icon
icon
article hero

Berakhir Pekan dengan Wisata Murah di Bogor, Seharian Tidak Sampai Rp 200 Ribu!

AvatarName

Tiara  •  Oct 05, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Masih mencari-cari ide untuk kegiatan di akhir pekan? Mencoba wisata murah di Bogor bisa jadi jawabannya. Selain dekat dari ibukota dan mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi, kota Bogor juga punya banyak hal yang bisa dieksplor. Tidak perlu lama-lama, cukup luangkan satu hari dari pagi sampai senja untuk menjelajahi kota hujan. Percaya tidak percaya, kamu hanya butuh Rp 200.000 untuk wisata murah seharian di kota bogor! Catatan: Anggaran Rp 200.000 belum termasuk biaya transport ya.
Sarapan Toge Goreng Pak Gebro 
Berangkatlah sepagi mungkin dan mulai wisata murah di Bogor dengan sarapan toge goreng di warung Pak Gebro. Perpaduan toge rebus, lontong, mi kuning, dan tahu goreng ini disiram dengan campuran saus kacang dan tauco, sedikit kecap, serta sambalnya. Jangan lupa untuk memesan segelas es pala untuk sebagai teman makan toge goreng ini. Harga seporsi toge goreng dan es pala hanya Rp 21.000.
Keliling Kebun Raya Bogor dan museumnya
 Setelah perut terisi, saatnya melihat yang hijau-hijau di Kebun Raya Bogor. Kamu bisa jalan santai sambil menghirup udara segar dan melihat koleksi flora di taman botani ini. Kamu juga bisa mampir ke beberapa taman tematiknya yang Instagramable, seperti Taman Meksiko dan taman akuatik. Usai puas keliling taman, kamu bisa lanjut wisata murah di Bogor dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di dalam kompleks Kebun Raya Bogor. Pertama ada Museum Zoologi yang telah berdiri sejak tahun 1894. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai kerangka dan fauna yang diawetkan. Jangan lupa mampir juga ke Jembatan Cinta, sebuah jembatan gantung berwarna merah yang ada di dalam kawasan taman yang Instagramable banget. Semua fasilitas yang ada di dalam area Kebun Raya Bogor ini bisa kamu nikmati dengn membayar tiket Rp 15.000 saja. 
Mampir ke pecinan Surya Kencana
Lanjutkan wisata murah di Bogor hari ini dengan mengeksplor wilayah pecinan Surya Kencana. Kamu akan melihat gerbang berwarna merah yang menandai dimulainya kawasan tersebut. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi adalah Vihara Dhanagun yang berada tak jauh dari gerbang merah. Usai puas melihat-lihat vihara, saatnya mencari makan siang! Jalan Surya Kencana dipenuhi oleh berbagai jajanan dan restoran di kanan kirinya, namun ada satu jajanan khas Bogor yang wajib kamu coba di ujung jalan. Sambil menuju ke sana, beli saja seupan talas, cemilan khas Bogor untuk mengganjal perut. Harganya cuma sekitar Rp 10.000.  Inilah kuliner yang ditunggu-tunggu. Wisata murah di Bogor semakin spesial dengan makan siang soto kuning Pak Yusup yang legendaris. Kuah santan kuning berpadi dengan rempah dan potongan daging pilihan yang sedap. Harganya tergantung jumlah isian yang kamu pilih, biasanya berkisar Rp 30.000 per porsinya. Sudah kenyang? Jajan sedikit lagi yuk. Sekitar satu kilometer dari warung soto ini, ada toko pusat Asinan Bogor Gedung Dalam yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Murah kok, harganya hanya Rp 30.000 per bungkus. 
Cuci mata dan nongkrong di Jalan Pajajaran
Wisata murah di Bogor juga mencakup belanja atau sekedar cuci mata dengan barang-barang fashion murah. Sepanjang Jalan Pajajaran, ada berbagai factory outlet yang menjual pakaian berkualitas ekspor dengan harga miring. Biasanya, tempat ini ramai oleh orang-orang yang mencari pakaian musim dingin untuk liburan. Selain factory outlet, jalan Pajajaran juga dikenal dengan deretan cafe dan restoran yang beragam. Sekalian saja nongkrong sambil ngopi atau makan malam di kawasan ini. Salah satu kafe yang jadi favorit wisata murah di Bogor adalah Kopi Nako. Selain aneka minuman, kedai ini pun menyajikan makanan ala warteg yang mengenyangkan dengan harga terjangkau dan tempatnya pun Instagramable. Bukan hanya kedai ini, Bogor punya beberapa cafe Instagramable yang bisa kamu kunjungi. Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 untuk makan di sini. Kalau kamu mau yang sedikit fancy, Medja Restaurant bisa jadi pilihan. Namun sebanding dengan tempatnya, kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak jika bersantap di sini. Tidak terasa hari sudah senja dan kamu pun telah menjelajahi kota hujan. Panduan ini telah membawa kamu ke sejumlah tempat favorit di Bogor. Jangan ragu untuk memodifikasinya dengan tempat lain yang ingin kamu kunjungi. Punya banyak waktu? Coba habiskan akhir pekan di Bogor dan sekitarnya dengan inspirasi dari beberapa artikel berikut ini: