icon
icon
article hero

5 Kampung Warna Warni di Nusantara untuk Para Pecinta Selfie

AvatarName

Tiara  •  Sep 21, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Kampung warna-warni adalah salah satu daya tarik wisata tersendiri dalam sebuah daerah. Mengunjungi pemukiman aneka warna ini bisa jadi ide liburan menarik. Selain karena kreatifitas warganya, kampung warna warni pun layak diapresiasi karena transformasinya. Sebagian besar kampung warna warni ini tadinya merupakan pemukiman yang kurang terawat di bantaran sungai. Berkat kerja sama warganya, kampung warna warni pun kini jadi lokasi wisata Instagramable favorit wisatawan. Di Indonesia sendiri, ada beberapa wilayah yang memiliki kampung warna warni. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa kamu kunjungi.
Kampung Jodipan, Malang
Kawasan yang tadinya berupa pemukiman kumuh ini sekarang telah menjadi kampung selfie yang Instagramable bagi para turis yang datang ke kota Malang. Selain itu, ada pula beberapa lokasi menarik untuk berfoto, seperti Lorong Payung dan Lukisan 3D. Ada 2 kampung yang menjadi bagian dari Kampung Warna Warni, yakni Kampung Jodipan dan Kampung Tridi yang dihubungkan oleh jembatan kaca Ngalam Indonesia. Tidak kalah cantik dengan Busan Cultural Village kan?
Kampung Jetisharjo, Yogyakarta
Sebelum disulap menjadi kampung warna warni, kawasan ini dikenal sebagai pemukiman kumuh. Kini, berbagai warna rumah yang serasi ini menjadi pemandangan indah yang bisa dinikmati dari atas jembatan Gondolayu. Kampung warna warni ini diprakarsai oleh arsitek Romo Mangunwijayabersama sejumlah mahasiswa yang menatanya ulang pada tahun 1980an. Setelah tertata rapi, pada tahun 2015 tembok dan atap rumah-rumah di sini mulai dicat dengan berbagai warna hingga menjadi seperti saat ini.
Kampung Kaliwerno Bejalen, Ambarawa
Kampung warna warni ini mulai menjadi destinasi wisata sejak tahun 2017. Sebelumnya, Desa Bejalen sendiri merupakan sebuah daerah yang terisolir karena akses jalannya yang buruk. Setelah diperbaiki, kampung ini mulai terbuka dan ramai oleh pengunjung yang datang untuk memancing. Kampung ini pun semakin ramai setelah warganya sepakat mengecat pemukiman ini dengan berbagai warna. Bukan hanya jadi destinasi untuk memancing, desa ini kini jadi sasaran untuk para pecinta selfie.
Kampung Teluk Seribu, Balikpapan
Kampung warna warni ini adalah gerbang menuju kawasan wisata mangrove Teluk Seribu. Inisiatif untuk membuat kampung warna warni ini datang dari warga setempat yang ingin mengembalikan masa jaya kampung seperti di masa lalu. Ratusan relawan pun bergotong royong mengecat kawasan ini dengan warna-warna cerah. Kini, kamu akan dimanjakan dengan suasana ceria di kampung ini sebelum menikmati keindahan alam dan bertemu dengan bekantan di hutan mangrovenya.
Kampung Katulampa, Bogor
Pemukiman di pinggir sungai Kali Baru ini dipenuhi mural warna warni yang artistik. Uniknya, kampung warna warni yang satu ini bukan hanya menawarkan pemandangan indah, namun juga keseruan river tubing. Aliran sungai di kampungini bersih dan tidak terlalu dalam sehingga aman diarungi menggunakan ban karet. Setelah mengarungi sungai sepanjang 500 meter, kamu pun bisa beristirahat sambil jajan di warung milik warga sekitar. Jangan khawatir, meski berada di pemukiman warga, di sini pun sudah tersedia kamar bilas. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ada begitu banyak pilihan destinasi di dalam negeri yang bisa kamu pilih. Wisata alam, kuliner, ataupunselfie, selalu ada hal seru yang bisa kamu temukan di Indonesia. Simak juga inspirasi liburan domestik lainnya dalam artikel berikut ini: