icon
icon
article hero

5 Resep Makanan Khas Uyghur, Halal dan Gampang Dibuat!

AvatarName

Tiara  •  Jul 14, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Semakin banyak waktu di rumah, inilah kesempatan kamu untuk memupuk kemampuan memasak. Salah satu masakan yang enak dan mudah dibuat adalah aneka masakan Chinese food. Bumbu-bumbunya sederhana, bahan-bahannya mudah ditemukan, resep Chinese food juga bisa jadi permulaan untuk kamu yang baru belajar memasak. Baca juga rekomendasi ini: Namun tahukah kamu bahwa ada begitu banyak jenis Chinese food? Salah satu yang unik dan jarang dijajakan adalah makanan khas suku Uyghur yang tinggal di kawasan Xinjiang. Xinjiang berada di sisi Barat Laut China, dekat dengan kawasan Asia Selatan. Karenanya, tidak heran jika Chinese food khas Uyghur memiliki sentuhan Timur Tengah. Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba resep Chinese food khas Uyghur berikut ini! Baca juga: 8 Layanan Delivery Makanan China Halal di Jakarta

Samsa

Samsa adalah camilan sejenis samosa. Resep samsadimulai dengan menyiapkan adonan tepung terigu, air, ragi, sedikit gula dan garam, mentega cair, serta telur. Adonan dicampur dan diistirahatkan agar mengembang, sepertimembuat adonan martabak telur. Isian Chinese food ala Uyghur ini terbuat dari daging domba dan bawang bombay yang dibumbui garam, jintan, dan lada hitam. Pipihkan adonan kulit, beri isian, bungkus hingga rapat, olesi telur di atasnya, lalu panggang hingga keemasan!

Polo

Polo atau dikenal juga dengan nama pilaf khas Uyghur. Makanan ini biasanya disajikan dalam porsi besar untuk dinikmati bersama-sama. Polo terdiri dari nasi, sayuran, dan daging kambing yang dimasak hingga meresap. Simak video lengkap untuk membuat polo di video berikut ini:

Laghman

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan Chinese food ini. Laghman dikenal juga sebagai lamian alias mi tarik khas Uyghur. Secara umum,, resep untuk membuat mi tariknya tidak jauh berbeda dengan yang lain. Namun, sup yang disajikan sebagai pendampingnyalah yang membuatnya istimewa. Kamu bisa mencontek cara membuat laghman dari nol sampai supnya dalam video berikut ini:

Dapanji

Nama Chinese food satu ini berarti tumisan ayam yang disajikan di piring besar. Biasanya, Dapanji disajikan sebagai lauk untuk makan nasi atau mi. Bahan-bahannya cukup mudah, yakni ayam yang dipotong kecil-kecil, kentang, paprika, dan bawang bombay. Bumbu-bumbunyalah yang spesial. Seporsi Dapanji dimasak dengan aneka rempah seperti bunga lawang, andaliman, bawang putih, jahe, cabai kering, dan kecap asin. Sudah terbayang betapa sedap rasa dan aromanya!

Matang

Kredit: FionaReilly Chinese food ala Uyghur juga punya makanan manis lho, salah satunya Matang. Berbeda dengan Matang Korea yang terbuat dari ubi, Matang Uyghur terbuat dari kacang dan gula, mirip seperti nougat yang kenyal. Matang dibuat dalam ukuran besar, lalu dipotong-potong sebelum disajikan. Baca juga: 6 Delivery Dessert Enak dan Halal di Jakarta untuk Snacking Weekend