icon
article-hero

6 Tempat Dingin di Bali untuk Kamu yang Sedang Tidak Ingin ke Pantai

avatar-name

Tiara •  Nov 03, 2020


Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.

Pulau Dewata memang dikenal dengan pantainya yang indah. Namun, daerah dingin di Bali pun tidak kalah menarik. Kontur Pulau Bali juga terdiri dari perbukitan, gunung, dan dataran tinggi yang sejuk. Hal ini pun dimanfaatkan bagi warga lokal untuk mengembangkan pariwisatanya.

Kalau kamu sedang berada di Bali dan tidak ingin berpanas-panasan di pantai, maka daerah dingin di Bali berikut ini bisa jadi tujuan kamu selanjutnya!

Kebun Raya Bali

Daerah dingin di Bali satu ini merupakan pusat penelitian keanekaragaman hayati dan konservasi. Di sini, kamu bisa menikmati udara sejuk sambil melihat aneka flora koleksi kebun raya. Tempat ini memiliki aneka flora khas kawasan timur Indonesia, anggrek, tumbukan paku, begonia, tumbuhan obat, dan yang paling menarik, tumbuhan untuk upacara agama Hindu. Di sini juga ada rumah kaca dan perpustakaan yang bisa kamu kunjungi.

Alamat: Jalan Kebun Raya Candikuning, Baturiti, Tabanan

Nomor telepon: +62368 203 3211

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-17.00

Website | Instagram

Toya Devasya

Toya Devasya adalah sebuah pemandian air panas yang berada di daerah dingin di Bali, Kintamani. Selain bisa berendam di mata air panasnya, kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas di tempat ini. Toya Devasya menyediakan restoran, olahraga air, spa, hingga paket outing rombongan dan akomodasi untuk menginap. Sebuah paket lengkap kalau kamu ingin menikmati Bali yang sejuk.

Alamat: Jalan Puri Bening, Toya Bungkah, Kintamani

Nomor telepon: +62 811 3960 6880

Jam operasional: Senin sampai Jumat jam 9.00-17.00, Sabtu dan Minggu kam 8.00-18.00

Website | Instagram

Padang Bunga Kasna

Daerah dingin di Bali bukan hanya nyaman untuk wisatawan, namun juga untuk bunga marigold. Ada sebuah tempat di Karangasem yang punya hamparan ladang bunga gemitir (marigold) yang indah! Kamu pun bisa mampir ke sini untuk sekedar mengabadikannya. Ladang bunga ini adalah milih warga setempat yang membudidayakannya. Bunga gemitir sendiri merupakan bagian penting dalam tata cara ibadah agama Hindu.

Alamat: Pempatan, Rendang, Karangasem

Jam operasional: Buka setiap hari jam 6.00-17.00

Desa Pinggan

Daerah dingin di Bali ini adalah langganan wisatawan yang ingin melihat sunrise di Pulau Dewata. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, usahakan untuk tiba di desa ini sebelum matahari terbit. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat suhunya dingin, sekitar 16 sampai 18 derajat Celcius. Sebanding dengan usahanya, kamu bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan dan semburat keemasan sang surya yang baru muncul.

Alamat: Kecamatan Kintamani, Bangli

Taman Jinja

Belum genap 2 tahun dibuka, taman yang berada di daerah dingin di Bali ini sudah  mencuri perhatian wisatawan. Taman ini memang unik. Deretan gerbang berwarna merah yang ada di sini akan mengingatkan kita kepada Fushimi Inari di Jepang. Bedanya, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Agung yang megah dan menghirup udara segar dataran tinggi Bali.

Alamat: Banjar Angsoka, Besakih, Rendang

Nomor telepon: +62881 03812 1544

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-19.00

Instagram

Taman Edelweis Bali

Daerah dingin di Bali cocok untuk pembudidayaan aneka bunga. Taman ini adalah salah satu tempat wisata yang memanfaatkan hal tersebut. Bunga yang ada di taman ini adalah bunga kasna yang mirip dengan edelweis. Hamparan bunga yang berwarna putih berpadu dengan aneka bunga lain dan membentuk pemandangan yang cantik!

Alamat: Besakih, Rendang, Karangasem

Nomor telepon: +62856 379 2426

Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-19.00

Instagram

Simak juga artikel berikut ini untuk inspirasi wisata di Bali lainnya: