icon
icon
article hero

Pengalaman Pertama Bertemu Komodo di Pulau Rinca Adalah Momen yang Tidak Terlupakan

AvatarName

Zulaikha  •  Jul 19, 2021

icon

Pulau Rinca adalah salah satu tempat untuk melihat komodo di Indonesia.

Photo essay ini ditulis oleh member Tribes, Zulaikha. Kamu pun bisa mengirimkan tulisan, foto, dan video kamu untuk ditayangkan di HHWT! Ada dua pilihan tempat untuk bertemu dengan Komodo, yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Menurut nelayan yang mengantar, Komodo yang ada di Pulau Rinca lebih mudah ditemui dibanding yang ada di Pulau Komodo. Jadilah kami ke Pulau Rinca. Baca juga kisah dari member Tribes lainnya dalam artikel berikut ini:
Kredit: Zulaikha Komodo (Varanus komodoensis) merupakan hewan endemik yang hanya bisa kita temukan di beberapa pulau kecil di NTT yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo. Kali ini saya berkesempatan bertemu dengan hewan purba ini saat melakukan island hopping ke Taman Nasional Komodo tahun 2018 lalu. Jika berkunjung ke Pulau Rinca secara mandiri (tidak dengan paket wisata) maka biaya masuk yang harus dibayar sebesar Rp 130.000 per orang.
Kredit: Zulaikha Begitu melewati gerbang selamat datang, kami langsung disambut oleh seorang ranger (semacam guideatau pawang) yang akan memandu kamibertemu Komodo secara langsung di habitatnya.Ranger menawarkan untuk berfoto dengan Komodo pertama yang kami temui.
Kredit: Zulaikha Ada tiga  tipe trekking yang ditawarkan kepada pengunjung, yakni Short, Medium dan Long Tracking. Karena waktu kami tidak banyak, kami pilih yang Short Tracking. Ketika sedang menyusuri hutan yang tidak terlalu lebat, lewatlah seekor anak Komodo di hadapan kami. Anak Komodo lebih lincah dibanding Komodo dewasa (bahkan mereka bisa memanjat pohon). Kami jadi sedikit waspada, hehehe.
Kredit: Zulaikha Saat menyusuri hutan, kami hampir tidak menemukan satu pun Komodo. Ternyata Komodo lebih suka berada di dekat dapur para ranger. Sepertinya indera penciuman mereka mengarahkan mereka untuk berada di situ.
Kredit: Zulaikha Salut deh sama para ranger yang ada di Pulau Rinca ini. Tugas mereka bukan memelihara Komodo (karena Komodo mencari mangsanya sendiri di alam bebas) tapi memandu para pengunjung yang datang serta menjaga dan memastikan keselamatan pengunjung. Mereka juga dibekali skill fotografi yang baik!

Yuk, bergabung dengan Tribes by HHWT!

Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa bepergian, karena itulah kami meluncurkan Tribes. Tribes adalah sebuah platform di mana kamu berbagi foto, video, dan artikel tentang travel, kuliner, dan topik lainnya. Dengan bergabung dan mengirimkan konten, kamu berkesempatan mendapatkan hadiah voucher setiap bulannya, datang ke undangan media,berkolaborasi dengan brand, hingga jalan-jalan ke luar negeri. Langsung saja bergabung dengan Tribes by HHWT dengan mengisi formulir di halaman ini:

http://bit.ly/HHWTTribesID

Kalau sudah, langsung saja upload tulisan, foto, atau video kamu ke halaman berikut ini: Artikelhttp://bit.ly/TribesStoryID Photo essayhttp://bit.ly/TribesPhotoStoryID Videohttp://bit.ly/TribesVideoID