icon
icon

Jalur Kereta Jarak Jauh Terganggu? Ini 6 Jadwal Bus Antar Kota yang Kamu Butuhkan!

AvatarName

Tiara  •  Feb 23, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Banjir yang melanda Kabupaten Bekasi dan sekitarnya turut merendam jalur kereta api jarak jauh PT KAI. Akibatnya, sebanyak lima belas perjalanan kereta pada hari Senin (21/2) pun dibatalkan. Meski kini perjalanan kereta api jarak jauh tersebut sudah kembali normal, tidak ada salahnya untuk mencari alternatif transportasi lain. Selain dengan kereta api, kamu pun bisa pergi ke destinasi yang sama dengan bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Berikut adalah jadwal keberangkatan bus AKAP dari Jakarta meuju kota-kota di Pulau Jawa yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif kereta api.
Bandung
Bus AKAP ke Bandung berangkat dari beberapa titik di Jakarta, di antaranya terminal Kampung Rambutan, Kali Deres, dan Tanjung Priok. Beberapa operator yang melayani rute ini antara lain MGI, Harum Prima, Arimbi, dan Prima Jasa. Jadwal keberangkatannya dimulai sejak pukul 4.00 hingga 21.00. dengan frekuensi 30-60 menit sekali. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 60-80 ribuan. Rute Bandung sendiri dioperasikan oleh cukup banyak operator bus dan travel. Dengan demikian, kamu bisa memilih mau naik bus atau mobil dari masing-masing pangkalan travel yang tersedia.
Tegal
Kereta tujuan Tegal juga terdampak oleh banjir Kabupaten Bekasi. Sebagai alternatif, kamu bisa naik bus AKAP menuju Tegal dari Terminal Pulo Gebang, Poris,Pasar Minggu, Kali Deres, atau Tanjung Priuk. Pilihan operator bus untuk rute ini pun cukup banyak, mulai dari Sinar Jaya, Dewi Sri, Laju Prima, hingga Agam Putra Pratama. Harga tiketnya cukup beragam, namun dimulai dari Rp 90.000.
Purwokerto
Untuk kamu yang ingin pergi ke Purwokerto, operator bus seperti Sinar Jawa, Dewi Sri, dan DMI siap mengantarkan kamu. Harga tiketnya mulai dari Rp 60.000 dengan jadwal keberangkatan rata-rata tiga kali di pagi hari dan tiga kali di sore hari. Bus AKAP menuju Purwokerto berangkat dari beberapa terminal yang ada di Jakarta, seperti Kampung Rambutan, Pulo Gadung, Pulo Gebang, Pasar Minggu, Kali Deres, dan Poris.
Solo
Selain naik kereta dan pesawat, kamu pun bisa pergi ke Solo dengan naik bus AKAP. Selain naik dari terminal-terminal besar di Jakarta, kamu pun bisa naik dari pangkalan agen bus. Harga tiketnya berkisar di Rp 120 ribuan, tergantung kelas dan fasilitas busnya.
Surabaya 
Kereta api jarak jauh tujuan Surabaya pun turut terdampak saat banjir beberapa waktu lalu. Jika kamu tidak ingin naik pesawat, ada banyak bus AKAP yang melayani rute Jakarta-Surabaya. Beberapa operator yang tersedia antara lain Sinar Jaya (dari Pulo Gebang, Pondok Cabe, Tanjung Priuk), Damri (dari Kemayoran), Haryanto (dari Pondok Cabe), hingga Safari Dharma Raya (dari Kebayoran Lama). Rata-rata frekuensikeberangkatan bus AKAP tujuan Surabaya dari masing-masing operator adalah dua kali sehari, yakni pagi dan sore. Harga tiketnya mulai dari Rp 250.000.
Malang
Meski jaraknya cukup jauh, naik bus ke Malang bisa menjadi sebuah pengalaman tersendiri. Dengan merogoh kocek mulai dari Rp 300.000, kamu bisa tiba di Malang. Beberapa operator bus yang melayani rute ini antara lain Gunung Harta (dari Rawamangun dan Pasar Minggu), Lorena (dari Pasar Minggu dan Lebak Bulus), dan Rosalia Indah (dari Pulo Gebang). Jadwal keberangkatan dari masing-masing operator rata-rata satu kali sehari dengan waktu yang berbeda-beda. Simak juga tips dan destinasi jalan-jalan lain yang tidak kalah menarik dalam artikel berikut ini: