icon
icon
article hero

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli AirAsia Unlimited Pass

AvatarName

Tiara  •  Nov 13, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kamu masih bisa membeli AirAsia Unlimited Pass hingga tanggal 15 November 2020. Artinya, masih ada waktu sebelum memutuskan untuk membeli tiket terusan ini. Bagi sebagian orang, harganya memang cukup murah. Terlebih jika melihat manfaat yang bisa kamu dapatkan dari maskapai ini. Kalau kamu masih menimbang-nimbang, perhatikan lima hal berikut ini agar AirAsia Unlimited Pass bisa kamu gunakan sebaik-baiknya.
Bisa terbang ke mana saja?
AirAsia Unlimited Pass hanya bisa digunakan pada penerbangan dengan kode QZ. Artinya, kamu hanya bisa terbang dari dan menuju Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, Lombok, dan Yogyakarta. Pastikan bahwa destinasi ini bakal kamu kunjungi sebelum membeli AirAsia Unlimited Pass. Tiket terusan ini hanya berlaku untuk penerbangan point-to-point atau tanpa penerbangan penghubung. Jadwal penerbangannya sendiri bisa kamu lihat saat melakukan pemesanan tiket di website AirAsia.
Sampai kapan masa berlakunya?
AirAsia Unlimited Pass bisa digunakan untuk membeli tiket penerbangan tanggal 23 November 2020 hingga 31 Mei 2021. Pemesanan tiket harus dilakukan paling lambat 14 hari sebelum tanggal berangkat. Sebagai contoh, tiket penerbangan untuk tanggal 31 Mei 2021 harus dipesan pada tanggal 16 Mei 2021. Tiket ini pun tidak bisa digunakan pada periode embargo, yakni pada beberapa hari libur nasional, libur sekolah, dan musim liburan (high season).Jadi, atur jadwal dan perhitungkan baik-baik sebelum membeli tiket ya.
Siapa saja yang bisa menggunakannya?
Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah siapa saja yang bisa menggunakannya. AirAsia Unlimited Pass sendiri tersedia untuk semua anggota BIG di Indonesia. Jadi, kamu harus bergabung menjadi member terlebih dahulu. Tiket terusan ini juga hanya bisa digunakan oleh penumpang berusia minimal 12 tahun pada hari keberangkatan. Untuk anak usia di bawah 12 tahun dan bayi, kamu harus melakukan pemesanan tambahan dan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang berlaku. AirAsia Unlimited Pass juga hanya bisa digunakan untuk memesan tiket untuk diri sendiri, sesuai dengan nama yang terdaftar di akun BIG.
Bagaimana cara penggunaannya?
Sebagai gambaran, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakan AirAsia Unlimited Pass:
  • Log in ke akun member BIG AirAsia, lalu klik 'Pembelian Saya' untuk menemukan AirAsia Unlimited Pass yang sudah kamu beli
  • Konfirmasi nama lengkap kamu (hanya bisa dilakukan setelah redeem penerbangan pertama dengan AirAsia Unlimited Pass)
  • Klik 'Gunakan Sekarang' untuk mendapatkan kode promo unik kamu dan klik widget Pencarian di airasia.com
  • Masukkan destinasi dan tanggal penerbangan
  • Pilih penerbangan bertanda 'diskon 100%' yang berlaku dengan tiket terusan ini
  • Lakukan pembayaran untuk pemesanan tambahan
Ingat, nama depan dan nama belakang yang kamu gunakan di akun member BIG harus sama dengan dokumen perjalanan.Setelah penukaran tiket pertama, kamu tidak bisa lagi mengubah nama. Selain itu, kamu pun tidak diperkenankan untuk mengubah waktu (reschedule) penerbangan.
Apakah harganya sebanding?
AirAsia unlimited Pass bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 1,5 juta. Harga ini hanya berlaku untuk tarif dasar penerbangan. Artinya, kamu mungkin masih akan dikenakan biaya pajak bandara dan produk tambahan seperti bagasi, asuransi, dan makanan.
Berdasarkan pencarian yang dilakukan oleh tim HHWT pada Jumat (13/11), harga tiket untuk terbang ke beberapa kota tujuan pada 1 Desember 2020 berkisar di angka ratusan ribu. Misalnya, tiket dari Jakarta ke Yogyakarta dibanderol Rp 313.000, Jakarta ke Medan mulai dari Rp 594.000, dan Jakarta ke Bali mulai dari Rp 537.400. Sementara tiket Jakarta ke Lombok ada di kisaran Rp 520.515. Begitu pula dengan penerbangan dari Surabaya ke Jakarta yang berada di harga Rp 401.000. Jadi, nilai Rp 1,5 juta ini akan semakin berharga jika kamu punya rencana bepergian ke kota-kota tersebut. Kesempatan langka untuk terbang hemat bersama AirAsia Unlimited Pass ini bisa kamu manfaatkan hingga tahun depan. Hanya saja, pastikan kamu telah membaca semua syarat dan ketentuannya agar tidak terkendala saat pemesanan maupun penerbangan. Simak juga beberapa rekomendasi tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di kota-kota destinasi tersebut dalam artikel berikut ini: