icon
icon
article hero

Wajib Mampir, 5 Pantai di Likupang dengan Panorama Indah

AvatarName

Tiara  •  Sep 01, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Bicara soal Likupang, Manado tentu belum lengkap tanpa menyebutkan pantai-pantainya yang indah. Posisinya yang berada di pesisir utara Sulawesi Utara ini memang membuat Likupang dianugerahi garis pantai dengan pasir putih yang mempesona. Tidak sulit untuk menikmati panorama lautnya, kamu cukup singgah ke beberapa pantai cantik di Likupang, Manado berikut ini.
Pantai Pulisan
Pantai dengan garis pantai sepanjang 500 meter ini adalah salah satu pantai yang sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat lokal. Kamu bisa menikmati suasana pantai dengan nyaman karena telah ada meja dan kursi untuk bersantai, hingga penitipan barang. Selain itu, kamu pun bisa mampir ke Puncak Pulisan yang berada di kawasan pantai ini. Sepanjang pendakian, kamu akan ditemani pemandangan padang rumput berwarna kekuningan. Setelah tiba di puncaknya, kamu pun akan dijamu dengan pemandangan hamparan laut lepas dan lengkungan garis Pantai Pulisan yang kontras dengan warna air yang kebiruan.
Pantai Paal
 Pantai ini merupakan tempat wisata di Likupang Manado yang cukup terkenal. Pasirnya yang putih bersih bertemu dengan air laut bening kebiruan menciptakan pemandangan yang apik. Di beberapa sisinya pun terdapat sejumlah gugusan batu karang yang menawarkan pemandangan berbeda. Tidak heran jika banyak orang yang menyebut Pantai Paal sebagai Bali-nya Sulawesi Utara. Meskipun pemandangannya cantik, ombak di pantai ini kadang cukup besar. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati ketika bermain di sini. 
Pulau Lihaga
Pulau ini tidak berpenghuni sehingga masih sangat bersih dan alami. Air lautnya yang jernih sebening kristal memperlihatkan dasar laut yang bersih dan kehidupan di dalamnya. Keindahan Pulau Lihaga bisa dinikmati dengan snorkeling, diving, atau naik kano. Meski pulau ini kosong, di sini sudah ada fasilitas toilet untuk pengunjung. Kamu pun bisa bermalam di pulau ini dengan mendirikan tenda. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya.
Pantai Sampiran
Bergeser sedikit ke timur, ada Pantai Sampiran yang bisa kamu singgahi. Pantai berpasir halus ini adalah langganan lokasi pemotretan warga lokal. Tidak heran, panorama pantai dengan pasir putih dan pegunungan dari kejauhan yang ada di sini memang menjadi latar belakang yang bagus untuk diabadikan. Tidak jauh dari bibir pantai, ada Pulau Ponteng yang juga bisa kamu singgahi dengan naik kapal.
Pantai Surabaya
 Kamu tidak salah baca, pantai yang berada di kawasan Likupang Timur ini memang disebut Pantai Surabaya. Berbeda dengan pantai lain di kawasan Likupang, pantai ini memiliki pasir hitam legam yang halus. Ketika air sedang surut, kamu bisa menemukan sebidang daratan seperti gusung pasir yang dikelilingi ombak dari sisi-sisinya. Jika kamu beruntung, kamu pun bisa bertemu beberapa nelayan yang sedang merapat usai melaut. 
Pantai Canada
Pantai ini berada idak jauh dari perbatasan Likupang, tepatnya di kawasan kota Bitung. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari Pantai Sampiran. Perjalanan menuju pantai ini cukup menantang dengan medan terjal dan berbatu. Namun setibanya di pantai, kamu akan disambut panorama pasir putih dan gugusan karang yang indah. Likupang menyimpan keindahan alam yang sudah menunggu untuk dieksplor. Pantai-pantai ini bisa menjadi titik awal yang baik untuk memulai petualangan kamu di Minahasa Utara. Simak juga rekomendasi wisata di Likupang lainnya dalam artikel berikut ini: