icon
icon
article hero

11 Tempat Wisata di Medan dan Sekitarnya, Unik Banget Buat Liburan!

AvatarName

Tiara •  Sep 03, 2022

icon

Selain dikenal sebagai kota bisnis dan kuliner, ada banyak tempat wisata di Medan yang bisa kamu kunjungi. Namun, jangan puas hanya berkunjung ke pusat kota Medan karena Sumatera Utara punya segudang pesona yang siap untuk dieksplor. Bukan hanya Danau Toba, ada banyak lokasi wisata alam di Medan yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari bermain dengan gajah, mengunjungi tempat tinggal orang utan, sampai melihat pertemuan air terjun dan laut, inilah tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang patut kamu kunjungi!

Tempat wisata di Medan

Istana Maimun

Istana Maimun adalah salah satu tempat wisata di Medan yang ikonik. Istana yang berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso ini merupakan istana Kesultanan Deli yang dibangun pada tahun 1891. Di istana ini, kamu bisa melihat karya arsitektur yang memadukan gaya Melayu, Spanyol, India, Belanda, bahkan Italia. Di sini pun kamu bisa berfoto dengan menggunakan pakaian ala raja dan permaisuri Melayu.

Masjid Raya Al Mashun

Masjid berusia 111 tahun ini adalah tempat wisata di Medan yang gratis dan tidak boleh kamu lewatkan. Gaya arsitekturnya kental dengan nuansa Timur Tengah, India, dan Spanyol dan menjadi saksi kejayaan Melayu pada zaman Kesultanan Deli. Bangunannya berbentuk persegi 8 dengan berbagai detail menarik. Misalnya sebuah beranda yang menjorok keluar di salah satu sisinya, kaca patri peninggalan Art Nouveau, hingga pelatarannya yang luas dan berlapis keramik.

Tjong A Fie Mansion

Salah satu tempat  wisata di Medan yang unik adalah Tjong A Fie Mansion. Rumah mewah berlantai 2 yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 105 ini adalah milik seorang saudagar asal China yang memiliki perkebunan di Medan. Kini, rumah Tjong A Fie menjadi salah satu bangunan bersejarah yang bisa kamu singgahi untuk melihat potret kehidupan masa lalu di kota Medan. Faktanya, keturunan Tjong A Fie pun masih tinggal di bagian belakang kompleks rumah ini.

Kampung Madras/Kampung Keling

Tempat wisata di Medan yang gratisa dan jarang diketahui orang adalah Kampung Madras. Wilayah ini dulunya merupakan kawasan tempat tinggal etnis India di Medan. Kini, orang-orang menyebutnya sebagai kawasan Little India. Kampung yang berada di Jalan Teuku Cik Ditiro, Madras Hulu ini masih memiliki sejumlah landmark khas India, salah satunya kuil Shri Mariamman yang digunakan sebagai tempat ibadah.

Rahmat Museum & Gallery

Kamu juga bisa melihat aneka satwa di Medan. Caranya dengan datang ke Rahmat Museum & Gallery di Jalan S. Parman No. 309, Medan. Di tempat wisata di Medan ini, kamu bisa melihat lebih dari 2.000 spesies satwa yang telah diawetkan. Selain melihat koleksinya, kamu pun bisa belajar tentang satwa yang ada di sini!

Tempat wisata di sekitar Kota Medan

Tangkahan

Ekowisata Tangkahan semakin populer ketika muncul dalam video musik Adu Rayu milik Tulus dan mendiang Glenn Fredly. Dari sekian banyak aktivitas alam yang tersedia di kawasan ini, memandikan dan bermain dengan gajah adalah yang paling favorit. Tangkahan memang tempat penangkaran gajah Sumatera. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati selama beraktivitas dengan para gajah. Meskipun jinak, tenaganya tetap besar dan kamu wajib memperlakukan mereka dengan lembut.

Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah salah satu pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser yang paling populer. Kawasan ini juga merupakan habitat asli orangutan. Salah satu kegiatan favorit wisatawan di sini adalah jungle trekking ke habitat orang utan dan mengarungi jeram di Sungai Bahorok. Usai puas mengamati orangutan, kamu bisa beristirahat sambil mendinginkan diri di aliran sungai yang sejuk.

Pulau Mursala

Pulau yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias ini mencuri perhatian sejak menjadi salah satu lokasi shooting film Kingkong tahun 2005. Air terjun setinggi 30 meter ini mengalir dari tebing Pulau Mursala dan langsung jatuh ke laut. Sebuah pemandangan alam yang jarang ditemukan di tempat lain di dunia.

Berastagi

Bergeser sedikit ke selatan kota Medan, kamu akan tiba di kota Berastagi. Selain dikenal karena buah jeruknya, Berastagi juga memiliki keindahan alam yang termahsyur. Salah satunya adalah Air Terjun Sikulikap yang berada di tengah hutan cemara. Air terjun ini adalah bagian dari aliran air di kawasan ekosistem Gunung Leuser.

Simalungun

Salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Simalungun adalah Kawah Putih Tinggi Raja yang akan mengingatkan kita kepada kawah Pamukkale di Turki. Kombinasi bukit kapur putih, air kebiruan, dan hutan lindung nan hijau ini akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Tempat ini pun belum banyak diketahui orang sehingga suasananya masih sepi.

Pulau Samosir

Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba ini memang telah menjadi magnet tersendiri bagi pariwisata di Sumatera Utara. Salah satu tempat wisata yang menarik di pulau ini adalah Pusuk Buhit, sebuah bukit dimana kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba yang megah. Selama pendakian, kamu pun bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang ada di sana, seperti situs Batu Hobon dan pemandian Aek Sipitu Dae. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan logistik sebelum kamu berangkat mendaki ya. Simak juga rekomendasi seputar wisata di Medan dan sekitarnya dalam artikel berikut ini: