icon
icon
article hero

Jajanannya Lengkap, Ini 6 Kawasan Kuliner di Jakarta yang Wajib Dicoba

AvatarName

Tiara  •  Mar 01, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan informasi saat artikel dipublikasikan. Salah satu hiburan paling menyenangkan yang bisa kamu lakukan di akhir pekan adalah berwisata kuliner di Jakarta. Selain pilihannya beragam, wisata kuliner di Jakarta pun berada di kawasan yang cukup mudah dijangkau. Kalau kamu ingin menikmati aneka makanan dalam satu tempat, lokasi wisata kuliner di Jakarta berikut ini tidak boleh luput dari daftar.
Jalan Sabang
Kawasan wisata kuliner di Jakarta satu ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan tetap menjadi favorit. Jalan Sabang atau yang kini dinamakan Jalan H. Agus Salim membentang sejauh 500 meter dan diapit jajaran pertokoan di kedua sisinya. Kemeriahan yang sesungguhkan mulai terasa ketika matahari terbenam. Deretan warung tenda pinggir jalan mulai dibuka dan menghadirkan puluhan opsi kuliner nikmat. Mulai dari Restoran Garuda hingga Bakmi Roxy, hampir semua makanan favorit ibukota bisa kamu temukan di sini.
Glodok
Kawasan pecinan ini bukan hanya memiliki suasana yang unik, namun juga menjadi destinasi wisata kuliner di Jakarta yang cukup populer. Meski mayoritas kulinernya non halal, ada beberapa kawasan di Glodok yang menyajikan makanan ramah Muslim legendaris. Beberapa yang patut dicoba adalah kuliner di Petak Sembilan, seperti Rujak Shanghai, Ketupat Gloria, dan Nasi Ulam Haji Nana. Kamu pun bisa mampir kekawasan Petak Enam untuk suasana yang lebih nyaman.
Pasar Baru
Selain dikenal karena pilihan toko tekstil yang melimpah, Pasar Baru juga merupakan kawasan kuliner di Jakarta yang menarik. Di sini, kamu bisa menemukan aneka makanan, mulai dari Cakwe Ko Atek, Bakmi Gang Kelinci, hingga Bistro Bakery yang legendaris.
Cipete
Jika kamu ingin berwisata kuliner di Jakarta sambil bekerja atau belajar, kamu bis langsung menuju kawasan Cipete. Sepanjang Jalan Cipete Raya, kamu bisa menemukan puluhan cafe yang nyaman. Mulai dari cafe ala Perancis hingga kedai bakmi dan dimsum, semua jenis makanan ada di kawasan ini.
Mangga Besar
Jika kamu ingin berwisata kuliner di Jakarta dengan tema makanan oriental, inilah tempat yang tepat. Selepas waktu Maghrib, warung tenda di kawasan ini mulai buka dan menawarkan aneka makanan lezat. Beberapa kuliner ramah Muslim yang wajib kamu coba di sekitar kawasan ini adalah Bubur Kwang Tung, Bakso A Kiaw, dan Kwetiau Sapi Mangga Besar 78 yang tersohor.
Blok M
Bukan rahasia jika kawasan Blok M merupakan gudangnya kuliner di Jakarta. Aneka restoran, mulai dari restoran Jepang, Korea, hingga nasi Padang dan ayam geprek bisa kamu temukan di kawasan ini. Area kulinernya pun terkonsentrasi di beberapa wilayah. Namun, yang paling sering dikunjungi adalah kawasan Blok M Square dan Jalan Panglima Polim. Jika kamusedang berada di sana, jangan lupa mampir keLittle Tokyo, nasi goreng kebuli Apjay, dan M Bloc untuk suasana nongkrong yang nyaman. Simak juga rekomendasi kuliner di Jakarta lain yang tidak kalah menarik dalam artikel berikut ini: