icon
icon
article hero

Unik dan Lezat, 7 Kuliner Khas Lombok yang Sulit Ditemukan di Tempat Lain

AvatarName

Tiara  •  Aug 26, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Mencoba kuliner Lombok tentu menjadi aktivitas yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Pulau Seribu Masjid ini. Selain dikenal akan panorama alamnya, Lombok juga menyimpan kekayaan kuliner yang beragam. Perpaduan bumbu yang berani dan bahan-bahan eksotis pun menjadikan kuliner Lombok bukan hanya lezat, tapi juga unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Pilihannya begitu banyak, tapi ada beberapa kuliner Lombok yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.
Bebalung Kuda
Kuliner Lombok satu ini mirip dengan gulai atau olahan daging pada umumnya. Bedanya, bebalung terbuat dari daging kuda. Makanan berkuah ini juga dipercaya sebagai obat malaria oleh masyarkat lokal. Untuk kamu yang menyukai kuliner unik, rasanya yang lezat saja sudah cukup untuk menjadikannya kuliner Lombok yang wajib dicoba. Bebalung kuda juga tidak banyak ditemukan di luar Pulau Lombok.
Sayur Ares
Supaya seimbang, jangan lupa makan sayur ya. Kuliner Lombok ini adalah sayur yang berbahan dasar pelepah pisang. Tapi bukan sembarang pisang, pelepah yang digunakan harus berasal dari pohon pisang kepok atau pisang raja. Rasanya sendiri mirip dengan kuah kari, namun ada tekstur unik dari pelepah pisang yang dimasak.
Beberuk Terong
 Kuliner Lombok lain yang juga sehat karena terbuat dari sayuran adalah beberuk terong. Biasanya, masakan ini disajikan sebagai pendamping makan nasi dan lauk. Terong yang digunakan adalah terong hijau yang renyah. Rasanya tentu pedas karena dibuat dengan bumbu cabai, bawang, kencur, terasi, dan segarnya perasan jeruk limau. Makanan ini pun bisa dijadikan pengganti sambal. 
Plecing Kangkung
Tidak kalah sehat, kuliner Lombok tentu tidak lengkap tanpa plecing kangkung. Makanan sederhana ini adalah kangkung rebus yang disiram dengan sambal plecing dan taburan kacang tanah goreng. Ketika dimakan, kangkung yang berair berpadu dengan pedasnya sambal dan renyahnya kacang. Bayangkan saja kenikmatannya!
Sate Tanjung
Indonesia memang dikenal dengan aneka sate khas Nusantara. Salah satunya adalah sate Tanjung yang merupakan kuliner Lombok favorit banyak orang. Tidak seperti sate Madura atau sate Padang, sate Tanjung tidak disajikan bersama bumbu. Sate berbahan dasar ikan laut ini dibumbui sambil dibakar dan dimakan begitu saja (tentu dengan nasi!). Bumbu rempahnya melengkapi rasa manis ikan segar dan dijamin tidak cukup satu tusuk kalau makan sate Tanjung.
Sate Rembiga
 Sama seperti sate Tanjung, sate Rembiga juga disajikan polos tanpa bumbu tambahan. Jangan salah, kuliner Lombok yang satu ini sudah kaya rasa dengan bumbu pedas gurih yang nikmat. Jangan khawatir tekstur sate akan liat atau hambar karena dalam pembuatannya sate Rembiga telah dimarinasi dan ditumbuk sebelum dibakar. Hasilnya? Potongan daging lembut nan gurih yang bikin ketagihan! 
Ayam Taliwang
Kuliner Lombok yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Kehadirannya bisa dengan mudah ditemui di kota-kota besar di Indonesia. Ayam Taliwang adalah ayam bakar dengan bumbu khas Lombok yang dominan rasa pedasnya. Bumbu pedas ini berasal dari campuran cabai, bawang, kemiri, terasi, dan manisnya gula merah. Ambil sepiring nasi hangat dan plecing kangkung sebagai pelengkap. Jangan jauh-jauh dari dapur, karena kamu pasti akan nambah. Kuliner Lombok unik ini harus kamu coba ketika berlibur ke sana. Meski ada beberapa yang bisa kamu temukan di ibukota, tidak ada yang bisa mengalahkan resep asli makanan khas Lombok yang dibuat di kampung halamannya sendiri. Simak juga rekomendasi wisata di Lombok lainnya dalam artikel berikut ini: