icon
icon
article hero

7 Pantai Tersembunyi di Bali untuk Liburan dengan Jarak Aman

AvatarName

Tiara  •  Aug 03, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Pantai tersembunyi di Bali adalah salah satu destinasi wisata yang patut kamu pertimbangkan untuk liburan. Selain karena keindahannya yang jarang tersentuh manusia, pantai-pantai ini pun tidak penuh sesak oleh pengunjung. Otomatis, jarak sosial antar pengunjung pun terjaga dan minim kontak. Pulau Dewata masih menyimpan sederet pantai tersembunyi di Bali yang bisa kamu kunjungi. Berikut adalah beberapa pilihan yang telah dirangkum oleh tim HHWT! #HHWT Tip: Pantai tersembunyi di Bali biasanya dikelola secara mandiri oleh desa setempat. Kamu harus membayar biaya retribusi (biasanya antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000) untuk masuk pantai ini. Jangan lupa kenakan alas kaki yang sesuai karena perjalanannya kadang harus melewati jalan berbatu dan menanjak.
1. Pantai Green Bowl, Ungasan
 Pantai tersembunyi di Bali satu ini juga dikenal dengan nama Pantai Bali Cliff. Nama Green Bowl sendiri berasal dari rona kehijauan air dan bentuk lengkungan garis pantainya yang tampak seperti mangkok dari atas. Meski lokasinya dekat dengan Pantai Pandawa, pantai ini terbilang sepi karena lokasinya cuku jauh dari tempat wisata dan butuh usaha ekstra untuk mencapainya. Untuk menikmati keindahan pantai tersembunyi di Bali ini, kamu harus menuruni sekitar 400 anak tangga terlebih dahulu (dan naik saat pulang!). Namun, semua usaha itu akan terbayar ketika kamu menikmati suasana pantai yang sunyi dengan hamparan pasir putih dan batu karang di tepiannya. 
2. Pantai Gunung Payung, Nusa Dua
Namanya diambil dari nama rumah ibadah Pura Bhang Kahyanga Gunung Payung yang berada di dekat pantai tersembunyi di Bali ini. Pantai Gunung Payung berada di balik sebuah tebing dan kamu harus menuruni jalan setapak dengan ratusan anak tangga untuk mencapai pantai ini. Seperti pantai tersembunyi di Bali lainnya, pantai ini belum sepenuhnya terkelola sehingga fasilitas di sana pun masih minim, Meski tidak ada batasan waktu kunjungan, sebaiknya kamu datang perkunjung sebelum matahari terbenam karena tidak ada penerangan di pantai ini.
3. Pantai Perasi, Karangasem
Pantai tersembunyi di Bali satu ini dikenal dengan banyak nama. Ada yang mengenalnya dengan nama Virgin Beach atau White Sand Beach. Namun, sebenarnya semua nama tersebut mengacu kepada satu lokasi, yakni sebuah pantai di desa Perasi, Karangasem. Tak banyak wisatawan yang memilih pantai ini sebagai tempat bersantai karena lokasinya yang terbilang jauh dari pusat keramaian. Meski tidak terlalu populer, pantai ini telah dikelola oleh desa setempat. Jadi, beberapa fasilitas standar seperti warung makanan dan tempat duduk-duduk pun sudah tersedia.
4. Pantai Bias Tugel, Karangasem
 Pantai Bias Tugel berjarak sekitar 500 meter dari Pelabuhan Padang Bai. Meski garis pantainya tidak terlalu luas karena diapit oleh tebing karang di kedua sisinya, pantai tersembunyi di Bali ini masih menjadi salah satu destinasi incaran para wisatawan. Umumnya, mereka adalah orang-orang yang ingin menikmati suasana pantai dengan nyaman atau snorkeling santai di perairan dangkal. Kalau kamu ingin pengalaman yang berbeda, cobalah mengeksplor daerah tepian karang pantai ini. Kamu bisa menemukan sisi lain pantai yang tersembunyi dan tak kalah cantik!
5. Pantai Suluban, Uluwatu
Setelah satu jam berkendara dari Denpasar, maka kamu akan tiba di pantai tersembunyi di Bali yang tidak kalah cantik. Pantai Suluban berasal dari kata dalam bahasa Bali 'mesulub' yang berarti berjalan melewati sesuatu di atas kepala. Kamu memang harus 'mesulub' melewati lorong batu karang sebelum akhirnya tiba di pantai ini. Setelahnya, kamu akan disambut oleh pasir putih dan laut biru dengan ombak yang berkejaran. Tidak hanya itu, di sekitar pantai ini pun ada beberapa celah di antara bukit karang yang terbentuk secara alami. Nilai lebihnya, spot ini juga bagus untuk berfoto!
6. Pantai Yeh Leh, Jembrana
 Tidak seperti pantai tersembunyi di Bali lainnya, Pantai Yeh Leh tidak memiliki hamparan pasir putih yang tersembunyi di balik tebing. Sebaliknya, kamu akan menemukan hamparan bebatuan alam di tepi pantainya. Pantai ini pun merupakan titik pertemuan muara sungai dan dimulainya garis pantai. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat mendekati jam matahari terbenam. Saat itu, kamu bisa melihat rona jingga matahari yang terpantul di bebatuan basah Pantai Yeh Leh. 
7. Pantai Nyang Nyang, Pecatu
Pantai Nyang Nyang adalah yang pantai tersembunyi di Bali yang populer di kalangan para peselancar. Lokasinya yang langsung menghadap ke Samudera Hindia membuat ombak di pantai ini cukup ganas. Tidak heran jika para peselancar profesional suka menghabiskan waktu di sini. Untuk mencapainya, kamu akan melewati jalan berbatu ditambah  ratusan anak tangga untuk menuju bibir pantai. Setibanya di sana, kamu akan disambut oleh hamparan pasir dan ombak besar yang berkejaran. Jangan khawatir, ombak besar itu akan pecah sebelum mencapai garis pantai.  Meski perjalananannya melelahkan, pemandangannya sungguh setimpal! Pantai tersembunyi di Bali ini layak kamu masukkan ke dalam daftar destinasi ketika merencanakan liburan ke Bali. Dengan lokasinya yang terpencil, kamu bisa menghindari keramaian dan meminimalisir kontak dengan orang lain. Selain itu, liburan di sini pun serasa berada di pantai pribadi! Simak juga rekomendasi lain seputar liburan di pulau Dewata dalam artikel berikut ini: