icon
icon
article hero

Kampung Singkur Bandung, Surga Alam untuk Wisata Keluarga

AvatarName

Tiara  •  Jun 15, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel ini dipublikasikan. Nama Kampung Singkur Bandung mulai akrab di telinga. Wisata keluarga Bandung yang satu ini adalah sebuah destinasi yang menawarkan pemandangan alam hijau dengan udara yang segar. Kalau kamu sedang mencari destinasi wisata yang tidak terlalu jauh dari ibukota, Kampung Singkur bisa jadi pilihan. Tidak perlu bingung, tim HHWT telah merangkum sejumlah informasi untuk melihat lebih dekat Kampung Singkur berikut ini! Catatan: Setelah ditutup karena pandemi, Kampung Singkur akan buka kembali mulai tanggal 20 Juni 2020 mendatang!
Apa itu Kampung Singkur?
Kampung Singkur (atau dikenal juga dengan nama Saung Awi) adalah sebuah kawasan wisata alam di Desa Wanasari, Pangalengan, Jawa Barat. Lokasinya dikelilingi hutan pinus dengan nuansa asri. Selain pemandangan hutan yang rimbun, pengunjung pun dimanjakan dengan suara gemericik air dari Sungai Palayangan yang membelah tempat wisata ini. Pengunjung yang datang bukan hanya bisa menikmati pemandangan, namun juga bisa bermalam di sini dengan akomodasi yang disediakan. Beberapa aktivitas seru jug abisa dilakukan di sini bersama keluarga ataupun teman-teman (informasi lebih lengkap di bawah).
Cara menuju Kampung Singkur
Kampung Singkur berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Bandung dan bisa ditempuh baik dengan mobil ataupun sepeda motor. Jika kamu naik mobil, rute untuk menuju ke sana adalah lewat jalanTol Soreang - Pasir Koja dan keluar ke Jalan Raya Gading Tutuka menuju Banjaran. Lanjutkan perjalanan terus hingga Jalan Situ Cileunca menuju hutan pinus Rahong. Kalau kamu naik motor, rute yang ditempuh dari Bandung adalah lewat Bojongsoang - Baleendah - Rencong - Banjaran - Cimaung - Pangalengan. Saat memasuki Jalan Situ Cileunca, kamu akan disambut oleh pemandangan perkebunan teh. Selain itu, kamu juga akan melihat beberapa mobil bak terbuka yang lalu lalang sambil membawa perahu karet. Kalau sudah ada pemandangan ini, tandanya kamu sudah dekat dengan Kampung Singkur.
Harga tiket masuk dan fasilitas Kampung Singkur
Setelah puas melihat kebun teh dan hutan hijau selama perjalanan, tibalah kita di Kampung Singkur. Setiap kendaraan yang masuk area ini akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 40.000 untuk mobil dan Rp 10.000 untuk sepeda motor. Untuk tiket masuk perorangannya tidak terlalu mahal, hanya Rp 10.000 baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Kampung Singkur Bandung sendiri sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk kenyamanan para wisatawan. Selain fasilitas standar seperti warung makan, toilet, dan musholla, Kampung Singkur juga menyediakan penginapan berupa area perkemahan dan penginapan. Selain itu, ada pula berbagai wahana seperti arung jeram, hammock, dan beberapa saung untuk bersantai.
Aktivitas seru di Kampung Singkur dan harganya
Mengingat tempat ini adalah tempat wisata keluarga, ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan oleh semuaumur. Untuk anak-anak dan orang tua yang tidak ingin beraktivitas terlalu ekstrim, suasana Kampung Singkur saja sudah menjadi hiburan tersendiri. Namun banyak pula wahana seru yang bisa dilakukan di sini, mulai dari bermain air hingga 'berperang'!Berfoto dan menikmati pemandangan Aliran Sungai Palayangan adalah pemandangan unggulan yang disajikan di tempat wisata keluarga Bandung yang satu ini. Pihak pengelola membangun beberapa jembatan kayu yang bukan hanya digunakan sebagai akses jalanan, namun juga jadi spot berfoto yang bagus. Berkeliling area ini sambil menikmati udara segar hutan pinus adalah hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan di Kampung Singkur. Biaya: Gratis Menginap di tengah suasana alam Jangan khawatir kalau kamu terlanjur betah di sini karena Kampung Singkur juga menyediakan akomodasi berupa area berkemah (camping ground) dan penginapan. Kamu bisa bermain sampai puas di siang hari lalu menghabiskan malam di tengah sejuknya hutan pinus dengan menginap di sini. Pilih saja akomodasi yang kamu suka. Entah itu tidur di dalam tenda di tengah alam ataupun tidur dengan suasana rumah di penginapan di tepi sungainya. Biaya:
  • Berkemah di camping ground Rp 50.000 per malam untuk satu orang (tanpa tenda) atau mulai dari Rp 125.000 per tenda untuk 4 orang (tersedia paket camping yang beragam dihalaman ini).
  • Penginapan Rp 600.000 per unit untuk 4 orang.
Mengikuti arus sungai dengan river tubing Salah satu cara untuk menikmati Sungai Palayangan adalah dengan langusng mengikuti arus airnya. Tentu saja bukan dengan berenang, melainkan dengan river tubing. Aktivitas ini akan mengajak kamu untuk menelusuri aliran sungai dengan menaiki sebuah ban besar. Tidak usah khawatir, kamu tetap akan didampingi oleh pemandu dan menggunakan peralatan keamanan yang sesuai. Biaya: Mulai dari Rp 50.000 per orang dengan rute sepanjang 400 meter Memacu adrenalin dengan arung jeram Inilah aktivitas favorit para pengunjung Kampung Singkur! Arung Jerang atau rafting akan mengajak pengunjung mengarungi riam dan arus Sungai Palayangan yang deras. Jalur arung jeram di Kampung Singkur terbentang sepanjang 5 kilometer dan dapat ditempuh dalam durasi sekitar 90 menit. Bersiaplah untuk basah-basahan dengan keseruannya! Tenang, setiap pengunjung yang ikut dalam arung jeram bukan hanya diberi pakaian pengaman (pelampung dan helm) tapi juga diproteksi dengan asuransi. Biaya: Rp 125.000 per orang (minimal 5 orang) atau Rp 150.000 per orang termasuk makan siang. 'Berperang' di hutan dengan paintball Hutan pinus Rahong dengan jajaran pepohonan yang cukup padat menjadikan Kampung Singkur Bandung area yang idela sebagai medan perang. Eits, jangan salah sangka. Berperang di sini maksudnyaadu tembak dalam permainanpaintball. Untuk kamu yang datang bersama keluarga besar, aktivitas ini bisa jadi pilihan. Kapan lagi bisa seru-seruan di tengah hutan pinus seperti ini? Kamu tidak perlu membawa pakaian khusus karena seragam tim, rompi, masker, dan peralatan lainnya sudah disiapkan oleh Kampung Singkur! Biaya: Rp 75.000 per orang (minimal peserta 20 orang) Mengeksplorasi alam Pangalengan dengan jalur tersembunyi Kalau kamu sudah puas bermain di area Kampung SIngkur, saatnya berkenala lebih jauh lagi dengan naik mobil offroad. Tidak perlu persiapan khusus, cukup denganmengambil Paket Offroad Kampung Singkur untuk menikmati pengalaman ini. Mobil yang digunakan bukan hanya tangguh, tapi juga aman untuk melewati medan berbatu di dataran tinggi Pangalengan. Kamu pun bisa memilih 2 titik awal, yakni mulai dari Gambung ataupun Gunung Tilu dan keduanya berakhir di Situ Cileunca. Biaya: Rp 200.000 per orang Bagaimana, sudah mulai tidak sabar untuk liburan ke Kampung Singkur? Setelah pandemi memaksa kita untuk berdiam di rumah, saatnya kembali ke alam dan menghirup udara segar. Lebih baik lagi jika kita menikmatinya bersama keluarga tersayang. Wisata keluarga Bandung seperti Kampung Singkur bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mengajak keluarga liburan singkat yang tak jauh dari ibukota. Kampung Singkur Alamat: Desa Warnasari, Pangalengan, Bandung Jam operasional:24 jam Nomor telepon: +62813 2075 8215 atau WhatsApp +62896 6399 1246 Website | Facebook | Instagram Lihat juga destinasi wisata domestika lain yang tidak kalah menarik di artikel berikut ini: