icon
icon
article hero

Menyaksikan Sunset di Wilayah Paling Barat Indonesia dari Tugu Nol Kilometer Sabang

AvatarName

Zulaikha  •  Jul 20, 2021

icon

Tugu nol kilometer Sabang adalah titik yang menandai dimulainya wilayah geografis Indonesia.

Kawasan ini pun menjadi salah satu daya tark wisata utama di provinsi Aceh. Di sinilah kamu bisa melihat pemandangan laut lepas yang menjadi batas wilayah Indonesia di sisi paling barat. Member Tribes by HHWT, Zulaikha membagikan potret dan pengalamannya saat singgah ke titik nol kilometer Indonesia tersebut. Baca sampai habis untuk melihat keindahannya!
nol kilometer sabang
Kredit: Zulaikha Tugu Nol Kilometer yang ada di Kota Sabang (Pulau Weh) merupakan tugu yang dibangun sebagai penanda wilayah paling barat Indonesia. Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Kota Sabang tanpa menginjakkan kaki di tempat ini.
nol kilometer sabang
Kredit: Zulaikha Tugu yang diresmikan pada tahun 1997 ini merupakan bangunan bertingkat terbuka dengan beberapa ornamen antara lain rencong (senjata tradisional Aceh) dan burung garuda di bagian puncaknya. Pengunjung bisa naik ke atas untuk melihat lautan Andaman yang membentang di hadapan.
nol kilometer sabang
Kredit: Zulaikha Salah satu jajanan khas yang harus dicoba ketika berkunjung ke Tugu Nol Kilometer adalah Rujak Nol Kilometer.
rujak sabang aceh
Kredit: Zulaikha Sebenarnya rujak ini adalah rujak buah seperti umumnya (buah-buahan seperti mangga muda, pepaya, timun dsb. disiram dengan bumbu kacang). Yang membuat berbeda dan tidak ada di tempat lain adalah bumbu rujak di sini dicampur dengan buah rumbia yang memberikan sensasi rasa sepet. 
nol kilometer sabang
Kredit: Zulaikha Jika kebetulan berkunjung pada sore hari ke Tugu Nol Kilometer, jangan dulu pulang sebelum menyaksikan matahari tenggelam. Tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan melihat langsung matahari yang tenggelam paling terakhir di bumi Indonesia. Simak juga cerita dari member Tribes lainnya dalam artikel berikut ini: