icon
icon
article hero

Menengok Kembali Suasana Peninggalan Kolonial di Batavia Marina Sunda Kelapa

AvatarName

Tiara  •  Jan 08, 2021

icon

Artikel ini ditulis oleh kontributor HHWT, Rakhmania Nur Iyayati. Artikel telah diedit untuk menyesuaikan panjang dan agar lebih jelas. Kamu bisa menggali pengalaman traveling Rantje lainnya lewat akun Instagram-nya @_insski. Pandemi Covid 19 belum berlalu, namun rasa penat dan jenuh karena slogan #dirumahsaja semakin memuncak. Namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kami masih bisa menikmati keseruan mencicipi atmosfer dan kuliner di Batavia Marina yang menyajikan suasana modern kolonial. Di tengah pandemi seperti ini, melakukan aktivitas ke luar rumah butuh modal yang lumayan. Menurut saya, modal paling penting adalah informasi mengenai kepastian akan keamanan dan protokol kesehatan di tempat tujuan, serta membawa peralatan sanitasi yang memadai masing-masing. Dengan begitu, setidaknya kita sudah melakukan upaya maksimal dalam menjaga protokol kesehatan. Sebelum pergi saya mencoba mencari tahu lewat instagram serta hotline langsung untuk memastikan bahwa protokol kesehatan di Batavia Marina memang baik. Dan satu hal yang penting bagi traveler Muslim adalah ketersediaan mushola.
Perjalanan menuju ke sana memakan waktu yang tidak lama karena jalanan kosong di era pandemi ini. Saya pun bisa sampai di daerah Pelabuhan Sunda Kelapa dengan bermodal Google Maps yang cukup jelas dan akurat. Alhamdulillah, sesampainya di Batavia Marina kondisinya sesuai dengan ekspektasi saya. Sebelum masuk, pengunjung harus dicek suhu badannya.Lebih baik lagi, semua kru di restoran menggunakan masker dan face shield. Restoran ini terbagi menjadi dua area, yaitu area indoor dan outdoor. Tentu, di era pandemi seperti ini saya memilih area outdoor yang luas dan pemandangannya langsung menghadap laut. Pemandangannya pun semakin unik karena banyaknya cruise yang sedang parkir. Wow, pemandangan yang sangat jarang saya temukan! Tidak lama setelah kami duduk, kru resto langsung memberikan menu makanan dan mencatat menu apa yang akan kami pesan. Kami pun memesan empat menu makanan utama dan empat  minuman. Ternyata kami mendapatkan empat makanan pencuci mulut gratis. Tak perlu menunggu lama, makanan kami datang dan rasanya pun enak. Kami makan dengan ditemani angin sepoi-sepoi yang amat sangat mendukung suasana.
Selesai makan, kru restoran mendatangi kami dan menyampaikan informasi mengenai fasilitas lainnya yang dimiliki Batavia Marina. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah island cruise. Eits, tapi kamu harus merogoh kocek yang lumayan untuk menikmati fasilitas ini. Harganya berada di kisaran Rp 600.000 per orang dengan fasilitas cruise, makan, dan live musicdi kapal. Wah, siap-siap menabung lagi ya untuk bisa merasakan sensasinya. Ketika tiba waktu sholat, kami menanyakan keberadaan mushola. Sebelum menuju mushola, lagi-lagi kami disuguhi berbagai benda koleksi serta interior BataviaMarina yang artistik dan bersejarah.
Kaca-kaca besar dengan perpaduan warna merah dan hijau menyala menjadi pemandangan yang menarik bagi pengunjung. Warna-warninya benar-benar bisa membuat kami kembali bersemangat. Tidak lupa maket beberapa kapal bersejarah milik pelabuhan yang juga indah untuk dipandang. Ukuran mushola di resto ini cukup besar dan nyaman, namun sangat disarankan untuk membawa peralatan ibadah masing- masing ya teman untuk meminimalisir penularan virus. Letak mushola yang berada di lantai dua membuat pengunjung juga bisa menikmati pemandangan laut dan mercusuar serta cruise yang berbaris panjang dari atas. Jika Anda datang di waktu matahari terbenam, mungkin pemandangan akan lebih eksotis lagi. Setelah selesai menikmati suasana di Batavia Marina, tiba saatnya untuk membayar. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 400.000 untuk empat orang, menurut saya harga tersebut sudah cukup sesuai dengan rasa makanan yang enak, tempat yang menarik, pelayanan yang baik juga pemandangan yang menakjubkan. Batavia Marina sangat bisa menjadi pilihan di wishlist traveling Anda di tahun ini. Ingat, lebih baik melakukan reservasi terlebih dahulu serta mempersiapkan peralatan pribadi agar resiko penularan virus semakin kecil. Semoga pandemi ini cepat berlalu ya teman, agar kegiatan traveling kita semakin menyenangkan. Batavia Marina Resto Alamat: Komplek Pelabuhan Sunda Kelapa, Jalan Raya Baruna Sunda Kelapa, Ancol, Jakarta Utara Nomor telepon: +6221 691 5599 atau +62813 2220 0987 Jam operasional: Setiap hari jam 11.00-20.00 Website | Facebook | Instagram Simak juga cerita dari kontributor HHWT lainnya dalam artikel berikut ini: