalah tangga menuju khayangan digunakan oleh Sangkuriang untuk mengambil bintang.
Pantai Sayang Heulang
Membentang sepanjang lebih dari 3,5 kilometer, tempat wisata di Garut ini cocok untuk kamu yang sudah kangen wisata pantai. Pantai ini terbagi menjadi dua zona, yakni zona karang di sebelah barat dan zona pantai yang tidak berkarang. Ombak di zona pasir pun tidak terlalu besar, jadi kamu bisa bersantai (dan berfoto) dengan pemandangan pantai dan laut lepas.
Kebun Mawar Situhapa
Bukan penginapan biasa, tempat wisata di Garut ini dikelilingi oleh kebun aneka bunga. Kebun Mawar Situhapa memiliki koleksi lebih dari 500 jenis bunga mawar serta berbagai jenis bunga lainnya. Kamu pun bisa menikmati taman dan segala fasilitas di sini tanpa harus menginap. Selain menikmati pemandangan Gunung Papandayan di sini, kamu pun bisa bermain di taman labirinnya yang unik! Simak juga rekomendasi wisata seputar Jawa Barat lainnya dalam artikel berikut ini: