icon
icon
article hero

Seperti Apa Batas Timur, Barat, Utara dan Selatan NKRI? Ini Foto-fotonya

AvatarName

Sastri •  Aug 01, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau baik yang berpenguhuni maupun yang tidak. Selain itu, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim karena dua pertiga wilayahnya merupakan perairan. Layaknya negara lain, Indonesia juga memiliki wilayah perbatasan. Batas negara Indonesia bisa terbagi menjadi dua yaitu secara astronomis dan geografis. Secara astronomis, Indonesia terletak di antara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan serta di antara 95 derajat bujur timur dan 141 derajat bujur timur. Nah, sekarang mari kita bahas batas-batas Negara Kepulauan Republik Indonesia (NKRI) secara geografis. P.S. Beberapa info ini juga akan berguna untukmu!

Batas geografis NKRI

Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia, serta dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Lalu, apa saja perbatasan negara Indonesia dan seperti apa kondisinya?

Batas barat

Kredit: @macan_hitam12 di Instagram Bagian barat Indonesia adalah Samudera Hindia dengan batas wilayah pulau di sekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman. Pulau tersebut adalah Pulau Rondo (Indonesia) dan Pulau Nicobar (India). Pulau Rondo berada di sebelah utara Pulau Weh, di mana terdapat Tugu 0 Kilometer.

Batas timur

Kredit: @hotsbean80 di Instagram Bagian timur Indonesia berbatasan langsung dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik. Indonesia berbatasan langsung dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat: Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Batas utara

Kredit: @bengkulu_raflesia_king_comunity di Instagram Batas utara NKRI berada di Pulau Kalimantan. Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia bagian timur. Sementara itu di sisi lain, Indonesia bagian utara juga memiliki batas langsung dengan Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Batas selatan

Kredit: @iqbal_hasby di Instagram Di bagian selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste. Dulu negara ini merupakan bagian dari Indonesia namun akhirnya memisahkan diri pada 1999. Sementara itu perbatasan perairan bagian selatan Indonesia adalah Samudera Hindia.