icon
icon
article hero

Wajib Melipir: 5 Tempat Wisata Geopark Ciletuh yang Bagus Banget

AvatarName

Tiara  •  Oct 09, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata ke Geopark Ciletuh adalah satu hal yang harus kamu masukkan ke dalam wishlist. Geopark Ciletuh adalah satu-satunya Global Geopark Network yang ada di Jawa Barat. Wisata Geopark Ciletuh membentang seluas 128 hektar dan meliputi 8 kecamatan atau 74 desa/kelurahan. Lanskapnya yang beragam membuat wisata Geopark Ciletuh jadi favorit para pelancong. Dengan area seluas ini, mungkin tidak cukup satu atau 2 hari untuk menikmatinya secara maksimal. Tapi jangan khawatir, tim HHWT telah merangkum beberapa tempat wisata Geopark Ciletuh terbaik yang harus kamu singgahi saat ke sana.
Pantai Cimaja
Tempat wisata Geopark Ciletuh pertama yg harus kamu kunjungi adalah Pantai Cimaja. Pantai ini terkenal dengan ombaknya dan jadi lokasi favorit para surfer dari berbagai daerah. Tidak masalah kamu kamu tidak bisa surfing. Sekedar menikmati pemandangan atau melihat aktivitas surfer di sini juga cukup menghibur.
Pantai Cipanarikan
Berbeda dengan pantai sebelumnya, Pantai Cipanarikan menawarkan pemandangan yang unik. Di sinilah pertemuan muara sungai dengan garis pantai. Kamu bisa menikmati 2 pemandangan sekaligus sambil bermain di pasir pantainya yang putih. Sebuah pengalaman unik yang mungkin hanya bisa ditemukan di wisata Geopark Ciletuh.
Puncak Darma
Beralih ke ketinggian, tempat wisata Geopark Ciletuh ini menyajikan pemandangan lanskap yang indah. Bukit Darmaberada di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut. Kamu pun bisa menikmati 2 pemandangan berbeda, yakni pesisir samudera dan rimbunnya hutan hijau. Mau pemandangan yang lebih bagus lagi? Datanglah pada waktu matahari terbit.
Kasepuhan Ciptagelar
Bukan hanya keindahan alam, wisata Geopark Ciletuh juga menyajikan kearifan budaya lokal. Salah satunya adalah di Kasepuhan Ciptagelar. Kasepuhan adat ini telah ada sejak tahun 1368 dan bertahan dari generasi ke generasi. Di desa ini, kamu bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat adat memegang teguh tradisi. Beberapa budaya tradisional yang bisa kamu saksikan di sini adalah rangkaian kegiatan pertanian seperti ngaseuk, mipit, ngayaran, serta seni angklung buhun, wayang golek, dan jipeng.
Curug Cikaso
Wisata Geopark Ciletuh tentu belum lengkap tanpa mampir ke curug ini. Keindahan curug ini kerap diwarnai cerita mistis. Namun, hal itu tidak menghentikan para wisatawan untuk berkunjung. Aliran air yang deras dan kolam kehijauan di bawahnya seolah memanggil untuk dikunjungi!
Curug Luhur
Lain halnya dengan curug yang satu ini. Air terjun bertingkat-tingkat membentuk aliran menyerupai tirai halus yang cantik. Curug ini patut kamu masukkan ke dalam daftar tempat wisata Geopark Ciletuh yang harus dikunjungi. Sedikit tips berguna, cari tahu musim terbaik untuk melihat air terjun karena debit air akan mempengaruhi pemandangan dan keamanannya. Bagaimana, sudah ngga sabar mau wisataGeopark Ciletuh? Sambil menyusun rencana, lihat juga deh beberapa rekomendasi wisata di sekitar Jabotabek berikut ini: