icon
icon
article hero

9 Danau Terindah di Indonesia untuk Bekal Liburan Setelah Pandemi

AvatarName

Tiara  •  Jun 04, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Nusantara begitu kaya akan destinasi wisata alam yang wajib untuk dikunjungi, termasuk beberapa danau terindah di Indonesia. Selain lebih mendekatkan diri dengan alam, mengunjungi danau dengan wisata Danau Toba atau wisata Danau Kelimutu juga menjadi inspirasi wisata yang menarik untuk dilakukan saat kondisi sudah memungkinkan nanti. Setelah 3 bulan berdiam diri di rumah, tentu kita sudah kangen jalan-jalan dan berpetualang. Meski sekarang keinginan itu belum bisa terwujud, tidak ada salahnya untuk tetap merencanakan liburan, baik itu rencana staycation di Jakarta atau staycation di Bogor, mencari destinasi wisata domestik yang sudah buka kembali, ataupun sekedar memperbarui masa berlaku paspor. Namun yang jelas setelah semuanya aman, wisata ke danau terindah di Indonesia ini bisa menjadi pilihan. 😉 1. Danau Toba  Danau terbesar di Indoonesia (dan danau vulkanik terbesar di dunia) ini merupakan hasil letusan gunung  berapi yang terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Danau ini tentu sudah akrab di telinga karena sering disebut dalam pelajaran geografi semasa sekolah dulu. Danau Toba membentang di 7 kabupaten, yakni Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir. Di tengah danau ini ada Pulau Samosir yang juga menarik untuk dikunjungi. Wisatawan bisa berkunjung ke Pulau Samosir dengan menyeberang menggunakan kapal ferry dari Parapat.  Salah satu tempat terbaik untuk melihat keindahan Danau Toba dari atas adalah lewat Desa Tongging di Kabupaten Karo (sekitar 100 kilometer dari Medan). Memang cukup jauh, tapi setibanya di sana, kamu akan disambut oleh suasana sejuk dan pemandangan danau yang indah. Selain itu, kamu pun bisa mampir ke Air Terjun Sipiso-piso yang berada di desa ini.
2. Danau Kelimutu
Bicara tentang wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT). khususnya Flores, bukan hanya Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Salah satu danau terindah di Indonesia, yaitu Danau Kelimutu ini juga berada di Pulau Flores, tepatnya di Kabupaten Ende. Danau ini berada di Gunung Kelimutu dan terbagi menjadi 3 danau yang lebih kecil dengan warna air yang berbeda dan selalu berubah-ubah. Pemandangan di Danau Kelimutu paling bagus dinikmati saat matahari terbit. Jadi, kamu harus siap bangun dini hari kalau mau menikmati suasana terbaiknya. Cuaca di sana pun sangat dingin, jadi jangan lupa bawa jaket tebal dan sarung tangan untuk trekking ke tempat melihat danau ini. Kedengarannya memang melelahkan, tapi pemandangannya sungguh sepadan dengan perjuangannya. Usai menikmati pemandangan, kamu pun bisa sarapan di tugu puncak Kelimutu.
3. Danau Sentani
 Danau Sentani adalah sekeping surga di bumi cenderawasih. Berjarak hanya 50 kilometer dari Jayapura, danau seluas 9.360 hektar ini adalah danau terbesar di Papua. Danau Sentani sendiri sudah dikelola menjadi tempat wisata, sehingga ada banyak cara untuk menikmati suasananya, mulai dari sekedar berfoto dengan latar pemandangan, naik perahu wisata, hingga datang ke Festival Danau Sentani (biasanya diselenggarakan pada pertengahan bulan Juni). Nama Sentani artinya 'di sini kami tinggal dengan damai', sesuai dengan suasana di danau ini yang begitu menenangkan. Di hamparan danau ini terdapat 21 pulai kecil yang menghiasinya. Selain itu, ada 30 jenis ikan yang menghuni danau ini, 4 di antaranya hanya bisa ditemukan di sini, yaitu ikan gabus, ikan pelangi, ikan pelangi merah, dan hiu gergaji! 
4. Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuhan Kelambu, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Bisa ditebak, namanya diambil dari airnya yang begitu bening dan mengkilap selayaknya cermin. Untuk mencapai tempat ini, kita harus terbang ke Berau via Balikpapan, lalu menempuh perjalanan darat ke Biduk-biduk. Iya, memang perjalanannya panjang. Namun, setibanya di sana kamu akan langsung disambut oleh air sebiru safir yang mempesona Sungguh pemandangan yang memukau! Lihat saja bagaimana kapan yang merapat terlihat melayang karena airnya begitu bening. Tempat ini juga jadi spor favorit untuk snorkeling dan berenang. Uniknya lagi, air di danau ini terdiri dari 2 lapisan, yakni air tawar di permukaan, dan air asin di dasarnya. 😮 
5. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak sudah tidak asing di kalangan para pendaki Gunung Rinjani. Para pendaki biasanya bermalam di pinggir danau ini sebelum melanjutkan perjalanannya ke puncak gunung. Lokasinya berada di desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dari kejauhan, danau ini berwarna sebiru samudera. Dari sinilah nama Segara Anak berasal, yakni lautan (segara) dalam bahasa Jawa. Selain melihat birunya air, suasana di Danau Segara Anak pun semakin indah dengan pemandangan Gunung Baru Jari dari kejauhan. Selain itu, di dekatnya pun ada mata air panas Air Kalak yang dipercaya oleh warga lokal mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Apapun ceritanya, pemandangan danau ini saja sudah cukup untuk menjadikan Danau Segara Anak sebagai destinasi liburan selanjutnya!
6. Danau Ranu Kumbolo
Danau ini memang sudah menjadi primadona di kalangan pendaki gunung. Namun, pamornya semakin menjadi setelah film layar lebar berjudul 5cm menunjukkan keindahan Ranu Kumbolo dalam adegannya. Nama lainnya adalah surga Semeru karena berada di kaki Gunung Semeru. Keindahannya membuat danau ini menjadi lokasi favorit anak gunung untuk beristirahat dan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan.  Satu-satunya cara untuk mencapai danau ini adalah lewat jalur pendakian jalan kaki dari desa Ranu Pani. Jarak dan waktu tempuhnya memang tidak singkat, sekitar 3,5-5 jam berjalan kaki. Karenanya, tak heran jika para pendaki memilih untuk bermalam disini. Berkunjung ke sini artinya kamu harus siap berkemah, jadi kecil kemungkinan kamu tidak menginap. Siapkan diri dengan peralatan mendaki dan pakaian hangat yang cukup. #HHWT Tip: Untuk keperluan toilet, pendaki disarankan membuat lubang galian dengan jarak minimal 15 meter dari bibir danau. Sementara untuk pendaki wanita, pengelola sudah menyiapkan toilet. Hanya saja, kita harus membawa air sendiri ketika akan menggunakannya.
7. Danau Bratan
Nah, danau ini cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan santai menikmati pemandangan tanpa harus menyiapkan peralatan khusus (selain kamera dan kostum yang keren untuk berfoto).  Danau Bratan terletak si kawasan Bedugul, Bali dan menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan yang datang ke Bali. Udaranya sejuk, cocok untuk dinikmati sambil berjalan santai ataupun naik perahu. Di tengah danau ini terdapat sebuah tempat ibadah, yakni Pura Ulun Danu. Kalau kamu merasa tidak asing dengan pemandangannya, kamu tidak sendirian. Pemandangan Pura Ulun Danu yang ada di Danau Bratan ini memang terlukiskan dalam lembaran mata uang Rp 50.000. Setelah sekian lama hanya melihat versi uang kertanya, kini kamu bisa melihat pemandangannya langsung! 😍
8. Telaga Warna
 Dataran tinggi Dieng bukan hanya dikenal karena suasananya yang dingin dan kentangnya yang lezat, melainkan juga karena pemandangan alamnya yang mempesona. Salah satunya adalah Telaga Warna. Lokasinya berada sekitar 26 kilometer dari pusat kota Wonosobo dengan ketinggian 2000 mdpl. Bukit-bukit di sekelilingnya pun menambah keindahan pemandangan danau ini.  Sesuai namanya, air danau ini memang kerap berubah-ubah warna. Bukan sulap bukan sihir, fenomena alami ini terjadi karena kandungan sulfur air danau yang bereaksi dengan sinar matahari. Waktu terbaik untuk datang ke danau ini adalah pada pagi dan siang hari karena kabut biasanya menyelimuti kawasan ini saat matahari mulai condong ke barat.
9. Situ Patenggang
Suasananya yang sejuk dan lokasinya yang mudah dijangkau di Ciwidey membuat Situ Patenggang jadi salah satu lokasi wisata danau favorit di Indonesia. Selain pepohonan yang rimbun, danau ini juga dikelilingi oleh kebun teh Rancabali.  Awalnya, Situ Patenggang merupakan bagian dari cagar alam. Namun, kini sudah resmi dikelola sebagai tempat wisata sehingga fasilitasnya untuk pengunjung pun semakin lengkap. Ada begitu banyak cara untuk menikmati keindahan Situ Patenggang. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke Pinisi Resto. Restoran berbentuk kapan laut ini berada di tepi danau dan menawarkan pemandangan indah kebun teh dan hamparan danau yang luas. Sambil menikmati suasanya, pengunjung pun bisa makan siang atau minum kopi hangat di restoran ini.  #HHWT Tip:  Satu lagi cara untuk menikmati suasana Situ Patenggang adalah dengan glamping! Itulah dia beberapa danau terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi usah pandemi nanti. Ketika kondisi semakin membaik dan kita sudah bisa jalan-jalan lagi, jangan lupa untuk terus menerapkan jarak sosial dan protokol kesehatan. Selalu bekali diri dengan perlengkapan kebersihan sendiri seperti masker, hand sanitizer, dan tisu antiseptik saat bepergian. 👍🏻 Baca juga perkembangan soal destinasi wisata domestik maupun internasional dalam artikel berikut ini: