icon
icon
article hero

Selangkah Lebih Dekat dengan KEK Mandalika, Masa Depan Wisata Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Aug 19, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Nama Mandalika semakin dikenal karena menjadi lokasi proyek sirkuit internasional untuk MotoGP di Indonesia. Mandalika juga dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sehingga berbagai sarana seperti akses jalan dan kelistrikannya telah terfasilitasi dengan baik. Sebelum memesan tiket untuk liburan ke Lombok dan mampir ke Mandalika, mari melihat lebih dekat KEK Mandalika yang kini tengah hangat diperbincangkan.
Lokasi dan akses
KEK Mandalika berada sekitar 20 kilometer di selatan Bandara Internasional Lombok. Perjalanan bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit lewat jalur darat karena insfrastruktur jalan di sini sudah diaspal dengan baik. Dengan area seluas lebih dari 1.000 hektar yang menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika menawarkan pesona pantai dan alam bawah laut sebagai daya tarik utamanya. Selain wisata bahari, KEK Mandalika pun akan mengandalkan wisata budaya, misalnya upacara mencari cacing laut Bau Nyale yang diadakan setiap tahunnya.
Sirkuit MotoGP Mandalika
Salah satu proyek terbesar di KEK Mandalika adalah Sirkuit MotoGP Mandalika. Jika dilihat dari citra satelit, kondisi di area pembangunan sirkuit semakin memperlihatkan jalur balapan yang akan dipergunakan oleh para pebalap motor dari seluruh penjuru dunia. Hingga kini, proses pengerjaan Sirkuit Mandalika telah mencapai separuhnya dan ditargetkan bakal rampung pada pertengahan tahun 2021 mendatang.
Tempat wisata di Mandalika
Sebelum sirkuit tersebut selesaipun berbagai objek wisata sudah siap menyambut wisatawan. Lokasi KEK Mandalika yang berada di pesisir pun dianugerahi garis pantai berpasir putih yang indah. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Seger dan Pantai Serenting yang menjadi tempat diselenggarakannya upacara tahunan Bau Nyale. Selain kedua pantai tersebut, Pantai Mandalika juga mulai populer di kalangan wisatawan. Selain menikmati keindahan pantainya, tempat yang tidak kalah menarik di kawasan Mandalika adalah Bukit Merese. Bukit Merese merupakan salah satu tempat melihat sunset terbaik di KEK Mandalika, bahkan di seluruh Pulau Lombok. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Kuta Mandalika dan Pantai Tanjung Aan serta biasa dijadikan tempat menggembala ternak bagi warga lokal. Namun siapa sangka, bukit ini ternyata menyimpan pemandangan hijau yang berpadu dengan birunya laut yang mempesona.
Infrastruktur yang akan dibangun
Dalam pengembangannya, KEK Mandalika akan didukung dengan sejumlah infrastruktur penunjang pariwisata. Selain fasilitas gedung perkantoran dan jalanan kawasan dalam (sudah jadi sepanjang 4 kilometer!), kini pembangunan Masjid Mandalika pun tengah berjalan. KEK Mandalika juga akan dilengkapi dengan sistem Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) untuk mengolah air bersih. Sistem ini pun akan melengkapi pembangunan sejumlah akomodasi di KEK Mandalika, termasuk sejumlah hotel berbintang 5. KEK Mandalika semakin siap menjadi tuan rumah ajang balapan MotoGP. Di sisi lain, pengembangan infrastruktur pariwisatanya pundigarap dengan serius demi kenyamanan wisatawan. Kawasan ini pun bisa menjadi pilihan destinasi baru bagi kamu yang ingin liburan ke Lombok. Simak juga rekomendasi wisata di Lombok lainnya dalam artikel berikut ini: