icon
icon

6 Pulau Favorit di Kepulauan Seribu yang Harus Kamu Singgahi Saat Ngetrip ke Sana

AvatarName

Tiara  •  Jun 24, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kepulauan Seribu adalah alternatif utama untuk liburan singkat di dekat ibukota. Gugusan pulau dengan pasir putih dan alam bawah laut yang indah ini memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Jakarta. Berlibur ke sana pun tidak selalu harus menginap karena banyak operator wisata yang menyediakan paket one day trip Pulau Seribu dengan harga yang cukup terjangkau. Sebelum kamu berangkat akhir pekan ini, simak dulu informasi dan ulasan beberapa pulau favorit wisatawan yang ada di Kepulauan Seribu berikut ini!
Lokasi dan akses transportasi menuju Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Jakarta dan wilayahnya masuk dalam Provinsi DKI Jakarta. Meski namanya Kepulauan Seribu, faktanya hanya ada sekitar 342 pulau di kepulauan ini. Untuk menuju ke sana, kamu cukup menempuh perjalanan dengan kapal dari Muara Angke selama kurang lebih 2,5 jam, tergantung kondisi cuaca dan gelombang laut. Saat ini, setidaknya ada satu kapal ASDP, 35 kapal tradisional, dan 6 kapal cepat milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang bisa mengantarkan warga dan wisatawan menuju Kepulauan Seribu. Ongkos perjalanannya pun tidak terlalu mahal, mulai dari Rp 44.000 per orang untuk sekali jalan. Pilihan lainnya adalah melalui Pelabuhan Marina Ancol, namun dengan hargayang lebih mahal yakni sekitar Rp 150.000 per orang dengan waktu tempuh 1,5 jam.
1. Pulau Harapan
Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berada di dalam wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu. Karenanya, tidak heran jika kondisi alam dan kehidupan bawah lautnya masih terjaga. Di sini, kamu bisa snorkeling dan diving untuk melihat terumbu karang dan berbagai spesies ikan yang ada. Selain bermain di bawah air, kamu pun bisa berjalan kaki menyusuri jembatan yang menghubungkan Pulau Harapan dengan Pulau Kelapa untuk mengunjungi penangkaran penyu.  Selain snorkeling dan menyelam, aktivitas lain yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah olahraga air. Seiring dengan perkembangan waktu, kini semakin banyak operator wisata yang memasukkan olahraga air ke dalam paket wisatanya.
2. Pulau Pari
Serupa dengan Pulau Harapan, pemandangan bawah laut pun menjadi daya tarik andalan di pulau ini. Kamu pun bisa menjajal berbagai olahraga air yang disediakan oleh operator wisata. Selain menjelajahi perairannya, daratan pulau pun bisa dieksplor. Cara favorit untuk melakukannya adalah dengan menyewa sepeda untuk berkeliling pulau. Jangan khawatir, masyarakat lokal Pulau Pari dikenal sebagai pribadi yang ramah terhadap wisatawan. Salah satu spot wajib yang harus dikunjungi saat berwisata ke Pulau Pari adalah Pantai Pasir Perawan. Sesuai dengan namanya, pantai ini seolah tidak pernah tersentuh oleh manusia. Hamparanpasir putih berpadu dengan air laut yang biru menciptakan pemandangan yang memukau. Selain itu, kamu pun bisa berlibur sambil melakukan hal positif di sini dengan mengikuti kegiatan pelestarian mangrove yang digelar oleh relawan dan pengelola setempat.
3. Pulau Macan
Untuk kamu yang ingin menikmati suasana Kepulauan Seribu secara eksklusif, Pulau Macan adalah pilihan yang tepat. Di pulau ini terdapat Pulau Macan Eco Village & Resort yang menyediakan akomodasi villa tepi pantai dengan pelayanan lengkap. Dibangun dengan prinsip harmoni dengan alam, resort ini menerapkan konsep berkelanjutan. Bangunannya terbuat dari bahan alami, menggunakan energi panas matahari, dan sistem penggunaan air yang efisien. Pulau ini dikelola swasta secara profesional dan mengedepankan kelestarian lingkungan. Karenanya, jumlah pengunjung pulau ini pun dibatasi hanya 40 orang setiap harinya. Meski biaya yang harus dikeluarkan untuk berwisata di pulau ini relatif lebih mahal, fasilitas yang ditawarkan pun sebanding. Selain menginap di pondok tepi pantai, tamu pun bisa mengikuti berbagai aktivitas yang tersedia, mulai dari snorkeling hingga terlibat dalam kegiatan konservasi terumbu karang. Harga: Mulai dari Rp 2.606.960 di websitenya Alamat: Kepulauan Seribu, DKI Jakarta Nomor telepon: +62852 1849 1579 Website | Facebook | Instagram
4. Pulau Tidung
Pulau yang satu ini merupakan yang paling familiar di kalangan wisatawan. Pulau ini terbagi menjadi Pulau TidungBesar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah yang paling terkenal dan mudah diakses karena pulaunya berpenduduk serta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Sementara Pulau Tidung Kecil adalah pulau tidak berpenghuni yang digunakan sebagai konservasi hutan mangrove yang dikelola pemerintah setempat. Selain karena akses dan fasilitasnya, Pulau Tidung juga punya beberapa landmark menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Area perairan di sekitar jembatan ini juga ideal untuk melakukan snorkeling. Selain jembatan ini, jangan lupa untuk mampir dan berfoto di Pantai Saung Cemara Kasih dengan ayunan di tengah laut.
5. Pulau Dolphin
Untuk kamu yang ingin merasakan bermalam di pulau kosong, Pulau Dolphin bisa menjadi pilihan. Di pulau ini, kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai berpasir putih dengan hamparan laut biru sebagai halamannya. Jangan lupa membekali diri dengan peralatan berkemah dan logistik secukupnya, sesuai dengan durasi bermalam di pulau ini. Pulau Dolphin benar-benar tidak berpenghuni dan lokasinya bisa dijangkau sekitar 30 menit perjalanan dari pulau berpenghuni terdekat, yakni Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. #HHWT Tip: Supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan jasa operator wisata untuk mengatur perjalanan kamu ke pulau ini. Mereka akan menyiapkan semuanya untuk kamu!
6. Pulau Ayer
Untuk kamu yangingin bersantai di resort terapung ala Maldives, kamu pun bisa merasakannya di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Ayer. Konon, Pulau Ayer Resort & Cottages ini merupakan destinasi wisata sejak zaman kolonial Belanda dan menjadi favorit para pesohor, termasuk PResiden Soekarno. Bangunan resort ini terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas hotel bintang 4. Selain menikmati pemandangan laut, di sini pun kamu bisa melakukan beberapa olahraga air seperti jet ski, kano, memancing, dan banana boat. Sayangnya, kamu tidak bisa menceburkan diri ke perairan di pulau ini karena lokasinya dekat dengan daratan Jakarta, jadi dikhawatirkan airnya sudah tercemar.  Harga: Mulai dari Rp 1. 017.000 di website Pulau Ayer Alamat: Jalan K. H. Samanhudi No. 47-49, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta Nomor telepon: +6221 385 2004 dan +62852 1643 3734 Website | InstagramLiburan ke pulau tidak perlu jauh dan mahal. Cukup dengan menyeberang sekitar 2 jam, kamu pun sudah bisa menikmati wisata alam dengan pantai pasir putih dan lautan biru. Pulau manapun yang kamu pilih, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya ya. Bawa kembali sampahmu dan pelihara agar lingkungan di sana tetap sama seperti saat kamu baru tiba. Simak inspirasi liburan domestik lainnya dalam artikel berikut ini: