icon
icon
article hero

Museum Dan Galeri Seni Kekinian Di Jakarta

AvatarName

Shafa Rana Nusaibah  •  May 27, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Berfoto di tempat-tempat instagramable kini menjadi gaya hidup generasi milenial saat ini. Tidak heran jika kini banyak museum kekinian yang menghadirkan instalasi yang fotogenik bagi masyarakat.  Museum yang dulunya terkenal dengan tempat yang membosankan, kini disulap dan berubah menjadi salah satu spot pilihan untuk mendapatkan stock foto yang bisa mempercantik laman sosial media kamu. Selain instagramable, museum juga merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman-teman dan keluarga. Tertarik untuk berkunjung? Tim HHWT telah merangkum beberapa museum kekinian yang bisa kamu jadikan pilihan!
1. MOJA Museum
Siapa yang tidak kenal dengan museum hits yang satu ini? Moja museum hadir sebagai salah satu museum yang menampilkan berbagai instalasi bernuansa pop art.  Di Moja Museum, kamu juga bisa berkeliling menggunakan sepatu roda. Bagian ini disebut sebagai MOja Museum’s 2nd Scene: Roller Skate (ROJA). Jika dulu Moja Museum berada di kawasan Pondok Indah, kini lokasinya ada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan tepatnya di Pintu Biru (Zona 8).  Untuk menuju ke sana, kamu cukup datang ke kawasan GBK, parkirkan kendaraan, lalu berjalan kaki menuju area bundaran GBK. Di Zona 8, kamu akan melihat pintu berwarna biru bertuliskan "Moja Art &Space". Menyesuaikan dengan kondisi pandemi, Moja Museum membagi jam operasionalnya menjadi tiga sesi dengan kapasitas pengunjung terbatas. Sesi pertama dimulai pukul 11.00-13.30, sesi kedua pukul 14.00-16.30, dan sesi terakhir pukul 17.00-19.30. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Moja Museum? Kunjungi halaman berikut ini 
2. RUCI Art Space
Seringkali dijadikan sebagai venue konser musik, siapa sangka ternyata RUCI art space merupakan salah satu galeri seni di Jakarta yang mengusung tema kontemporer.  Selain menampilkan berbagai lukisan dari seniman terkenal, museum ini juga menampilkan medium berkesenian lain mulai dari foto sampai patung.  Jika kamu berkunjung ke RUCI Art space, jangan lupa untuk mampir ke kafe yang menyajikan menu-menu kekininan. Kamu juga bisa berbelanja di butik yang berada di galeri seni ini loh!
3. Galeri Hadiprana
Jika kamu suka berkunjung ke galeri seni, tempat yang satu ini tidak boleh terlewat. Galeri Hadiprana merupakan galeri seni tertua yang ada di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1961, galeri ini menampilkan berbagai lukisan karya seniman profesional Indonesia. Namanya sendiri diambil dari nama pendiri sekaligus seniman, yaitu Hendra Hadiprana.  Tepat ini berlokasi di Jl. Kemang Raya No.11,  Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Museum ini buka setiap hari, sejak pukul 10.00 - 18.00.
4. Galeri Nasional Indonesia 
Tempat ini sering kali dijadikan sebagai destinasi wisata oleh warga Ibukota terutama anak muda. Museum kekinianini merupakan lembaga budaya untuk menggelar pameran. Jika naik ke lantai dua, kamu akan menemukan berbagai koleksi seni yang menarik, dan tentunya instaworthy. Tidak hanya untuk wisata, Galeri Nasional Indonesia juga menjadi sarana pengumpulan, perlindungan, perawatan,dan pengembangan kesenian loh! Selain wisata selfie, kamu juga bisa belajar lebih jauh soal seni di galeri ini. Galeri Nasional Indonesia berlokasi di Jln. Medan Merdeka Tim. No.14, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini buka setiap hari pada pukul 10.00.
5. Magic Art 3D Museum Kota Tua
Tidak perlu pergi ke Bandung, kini Jakarta juga memiliki museum 3D yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga di akhir pekan nanti. Museum ini bisa kamu temui di kawasan Kota Tua.  Seperti namanya, museum ini menjadikan berbagai lukisan 3D yang unik dan cocok dijadikan sebagai spot foto bareng teman atau keluarga.  Setiap ruangannya juga memiliki tema berbeda seperti Mirror Room,  Optical Chair, dan lainnya.  Belokasi di Gedung Kerta Niaga 1 Unit GF, Jln. Kali Besar Timur, Taman Sari,  Jakarta Barat. Museum ini buka dari pukul 10.00 - 22.00 setiap harinya.