icon
icon
article hero

Cocok untuk Pemula, Ini Jalur Sepeda di Jakarta untuk Gowes Weekend Ini

AvatarName

Tiara  •  Mar 01, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Jalur sepeda Jakarta bukan hanya bisa dinikmati oleh warga ibukota. Siapapun bisa gowes melewati jalur khusus pesepeda yang telah disiapkan. Pemprov DKI Jakarta bahkan berencana menjadikan ibukota sebagai kota ramah sepeda. Hal ini dilakukan dengan menambah jalur sepeda dengan target 600 kilometer dan menyediakan penyewaan sepeda di sejumlah titik.
Jalur khusus ini disiapkan untuk mengakomodasi kebutuhan para pesepeda yang semakin meningkat. Bersepeda kini bukan hanya dilakukan untuk olahraga, namun telah menjadi gaya hidup. Jika kamu baru mulai menyukai bersepeda dan ingin menjajal aspal ibukota, ada setidaknya 29 jalur sepeda Jakarta yang bisa kamu coba. Lebih baik lagi, beberapa di antaranya pun terintegrasi atau berada dekat dengan transportasi umum. Dengan demikian, kamu tidak perlu menggunakan mobil pribadi untuk menuju ke sana. Catatan: Transportasi publik di Jakarta (KRL Commuter Line, MRT, dan Transjakarta) hanya mengizinkan penumpang dengan sepeda lipat untuk naik.
Untuk kamu yang hendak bersepeda di kawasan Jakarta Selatan, ada lima jalur sepeda yang tersedia sebagai berikut: 1. Jalan Antasari 2. Jalan Cipete Raya 3. Jalan Kesehatan Raya 4. Jalan Tebet Barat Raya 5. Jalan Sultan Iskandar Muda Untuk menuju ke jalur sepeda ini, kamu bisa naik KRL Commuter  Line lalu turun di Stasiun Tebet, naikMRT dan turun di Stasiun Cipete Raya, atau naik Transjakarta Koridor 8 jurusan Harmoni-Lebak Bulus. Di Jakarta Timur, ada empat jalur sepeda yang tersedia: 1. Jalan Inspeksi BKT 2. Jalan Raden Inten 3. Jalan Bina Marga 4. Jalan RA Fadhilah Sebagai alternatif mobil pribadi, kamu bisa naik Transjakarta Koridor 11 untuk tiba di Jalan Raden Inten dan melanjutkan perjalanan dengan bersepeda. Sementara untuk kamu yang hendak bersepeda di kawasan Jakarta Barat, pastikan kamu menggunakan jalur sepeda dengan tertib. Ada tujuh jalur khusus pesepeda yang tersedia di kawasan ini, yakni sebagai berikut: 1. Jalan Gadjah Mada 2. Jalan Hayam Wuruk 3. Jalan Puri Harum 4. Jalan Puri Ayu 5. Jalan Puri Elok 6. Jalan Puri Ayu 1 7. Jalan Puri Molek 1 Selain dengan kendaraan pribadi, jalur sepeda Gadjah Mada dan Hayam Wuruk bisa dijangkau dengan Transjakarta Koridor 1 dan beberapa koridor lain yang melewati halte Harmoni. Sementara itu, jalur sepeda di kawasan Puri Indah cukup dekat dengan Transjakarta Koridor 8 (Halte Kebon Jeruk dan Kedoya) ataupun Stasiun Bojong Indah yang dilintasi KRL Commuter Line. Untuk kamu yang berdomisili di Jakarta Utara, kamu bisa mencicipi jalur sepeda di kawasan ini: 1. Jalan Danau Sunter Selatan 2. Sisi Inspeksi Kali Sunter RBS 3. Jalan Kelapa Hibrida 4. Jalan Pulau Maju Bersama 5. Jalan Benyamin Sueb Pademangan Timur 6. Jalan Arteri Pegangsaan Dua KawasanSunter dan Kelapa Gading bisa kamu jangkau dengan Transjakarta Koridor 10. Sedangkan jalur sepeda di Jalan Arteri Pegangsaan Dua cukup dekat dengan stasiun LRT. Jika kamu ingin bersepeda di Jalan Pulau Maju Bersama dan pantai reklamasi di sana, kamu bisa naik bus Transjakarta Koridor 1A yang melayani rute PIK - Balai Kota. Simak juga rekomendasi ide berwisata seru di Jakarta lainnya dalam artikel berikut ini: