icon
icon
article hero

10 Alasan untuk Tetap Liburan ke Jepang Usai Pandemi Nanti

AvatarName

Tiara  •  Jun 10, 2020

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Faruq Senin. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Informasi yang tertera di bawah ini akurat dan sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jepang adalah destinasi liburan impian banyak orang. Meski saat ini kondisi belum memungkinkan untuk pergi ke sana, rencana untuk liburan ke Jepang yang tertunda tetap ada. Bukan hanya karena restoran halal yang semakin banyak, liburan ke Jepang juga mudah karena akses transportasi publiknya yang teratur. Meski kini belum ada tanda-tanda wisatawan asing boleh datang, ada begitu banyak alasan untuk tetap berlibur ke Jepang usai pandemi nanti. Inilah 10 di antaranya yang telah dirangkum oleh tim HHWT!
1. Makanan Jepang autentik yang halal
Sekarang sudah semakin banyak pilihan makanan halal untuk para traveller Muslim di Jepang. Ini pun bukan hanya di kota besar seperti Tokyo, namun juga area pinggiran seperti di dekat Gunung Fuji. Di Tokyo sendiri ada Ayam-Ya dan berbagai kedai ramen halal serta wagyu halal Yakiniku Panga. Percaya deh, sekali kamu coba makanan Jepang di negara aslinya, kamu pasti ketagihan.
Sekarang juga sudah banyak makanan Jepang lain yang halal. Misalnya, kari Coco Ichibanya halal di Shinjuku, restoran sushi halal di Asakusa, bahkan daging premium Kobe halal ! Baca dan simpan artikel ini sebagai panduan makan ketika liburan ke Jepang nanti: 
2. Pemandangan alam yang indah
Keempat musim di Jepang punya pesona tersendiri dan menjadikan Jepang destinasi wisata yang ideal sepanjang tahun. Selain Gunung Fuji yang megah, Danau Kawaguchi juga menawarkan pemandangan indah dengan gunung api dan dikelilingi oleh 5 danau lainnya. Selain itu, ada hutan bambu Arashiyama yang romantis, pegunungan bersalju di Hokkaido, dan pantai Okinawa yang mempesona. Ketika liburan ke Jepang nanti, kamu bisa pergi ke daerah yang belum terlalu ramai seperti Tohoku dan Jepang bagian Barat. Cek juga itinerary berikut ini untuk melihat sisi lain Jepang:
3. Melihat sakura
Setiap tahunnya, wisatawan datang ke Jepang untuk melihat bunga sakura yang bermekaran. Pengalaman hanami (cara orang Jepang menikmati mekarnya sakura) dan festival bunga sakura di sana memang boleh terlewatkan! 😍 Saat liburan nanti, jangan lupa untuk piknik di Taman Shinjuku Gyoen atau Taman Ueno untuk melihat sakura! Simpan panduan ini untuk pengalaman hanami melihat sakura saat liburan ke Jepang:   
4. Budaya dan sejarah Jepang yang kaya
Kebudayaan Jepang memang menarik dan membuka wawasan kita! Berbagai istana, kuil, dan museum yang ada di Jepang adalah saksi sejarah perkembangan Jepang. Kamu bahkan bisa mengikuti upacara minum teh kuno sejak zaman Buddha Zen di sini! 😲 Beberapa tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi antara lain Istana Himeji, Todai-ji, Kuil Itsukushima, dan Kuil Nikko World Heritage.
5. Taman bermain yang seru
Kredit: Eugune Phoen di Flickr Setidaknya ada 3 taman bermain di negara ini, yaitu Universal Studio Japan, Tokyo Disneyland, dan Tokyo Disneysea. Kalau ada kesempatan, ketiga taman ini wajib dikunjungi saat liburan ke Jepang. Untuk para Potterhead, kamu wajib mencoba wahana Wizarding World of Harry Potter di Univeral Studios Japan. Kamu pun bisa minum Butterbeer (non alkohol) dan mencoba jubah Hogwarts di sini. Untuk kamu yang suka roller coaster, jangan lewatkan Fuji-Q Highland yang seru! Cek juga beberapa tips ramah Muslim ketika berkunjung ke taman bermain ini:
6. Masyarakat lokal yang ramah dan santun
Keramahan orang Jepang adalah satu hal yang paling dirindukan oleh para wisatawan yang pernah ke negeri sakura. Meski terkendala bahasa yang berbeda, mereka tidak segan untuk membantu wisatawan yang membutuhkan. Sopan santun dan kerendahan hati memang menjadi karakter khas orang Jepang yang terlihat dari cara mereka memperlakukan konsumen. Salah satu bentuknya adalah dengan membungkuk.
7. Berbelanja di pusat perbelanjaan Jepang
Kredit: Dick Thomas Johnson di Flickr Tidak lengkap rasanya bicara soal Jepang tanpa belanja. Kamu bisa menemukan apapun yang kamu butuhkan di Jepang, mulai dari merek mewah sampai belanja murah di swalayan. Beberapa toko favorit kami adalah Don Quijote, Daiso, dan toko 100 yen. Tidak lupa juga berbagai skincare dan make up murah. Untuk pakaian dan aksesoris, kamu bisa belanja di UNIQLO, GU, MUJI, dan beberapa toko lain yang tak kalah menarik, Untuk kamu yang mencari alat tulis, Tokyu Hands dan LOFT adalah pilihan yang tepat. Cek juga beberapa panduan belanja di Jepang berikut ini:
8. Toko serba ada Jepang (Konbini)
 Toko serba ada (konbini) di Jepang adalah harta karun tersembunyi! Buka 24 jam dan menjual hampir semua barang, mulai dari makanan, obat-obatan, sampai kosmetik! Kamu pun bisa berhemat dengan membeli makanan di konbini. Lihat juga panduan jajanan ramah Muslim yang bisa kamu temukan di konbini Jepang: 
9. Kebersihan dan keteraturannya
Jepang punya standar yang tinggi soal kebersihan dan keteraturan. Hal itu pun terlihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Karena itulah liburan ke Jepang terasa nyaman, bahkan ketika bepergian pada jam sibuk sekalipun. 😊 Kalau kamu perhatikan, tidak banyak tempat sampah di jalanan Jepang, namun lingkungannya tetap bersih!
10. Transportasi publik yang efisien
Siapapun yang pernah ke Jepang akan tahu betapa efisien sistem transportasi publiknya. Tidak diragukan lagi, sistem kereta, subway,  dan busnya saling terkoneksi dengan semua daerah di negara ini. Meski sistem keretanya kompleks dan terlihat membingungkan, pelayanannya benar-benar bagus. Contohnya kereta shinkansen yang selalu datang tepat waktu. Jangan sampai tidak mencoba naik kereta ini saat liburan ke Jepang! Membaca artikel ini pun membuat kita semakin kangen liburan ke Jepang. Sambil menunggu kondisi aman, susun saja rencana liburan ke Jepang dahulu dengan berbagai panduan dari HHWT. Semoga kondisi segera membaik dan kita bisa melanjutkan perjalanan ke Jepang yang tertunda!