icon
icon
article hero

Taklukkan Biaya Liburan di Singapura dengan 6 Tips Irit Ini! 

AvatarName

Dian Kencana Dewi  •  Aug 16, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Shasha Dania. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Singapura menjadi salah satu tujuan wisata utama dunia, termasuk untuk Indonesia. Selain karena jaraknya yang dekat, negeri Singa ini juga terkenal dengan banyak hal – budaya dan makanan lokal yang beragam, puluhan atraksi seru, dan pusat belanja di mana-mana!   Namun, satu hal yang kadang menjadi ganjalan saat berlibur ke Singapura, yaitu biaya yang selangit. Apalagi nilai tukar mata uang Singapura terhitung tinggi dibanding mata uang Indonesia. Dan kalau kamu berniat ke Universal Studio Singapura atau Adventure Cove Waterpark, harus menyiapkan uang lebih banyak.  Buat kamu yang budgetnya terbatas, tenaang saja, kami punya beberapa tips irit yang bisa dicoba. Kamu juga tetap bisa menginap di tempat yang nyaman, kulineran, wisata alam dan kekinian serta belanja, tanpa menguras tabungan!  
1. Jangan menginap di hotel mahal
Di Singapura ada banyak banget hostel dan losmen yang terjangkau, loh. Letaknya juga di tempat-tempat yang ramai dan populer di kalangan turis, seperti Kampong Glam-Bugis dan area Clark Quay. Nah, berikut ini ada beberapa pilihan tempat menginap yang bisa jadi referensi kamu, semuanya dengan budget di bawah IDR1,043,469.23/malam!   Catatan: Semua harga yang tercantum adalah biaya menginap 1 malam untuk 1 wisatawan dan satu keluarga (2 dewasa, 2 anak-anak usia maksimal 6 tahun) dalam 2 bulan ke depan. Harganya sangat bervariasi dan mungkin bisa jadi lebih murah dari yang kami tulis di sini. Karena itu, kami sarankan untuk selalu mengeceknya dahulu di Agoda atau langsung tanya ke pihak penginapannya. Kamu bisa bertanya lebih lengkap dan mengajukan permintaan khusus, pastikan juga memesan lebih awal untuk mendapatkan penawaran harga yang lebih ekonomis! 
Untuk pelancong yang jalan sendirian atau berpasangan 
Cube Boutique Capsule Hotel @ Kampong Glam 
Kredit: Cube Boutique Capsule Hotel at Kampong Glam di Facebook Hotel cantik dan minimalis ini terletak di Bussorah Street, tepat di depan Masjid Sultan yang ikonik. Cube Boutique Capsul Hotel memanfaatkan bekas toko yang sudah dipugar, karena itu kapasitasnya tidak terlalu besar. Ada kamar tipe Single CapsulesPremium Queen (untuk 2 orang) dan kamar khusus perempuan di tipe asrama.  Setiap kamar punya fasilitas wi-fi gratis, brankas pribadi dan tempat penyimpanan barang. Kalau kamu mencari tempat menginap yang murah, nyaman dan dekat dengan lokasi wisata, maka hotel ini pas banget!  Alamat: 55 Bussorah Street, Singapura 199471 Harga per malam : Mulai dari SGD37 atau IDR387,000 diAgoda Kontak: +65 6291 1696 or email [email protected] Website | Facebook  Galaxy Pods @ Chinatown 
Kredit: @ cheetz  on Instagram Kamu bisa menemukan Galaxy Pods dengan desain futuristiknya terselip di antara deretan hostel dan hotel kapsul yang ada di kawasan Pecinan. Kalau kamu penggemar film science fiction, pasti suka banget menginap di sini, karena desain kapsulnya mirip pesawat ruang angkasa.  Di sini hanya ada 2 pilihan kamar yang tersedia – Single Capsule (lantai campur) dan Double Capsule (untuk 2 orang). Lokasi hotel kapsul ini sangat strategis, dekat dari MRT Chinatown dan pusat kota Singapura. Karena itu, dari tempat ini, kamu akan sangat mudah mencapai tempat-tempat lain di Singapura.   Alamat: 27 Mosque St, Singapura 059505 Harga per malam: Mulai dari SGD28 atau IDR293,000 di Agoda Kontak: +65 6221 1239 or email [email protected] Website | Facebook  MET A Space Pod @ Clarke Quay 
Kredit: @markjborg on Instagram  MET A Space Pod adalah hotel kapsul dengan tema ruang angkasa yang terletak di area ramai turis, Clarke Quay. Dengan lokasi penginapan menghadap sungai Singapura, kamu bisa mendapat suasana yang berbeda. Tiap kapsul bisa menampung 1 atau 2 tamu, cocok untuk kamu yang mencari penginapan murah meriah di lokasi yang ramai. Fasilitasnya juga oke banget, tiap kaspul ada brankas kecil, pencahayaan sesuai suasana hati, hingga televisi! Jadi, kamu bisa leyeh-leyeh sambil nonton film sebelum tidur.   Catatan: MET A Space Pod hotel juga ada di Arab St dan Chinatown!   Alamat: 51 Boat Quay, Singapura 049840 Harga per malam: Mulai dari SGD69 atau IDR720,000diAgoda Kontak: +65 6635 2694 or email [email protected] Website | Facebook | Instagram 
 Untuk grup/ keluarga 
Jamilla Boutique Inn 
Kredit: Jamilla Boutique Inn on Facebook Jalan ramai-ramai? Enggak usah risau! Ada penginapan dengan budget terjangkau juga kok. Salah satunya Jamilla Boutique Inn di Kampong Glam, Bugis. Desainnya yang klasik dan chic berbaur sempurna dengan kawasan bersejarah ini. Ada banyak jenis kamar yang tersedia, namun yang membuatnya istimewa adalah kamar yang bisa menampung 3 hingga 4 orang! Termasuk di dalamnya adalah kamar Deluxe Quadruple (seperti yang terlihat di foto), Deluxe Triple, dan Designer Deluxe Double (kasur tambahan ukuran single IDR261,000).   Penginapan ini menyediakan sarapan gratis, yaitu roti dan selai. Lumayan banget untuk mengisi perut di pagi hari, sebelum jalan-jalan!  Alamat: 10 Aliwal St, Singapura 199903 Rate per malam: Mulai dari SGD62 atau IDR647,000 diAgoda Kontak: +65 6816 0642 or email [email protected] Website | Facebook | Instagram Hotel NuVe di Jalan Pinang 
Credit: Hotel NuVe on Facebook  Salah satu tujuan wisata di Singapura adalah kawasan Bugis, dan di sini banyak pilihan hotel murah untuk wisatawan yang datang berkelompok atau bersama keluarga. Kami merekomendasikan Hotel NuVe, dan pilihlah kamar jenis Family (seperti yang terlihat di gambar). Dengan kasur ukuran queen dan single, kamu sekeluarga bisa tidur dengan nyaman di sini. Enggak hanya itu, tiap kamar dilengkapi fasilitas Handy Phone dengan kuota data unlimited dan GPS. Urusan sarapan enggak perlu bingung, karena kamu bisa membelinya di 2 restoran muslim terkenal di Bugis, yaitu Hjh Maimunah dan Zam Zam!  Alamat: 9 Jln Pinang, Singapura 199141 Harga per malam: Mulai dari SGD68 atau IDR710,000 di Agoda Kontak: +65 6299 5975 or email [email protected] Website | Facebook | Instagram  The Hive Singapore Hostel  Sementara untuk kelompok wisatawan dan keluarga dengan jumlah lebih besar, bisa menginap di kawasan Little India. Hostel The Hive Singapore memiliki kamar keluarga yang bisa menampung 4, 6 atau 8 orang, bahkan kamu bisa meminta disediakan tempat tidur bayi!  Warna cerah yang mendominasi kamar akan membuat kamu semangat sepanjang hari. Dan meskipun lokasi tidak terlalu dekat pusat kota seperti pilihan lain di atas, kami yakin kamu akan tetap nyaman menginap di sini.  Catatan: Coba cek artikel kami:  Our budget-friendly guide to Little India  untuk mencari tahu apa makanan lokal yang enak, tempat belanja murah meriah, dan atraksi wisata budaya yang ada di kawasan Ini!  Alamat: 624A Serangoon Rd, Singapura 218223 Harga per malam: Mulai dari SGD73 atau IDR761,500 di Agoda Kontak: +65 6341 5041 Website | Instagram  Catatan: Di Singapura juga ada pilihan menginap di Airbnb, sayangnya Airbnb belum legal dan diatur oleh pemerintah Singapura. Kami sarankan pilihlah penginapan yang terdaftar resmi dan sudah diatur oleh pemerintah agar liburan kamu tenang dan aman! 
2. Maksimalkan transportasi umum! 

Sayang banget kalau ke Singapura tanpa menjajal transportasi umumnya yang kece. Di negeri ini kamu bisa keliling dengan nyaman naik kereta dan bus, karena semuanya sudah terintegrasi dengan sangat baik! Stasiun kereta dan terminal bus juga didesain nyaman dan ramah disabilitas. Nah, untuk meminimalisir biaya, maksimalkan penggunaan transportasi umum ini. Kamu bisa memanfaatkan kartu EZ-Links untuk membayar bus dan kereta. Saldonya bisa diisi ulang sesuai kebutuhan.  

Credit: @techitadeb on Instagram

Tapi, tahukah kamu, ada pilihan lain yang enggak kalah menarik untuk wisatawan? Gunakan Singapore Tourist Pass!  Harganya SGD10 atau sekitar IDR105,000 (belum termasuk uang deposit) dan bisa kamu gunakan naik semua transportasi umum di Singapura selama 1 hingga 3 hari, gratis. Serunya lagi, kartu ini juga memberikan diskon tambahan di beberapa atraksi wisata. Kalau kamu berlibur dalam jangka waktu 3 harian saja, kartu ini pas banget. Kamu bisa membeli Singapore Tourist Pass langsung di Bandara Changi atau memesannya dahulu melalui online dan mengambilnya saat mendarat.

Tip #HWWT: Grab, Uber dan Go-jek juga ada di Singapura, loh. Jadi kalau kamu membutuhkan mobil untuk menuju satu lokasi, ada banyak pilihan tersedia. Satu hal yang perlu kamu tahu, tarif mereka di malam hari  lebih mahal. Silakan gunakan semua transportasi yang ada dan memaksimalkannya sesuai budget kamu.

Credit: Land Transport Authority

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengirit biaya adalah dengan berjalan kaki antar stasiun. Hal ini sangat memungkinkan jika kamu ada di distrik bisnis Orchard Rd, karena jarak antar stasiun di kawasan ini sangat dekat. Nilai tambahan, dengan jalan kaki kamu akan melihat banyak hal baru, mulai dari toko-toko hingga gedung tinggi yang menjadi wajah khas Singapura. Agar enggak nyasar, gunakan Google Maps ya!

3. Gunakan Wi-Fi/ tanpa SIM Card untuk liburan kamu!

 Foto-foto kece saat liburan di Singapura tentunya jadi hal wajib dong, jangan lupa diunggah juga ke media sosial kamu. Nah, kamu bisa meminimalisir pengeluaran untuk beli kuota internet di Singapura, manfaatkan Wi-fi gratis saja! Hampir di setiap penginapan dan tempat-tempat wisata menyediakan fasilitas tersebut, termasuk restoran dan kafe-kafe (misal: Starbuck). Jadi, sambil makan atau ngopi, kamu bisa update terus di media sosial. 

Kalau kamu menginginkan akses internet non-stop, bisa membelinya di Bandara Changi atau di gerai 7-11 yang ada di mana-mana.  

4. Manjakan diri dengan jajanan lokal! 

Enggak lengkap liburannya kalau belum mencicipi makanannya. Dan Singapura punya banyak pilihan makanan yang wajib dicoba! Tempat yang paling pas untuk berburu makanan enak yang murah adalah di pusat jajanan! Bayangkan, kamu bisa menemukan aneka makanan dengan harga SGD2 atau IDR21,000 saja.  

Untuk kamu yang suka mencoba makanan-makanan unik, ada juga pusat jajanan yang menyajikan hidangan hipster-style. Tapi kali ini, kami enggak akan membahas soal itu dan hanya memberi referensi pusat jajanan umum yang lokasinya dekat dengan tempat wisata ikonik Singapura. Irit di jajan, irit juga ongkos menuju lokasi wisatanya. 

Tip #HHWT: Hindari pusat jajanan populer seperti Newton Food Centre atau Lau Pa Sat! Harga makanan di sana lebih mahal akibat banyaknya wisatawan yang datang. Kalau kamu menuju Sentosa atau RWS, isi perut dulu di pusat jajanan yang ada di sebelah stastiun MRT Harbourfront. Di sana ada banyak banget gerai makanan halal! Kamu bisa mencicipi makanan muslim India Singapura, Thai Beef Noodles bahkan nasi padang!    Aspirasi Chicken Rice @ Seah Im Food Centre  
Credit: @glitzfoodstories on Instagram
Ini salah satu makanan rekomendasi kami. Cobain deh Chicken Rice yang dijual di Aspirari. Ayam gorengnya empuk dan enggak terlalu berminyak. Nasinya juga wangi banget karena dibumbui dengan rempah-rempah dan santan (dimakan nasinya saja sudah enak, loh). Ada juga sambal chicken rice (seperti difoto) untuk kamu yang suka rasa pedas.  Tip #HHWT: Saat akhir pekan dan musim liburan, makanan di sini sudah habis jam 15.00, karena itu kami sarankan untuk datang jam 11.00.  Status Halal: Pemilik gerai adalah Muslim Alamat: 2 Seah Im Rd, Singapura 099114 Jam buka: 11.00-21.00 (Selasa-Minggu), tutup setiap hari Senin Harga: Mulai dari SGD3.50 atau IDR36,550 per porsi untuk Chicken Rice Petunjuk arah: Naik MRT, turun di Harbourfront Station (NE1/CC29) ambil pintu keluar A, jalan lurus saja hingga sampai di pusat jajanan. Lokasi wisata terdekat: Pulau Sentosa, Universal Studio Singapura, wisata alam Southern Ridges  Website | Facebook | Instagram  Encik Tan @ Bugis Junction 
Credit: @feefaleeeee on Instagram Encik Tan adalah salah satu waralaba makanan lokal Singapura yang menjual jajanan Cina, seperti Mi  Wanton, Mi Bakso Ikan, dan Nasi Kari Ayam versi halal. Ada lebih dari 20 gerai makanan di seluruh Singapura, jadi kamu enggak perlu bingung mencari makanan enak dan murah serta halal!   Kalau kamu sedang jalan-jalan di kawasan Bugis, cobalah gerai mereka di Bugis+ yang buka 24 jam.  Tip #HHWTCek juga artikel ultimate guide to halal food in Bugis (with over 50 eateries!) untuk referensi lebih banyak!  Status halal: Bersertifikat halal Alamat: Bugis+, 201 Victoria St #01-02/K1, Singapura 188067 Jam buka: Setiap hari, 24 jam Harga: Mulai dari SGD4.50 atau sekitar IDR49,000 untuk menu utama Petunjuk arah: Naik MRT, turun di Bugis Station (EW12/DT14) dan keluar di pintu C, lalu naik dan seberangi Bugis Street, belok kiri, jalan lurus dan tempat makannya (Bugis+) akan terlihat menghadap jalan utama Lokasi wisata terdekat:  Bugis Junction, Bugis Street, Kwan Im Temple, Sri Krishnan Temple, Masjid Sultan, Kampong Glam, Arab St, Haji Lane Website | Facebook | Instagram  Hawker QSR @ Esplanade Mall 
Credit: @hawker_qsr on Instagram 
 Tantangan paling berat saat liburan ke Singapura adalah menemukan makanan dengan harga di bawah SGD10 atau IDR104,500 di kawasan Marina Bay. Untungnya ada Hawker QSR di Esplanade yang jadi penyelamat! Dipuji sebagai resto cepat saji Asia pertama di Singapura, kamu bisa mencicipi kepiting cabai Singapura di sini – dalam bentuk burger!  Menu The Signature Chili Crab Bao terdiri dari patty daging kepiting tebal,  dioles saus kepiting pedas, lalu disusun di antara dua roti mantau goreng  sehingga menyerupai burger. Kamu juga bisa mencicipi Burger Nasi Lemak dan Burger Nasi Ayam, dan sesuai namanya, roti burgernya terbuat dari nasi!  Status halal: Bersertifikat halal Alamat: 8 Raffles Avenue #01-13E Annexe, Singapura 039802 Jam buka: 10.00 – 22.30 (Minggu-Kamis), 10.00 – 00.00 (Jumat, Sabtu, malam sebelum public holiday Harga: Mulai dari SGD4.50 atau IDR49,00 untuk menu utama Petunjuk arah: Naik MRT, turun di City Hall Station (EW13/NS25) lalu ikuti papan petunjuk arah ke Esplanade. Lokasi tempat makan ini ada di luar gedung, menghadap sungai Singapura Lokasi wisata terdekat: Esplanade – Theatres on the Bay, ArtScience Museum, Marina Bay Sands, National Gallery Singapore, Gardens by the Bay Website | Facebook | Instagram  Catatan: Kalau kamu bersedia mengeksplor selain area pusat, ada lebih banyak makanan murah yang bisa dicoba. Kamu juga bisa tetap menikmati serunya jalan-jalan di jantung Singapura. Oya, air keran di Singapura bisa diminum, jadi maksimalkan fasilitas ini dan hindari mengeluarkan uang untuk membeli air mineral. Jangan lupa bawa botol minum kamu, ya! 
5. Cari tempat belanja murah! 

 Singapura dikenal sebagai surganya wisata belanja! Mulai dari wisata belanja kelas atas hingga wisata belanja dengan budget terbatas tersedia di sini. Buat wisata kelas atas tentunya deretan mal di sepanjang Orchard Rd bisa jadi pilihan. Sementara untuk pemburu belanjaan murah meriah, ini dia beberapa pilihannya untuk kamu! 

Bugis Street 
Credit: @gryaah on Instagram
Terletak di seberang stasiun MRT Bugis, inilah surga belanja untuk pemburu barang murah berkualitas. Ada lebih dari 600 toko tersebar di semua lantai, kamu bisa menemukan barang apapun di sini. Baju, sepatu, asesoris hingga suvenir semua lengkap dan harganya sangat bersahabat di kantong! Karena harganya sudah murah, biasanya harga di sini enggak bisa ditawar. Jangan lewatkan penawaran spesial beli 2 gratis 1, beli 1 gratis 1, lumayan banget untuk oleh-oleh.  Nah, selesai belanja, isi perut dengan aneka makanan lezat dan halal yang ada di kawasan Bugis. Cek di sini artikelnya ya (fill your stomach with some of the amazing halal food in Bugis!)  Catatan: Kamu juga bisa membeli suvenir khas Singapura di sini! (pick up some of the best Singapore souvenirs ever)  Alamat: 3 New Bugis Street, Singapura 188867 Jam buka: 11.00 – 22.00, setiap hari Petunjuk arah:  Naik MRT, turun di Bugis Station (EW12/DT14) ambil pintu keluar C, lalu seberangi jalan  Lokasi wisata terdekat: Bugis Junction, Bugis Street, Kwan Im Temple, Sri Krishnan Temple, Masjid Sultan, Kampong Glam, Arab St, Haji Lane  Far East Plaza 
Credit: @midomama_shop on Instagram 
Orchard Road sebenarnya enggak hanya dipenuhi toko-toko dan butik bermerek. Ada banyak tempat yang menawarkan harga terjangkau, salah satunya Far East Plaza. Di sini kamu bisa berbelanja aneka barang fashion kekinian dan unik yang desainnya terinspirasi dari Korea dan Jepang. Butik-butik desainer lokal, toko makanan ringan, salon, elektronik hingga layanan spa juga tersedia, tentunya dengan harga yang terjangkau! Siapa sih yang enggak tergoda dengan manikur seharga SGD5 atau IDR52,500 saja?  Alamat14 Scotts Road, Singapura 228213 Jam buka10.00 – 22.00, setiap hari  Petunjuk arahNaik MRT, turun di Orchard Station (NS22) ambil pintu keluar A, jalan terus melewati Tang Plaza dan Scotts Square Tempat wisata terdekat: T Galleria by Duty Free Singapore, ION Orchard Mall, Takashimaya Department Store, [email protected]  Untuk pilihan belanja dengan budget minimalis lainnya, cek di artikel ini ya! ( best budget shopping spots (besides Mustafa Centre) 
6. Carilah lokasi wisata gratis! 

 Yup, kamu enggak salah baca. Selain Universal Studio dan Singapore Zoo yang tiket masuknya mahal, Singapura punya banyak banget tempat wisata gratis yang enggak kalah seru! Ini dia beberapa di antaranya:  

Datangi lokasi wisata gratis di Gardens By The Bay! 

Credit: @gardensbythebay on Instagram
Garden By The Bay adalah salah satu must visit places di Singapura. Perpaduan warisan budaya dengan desain futuristik membuat tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan sejak dibuka. Meskipun untuk menikmati atraksi utama di sini kamu harus membeli tiket, ada banyak tempat yang bisa dilihat secara gratis! Dan ini termasuk taman Heritage, di sana ada bangunan dan monumen yang didedikasikan untuk mewakili 4 etnis besar di Singapura, taman anak-anak Far East Organization yang terdiri dari water park dan playground, aneka patung dari seniman pemula bertebaran di taman – dan tentu saja Supertree Grove yang tampil menakjubkan dengan permainan cahayanya! 
Credit: @junnnghwa on Instagram
Nah, agar makin seru, cobain juga duduk-duduk santai di Marina Barrage yang ada di dekat sana. Waduk ini (lokasinya ada di sebelah kanan pusat kota) pas banget untuk piknik atau ngobrol santai di malam hari dengan sahabat kamu. Kalau cuaca cerah, banyak keluarga yang main layangan di sini sambil menikmati pemandangan Garden By The Bay!  Gardens By The Bay Alamat: 18 Marina Gardens Drive, Singapura 018953  Jam buka:  Taman Outdoor termasuk Skytree Grove: 05.00 pagi – 02.00 dini hari, setiap hari Taman anak East Organization : 10.00 – 19.00 (Selasa-Jumat), 09.00 – 21.00 (Sabtu-Minggu, public holiday), tutup setiap Senin Petunjuk arah: Naik MRT, turun di Bayfront Station (CE1/DT16) keluar di pintu B. Ikuti jalan penghubung bawah tanah hingga sampai di Gardens, melalui Dragonfly atau jembatan Meadow Website | Facebook | Instagram   Marina Barrage Alamat: 8 Marina Gardens Dr, Singapura 018951 Jam buka: 24 jam, setiap hari Petunjuk arah: jalan kaki selama 6 menit dari Garden By The Bay. 

Ke Pulau Sentosa, tanpa ke USS!  

Credit: @amosgsw on Instagram 
Selain USS dan Resort World Sentosa (RWS), Pulau Sentosa punya pemandangan pantai dan laut yang keren banget, loh! Ada 3 pantai yang masing-masing menawarkan karakter berbeda di sini.  Untuk rombongan keluarga, coba main ke Pantai Palawan. Pantai ini memiliki area bermain anak-anak dan jembatan gantung yang sangat seru! Pecinta aktivitas fisik, cocok ke Pantai Siloso. Arena permainan bola voli bisa kamu coba bersama teman-teman. Dan untuk yang lebih senang bersantai sambil main pasir, paling pas ke Pantai Tanjong. Lokasinya juga lebih terpencil dan sepi. 
Credit: @vicffie on Instagram
 Buat pecinta sejarah, ada tempat wisata yang wajib dikunjungi di sini, yaitu Fort Siloso. Benteng pesisir ini merupakan satu-satunya yang tersisa dan menjadi lokasi artefak perang dunia kedua terbesar di Singapura. Menikmati benteng ini juga bisa dinikmati kok oleh kamu yang kurang suka sejarah. Karena benteng ini – lengkap dengan peninggalan alat militernya-kece banget untuk dijadikan latar berfoto! Jangan lupa ke Surrender Chamber, ya, untuk melihat tayangan video sejarah Singapura.  Tip #HHWT: Menuju kawasan wisata seperti Fort Siloso, Tanjong Beach atau USS di Sentosa akan lebih murah kalau kamu jalan kaki dibandingkan naik kereta dari Vivocity. Jalur jalan kaki dari Vivocity menuju Sentosa juga sangat nyaman, kok. Nah, pulangnya kamu bisa naik kereta. Karena ketika kamu sudah masuk kawasan Sentosa, kereta tersebut bisa kamu naiki tanpa biaya! Jadi pulang pergi menuju Sentosa menghabiskan biaya nol rupiah! Asyik, kan?  Fort Siloso Alamat: Siloso Road, Sentosa Island, Singapura 099981 Jam buka: 10.00 – 18.00, setiap hari Petunjuk arah: Ketika sudah sampai di Sentosa, naik Sentosa Bus A atau Sentosa Beach Tram (turun di Siloso Point) 

Nikmati karya seni dan wisata alam tanpa mengeluarkan biaya!  

 Singapura punya banyak museum dan kebun binatang kelas dunia, tapi biaya masuk ke atraksi-atraksi wisata tersebut lumayan mahal. Minimal kamu harus menyiapkan SGD20 atau IDR209,000 untuk tiket masuknya saja! Nah, untuk kamu yang ingin mengirit biaya, coba cara lain menikmati wisata budaya dan alam, misalnya dengan mendatangi surganya street art di kawasan Arab St-Haji Lane. Kawasan ini sangat populer di kalangan wisatawan, karena banyak banget seni mural yang instagramable 

Kalau kamu suka wisata sejarah yang dikemas kekinian, coba deh berjalan-jalan di kawasan Tiong Bahru. Bangunan tua, toko yang dihias mural-mural cantik hingga taman bermain anak ada di sana.   

Pecinta budaya India yang penuh warna, wajib datang ke kawasan Little India! Mural-mural berwarna cerah, patung-patung indah penuh makna hingga kulinernya yang menggoda lidah. Di Little India, kamu juga bisa menikmati ARTWALK dengan karya seniman lokal dan regional yang terpajang di dinding bangunan. Semua bisa kamu nikmati dengan gratis! Jangan lupa berfoto dengan latar indah tersebut ya! 

Credit: @amrakajona_zakir on Instagram 

 Pulau Ubin juga merupakan salah satu tujuan wisata alam yang populer di Singapura. Di kahir pekan, warga lokal biasanya berlibur ke pulau ini untuk menikmati suasana laut dan bersantai. Inilah tempat yang pas untuk menikmati alam Singapura tanpa bayar mahal-mahal. Kamu bisa bersepeda di jalur yang tersedia sambil melihat burung beterbangan atau mengeksplor Chek Jawa Wetlands. Dijamin, kamu enggan kembali ke kota cepat-cepat! 

 Selain Pulau Ubin, kamu juga bisa menikmati wisata alam di Coney Island, Southern Ridges, dan waduk-waduk seperti MacRitchie Revervoir.   Pulau Ubin Petunjuk arah: Naik MRT, turun di Tanah Merah Station, ikuti petunjuk ke Bus 2 menuju persimpangan Changi Bus. Jalan hingga terminal feri, naik bumboat dari Changi Point Ferry Terminal. (biaya SGD2.50 atau IDR26,100 sekali jalan, biaya tambahan untuk sepeda SGD2 atau sekitar IDR20,900)   Nah, itu dia 6 tips irit liburan di Singapura yang bisa kamu coba! Jangan lupa, cek juga tempat-tempat yang hanya diketahui warga setempat. Ini bisa jadi cara menghindari biaya tiket masuk yang mahal, kamu juga bisa melihat dan merasakan kehidupan warga lokal. Gimana? Apakah kamu punya tips irit lainnya saat liburan di Singapura? Selamat berlibur!