icon
icon
article hero

7 Alasan Mengapa Kamu Wajib Wisata ke Nusa Dua Bali

AvatarName

Tiara  •  Jul 22, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bicara soal liburan ke Bali, Nusa Dua mungkin tidak sepopuler Kuta atau Ubud. Kawasan berupa tanjung yang berada di pesisir selatan Pulau Dewata ini dikenal dengan deretan hotel dan resort mewah bertaraf internasional. Luasnya lebih dari 350 hektar dan berjarak sekitar 22 kilometer dari Denpasar. Meski identik sebagai kawasan mewah dan mahal, para wisatawan masih antusias untuk menjelajahi Nusa Dua. Nyatanya, Nusa Dua memang menyimpan begitu banyak hal yang bisa dieksplor. Masih belum percaya? Inilah beberapa alasan kamu harus ke Nusa Dua ketika berlibur ke Bali nanti.
1. Daerah percontohan new normal pariwisata Indonesia
Kementerian Parekraf berencana menjadikan kawasan Nusa Dua sebagai pilot project penerapan program kenormalan baru pariwisata. Hal ini mempertimbangkan fasilitas pendukung yang ada di sana, mulai dari akomodasi, objek wisata, hingga rumah sakit berskala internasional. Selain itu, lokasinya pun tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai Bali. Otomatis, daerah ini akan menjadi salah satu yang paling siap untuk kembali menerima wisatawan.
2. Mencoba serunya water sport
Satu hal yang wajib dicoba dan tidak banyak tersedia di tempat lain di Bali adalah olahraga air atau water sport. Di Nusa Dua, olahraga ekstrim di air yang tersedia lebih dari sekedar naik jetski atau banana boat!
 Salah satu yang wajib dicoba adalah merasakan sensasi terbang ala Iron Man dengan naik   jet pack! Jet berkekuatan besar ini akan mendorong kamu terbang di atas air sambil ditarik dengan kapal. Sepertinya memang sulit, tapi sekali kamu menemukan celahnya, olahraga ini bikin ketagihan! Kalau kamu lebih suka yang tidak terlalu menegangkan, kamu bisa mencoba sea walking. Sesuai namanya, kamu akan diajak berjalan di dasar laut sambil dikelilingi ikan-ikan. Jangan khawatir, kamu tetap bisa bernapas dengan mudah karena menggunakan helm khusus.
3. Pantai-pantai istimewa
Lokasinya yang berada di pesisir selatan membuat Nusa Dua dianugerahi garis pantai yang menawan. Kondisinya pun lebih sepi pengunjung, jadi kamu bebas menikmati birunya laut dan pasir putih dengan leluasa. Salah satu pantai (atau tebing) yang wajib dikunjungii adalah Pantai Waterblow. Di sini kamu tidak akan melihat pasir putih ataupun ombak yang berkejaran, melainkan deburan ombak ganas yang menghempas tebing karang dan menimbulkan semburan air raksasa. Siap-siap basah ya kalau mampir ke sini! Pantai lain yang tidak kalah unik adalah Pantai Geger. Dibalik pasir putih dan birunya laut, kawasan ini pun merupakan bagian dari wilayah desa rumput laut milik warga lokal. Kalau kamu datang di waktu yang tepat, kamu bisa melihat para petani yang sedang panen rumput laut.
4. Safari pantai naik unta
 Pengalaman unik ini hanya bisa kamu temukan di Nusa Dua. Untuk mencobanya, kamu cukup menggunakan jasa operator tur dan mereka akan menyiapkannya untuk kamu. Sebelum menaiki unta, kamu diperbolehkan untuk memberi makan unta terlebih dahulu untuk membangun interaksi. Setiap tamu akan ditemani oleh pawang unta untuk memandu mulai dari naik hingga saat berada di atas unta. Kamu bisa merasakan uniknya pengalaman naik unta di tepi pantai selama satu jam dan jangan lupa berfoto ya! 
5. Menikmati pertunjukan seni budaya 
Bukan hanya menikmati keindahan alamnya, kamu pun bisa menikmati pertunjukan seni budaya dan mempelajari sejarah di Nusa Dua! Caranya? Tentu saja dengan menonton pertunjukan Devdan Show di Bali Nusa Dua Theatre. Devdan Show adalah sebuah pertunjukan seni kontemporer yang memadukan berbagai tarian tradisional dari seluruh Indonesia. Para penari ini juga menampilkan keahlian akrobatiknya! Kalau kamu ingin menikmati karya seni dari berbagai seniman Asia Pasifik, kamu bisa berkunjung ke Museum Pasifika. Di sini ada ribuan koleksi karya seni dari berbagai negara. ada 11 ruangan di museum ini yang dibagi berdasarkan negara asal seniman. Sebuah pilihan wisata yang unik di Bali!
6. Menikmati relaksasi di spa
 Usai seharian jalan-jalan, refleksi dan memanjakan diri di spa adalah pilihan yang bijak. Ada begitu banyak spa di Nusa Dua yang bisa kamu pilih. Mulai dari yang berada di dalam resort maupun yang berdiri sendiri. Semua menawarkan spa ala Bali yang menenangkan dan menggunakan bahan-bahan alami. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan selera dan dompet kamu. 
7. Menginap di resort berbintang terbaik
Kalau kamu sengaja ke Bali untuk rehat sejenak dan ingin menikmati pelayanan prima, Nusa Dua adalah tempat yang tepat. Puluhan resort mewah ada di sini dan sudah menunggu kedatangan kamu. Mulai dari yang berada tepat di pinggir pantai, kolam renang super luas, hingga punya restoran di bawah air! Semua hal menyenangkan ini bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke nusa Dua Bali. Bukan hanya liburan, kunjunganmu ke Bali dan destinasi domestik lain di tanah air juga membantu industri pariwisata di Indonesia kembali pulih. Pelan tapi pasti, berbagai pihak terus berupaya untuk terus menumbuhkan kepercayaan wisatawan untuk kembali ke Pulau Dewata. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat berlibur di sana ya! Simak juga informasi dan rekomendasi terkait pariwisata domestik lainnya dalam artikel berikut ini: