icon
icon
article hero

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Kamu Liburan ke Likupang

AvatarName

Tiara  •  Aug 25, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata Likupang, Manado, digadang-gadang bakal menjadi salah satu destinasi wisata andalan Indonesia di masa depan.  Pemerintah sendiri berencana menggelontorkan dana Rp 14,4 triliun untuk pengembangan destinasi pariwisata, dan Likupang adalah salah satu prioritasnya. Nantinya, Likupang akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan insfrastruktur pariwisata yang mumpuni. Sambil bersiap-siap, catat dulu  saja beberapa tempat wisata di Likupang Manado yang wajib dikunjungi berikut ini.
Pantai Paal
Pantai ini merupakan tempat wisata di Likupang Manado yang cukup terkenal. Pasirnya yang butih bersih bertemu dengan air laut bening kebiruan menciptakan pemandangan yang apik. Tidak heran jika banyak orang yang menyebut Pantai Paal sebagai Bali-nya Sulawesi Utara. Meskipun pemandangannya cantik, ombak di pantai ini kadang cukup besar. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati ketika bermain di sini.
Puncak Pulisan
Dataran tinggi ini siap memanjakan mata kamu dengan pemandangan indah. Puncak Pulisan berada di kawasan Pantai Pulisan yang cantik. Sepanjang pendakian, kamu akan ditemani pemandangan padang rumput berwarna kekuningan. Setelah tiba di puncaknya, kamu pun akan dijamu dengan pemandangan hamparan laut lepas dan lengkungan garis Pantai Pulisan yang kontras dengan warna air yang kebiruan. Jangan lupa untuk mampir ke Pantai Pulisan untuk bermain di pantai atau gua karangnya ya.
Pulau Lihaga
 Pulau ini tidak berpenghuni sehingga masih sangat bersih dan alami. Air lautnya yang jernih sebening kristal memperlihatkan dasar laut yang bersih dan kehidupan di dalamnya. Keindahan Pulau Lihaga bisa dinikmati dengan snorkeling, diving, atau naik kano. Meski pulau ini kosong, di sini sudah ada fasilitas toilet untuk pengunjung. Kamu pun bisa bermalam di pulau ini dengan mendirikan tenda. Namun, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan ya.
Pulau Gangga
Pulau Gangga sendiri bukanlah nama yang asing bagi para diver .Pulau di Likupang, Manado ini adalah salah satu saingan terbesar Pulau Bunaken. Keduanya sama-sama dikenal karena keindahan alam bawah lautnya. Posisinya berada dekat dengan Pulau Lihaga dan telah memiliki sebuah resort yang menawarkan aktivitas laut yang menyenangkan. Kalau kamu belum punya sertifikat diving, tidak ada salahnya untuk belajar dulu supaya kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut Pulau Gangga secara maksimal.
Ekowisata Bahoi
 Desa Wisata Bahoi menawarkan pariwisata berwawasan alam. Obyek wisata yang bisa dinikmati di sini adalah hutan bakaunya yang masih alami dan dijaga dengan baik oleh masyarakat lokal. Selain itu, keindahan alam bawah lautnya pun sama indahnya dengan Pulau Lihaga dan Pulau Gangga. Meski mulai populer di kalangan wisatawan, masyarakat lokal tetap menaruh perhatian khusus kepada kelestarian alam di desa ini dengan menjaganya sebaik mungkin. Sebelum Likupang menjadi destinasi mainstream, tidak ada salahnya jika kamu liburan ke sana duluan. Kamu hanya perlu terbang ke Manado dan menempuh perjalanan darat selama sekitar 90 menit ke utara untuk tiba di kawasan Likupang. Meski jalan yang harus dilalui berkelok dan melewati perkebunan, kondisi aspalnya cukup baik dan bisa dilalui 2 mobil dengan leluasa. Lebih baik lagi, ruas jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1 Manado-Aimadidi sepanjang 14 kilometer sudah siap beroperasi. Jalan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Manado menuju Likupang. Simak juga referensi destinasi wisata super prioritas lainnya dalam artikel berikut ini: