icon
icon
article hero

5 Alasan untuk Mencoba Solo Traveling Paling Tidak Sekali Seumur Hidup

AvatarName

Tiara •  Sep 25, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Traveling bisa dilakukan dengan berbagai cara, dan solo traveling adalah salah satu yang paling menantang. Bayangkan saja datang ke sebuah tempat asing sendirian, dengan perbekalan seadanya, dan menghadapi segala kemungkinan yang ada. Tapi tunggu dulu, solo traveling tidak semenakutkan itu kok. Sebaliknya, ada banyak hal berguna yang bisa kamu dapatkan selama melakukan perjalanan solo. Justru solo traveling adalah sesuatu yang patut kamu coba paling tidak sekali seumur hidup. Tidak percaya? Simak dulu deh beberapa alasannya.
Keluar dari zona nyaman
Inilah salah satu alasan terbesar mengapa kamu harus coba solo traveling. Keluar dari rutinitas dan zona nyaman dengan solo traveling bukan hanya menyenangkan, tapi juga baik untuk perkembangan diri. Dalam perjalanan, kamu akan menemukan berbagai tantangan yang mungkin belum pernah kamu temui sebelumnya. Di sanalah kamu akan tertantang untuk menghadapi hal tersebut sendirian dengan segala tanggung jawab dan konsekuensinya.
Mengenal diri sendiri
Solo traveling juga akan membantu kamu lebih mengenal diri sendiri. Kamu akan terkejut ketika menyadari betapa banyak hal tentang diri sendiri yang baru terungkap ketika kamu solo traveling. Mulai dari makanan yang tidak kamu sukai, hal yang membuat kamu senang, sampai cara kamu menghadapi sebuah masalah dan menjaga diri. Tidak perlu berkecil hati jika tertimpa masalah ketika solo traveling, justru saat itulah kamu akan mengenali jati diri kamu yang sebenarnya.
Bebas menentukan tujuan
Mau bawa ransel atau koper, menginap di resort atau homestay, semua terserah kamu. Tidak perlu khawatir ada yang tidak nyaman atau tidak suka dengan restoran yang kamu pilih. Tidak ada juga yang akan memburu-buru kamu untuk lanjut ke destinasi selanjutnya. Semua lokasi, tempat makan, sampai durasi kunjungan bebas kamu tentukan sendiri. Solo traveling memberikan kesempatan untuk liburan sesuai dengan keinginan kamu sendiri.
Mengenal orang baru
Solo traveling bukan berarti kamu harus tetap sendirian selama perjalanan. Karena pergi sendiri, kamu mungkin akan butuh bantuan orang lain untuk berfoto atau menanyakan alamat. Inilah kesempatan bagi kamu untuk berinteraksi dengan warga lokal dan berkenalan dengan mereka. Jangan lupa untuk bertukar kontak atau akun media sosial untuk bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik setelah perjalanan berakhir.
Lebih hemat
Karena pergi sendirian, tentu saja anggaran bisa ditekan. Kamu bisa mengambil opsi paling murah tanpa takut mengorbankan kenyamanan orang lain. Biaya menginap dan makan pun bisa kamu atur sehemat mungkin sesuai kebutuhan. Solo traveling juga akan melatih kamu untuk mengatur keuangan dengan bijak selama perjalanan. Dengan perencanaan yang tepat, siapapun bisa menikmati solo traveling dengan aman. Terlebih saat ini dilarang berkerumun dan dianjurkan untuk menjaga jarak di manapun berada. Solo traveling bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin berwisata dengan aman dan tenang usai pandemi nanti. Butuh inspirasi untuk itinerary solo traveling? Coba simak beberapa artikel berikut ini: