icon
icon
article hero

Mencicipi Künefe, Dessert Khas Turki yang Manis Legit...

AvatarName

Meita Maharani  •  Jun 09, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Siapa yang tidak kenal dengan Turki, sebuah negara yang masuk dalam dua benua yaitu Asia dan Eropa. Keindahan alam yang memesona serta kisah sejarah yang melegenda menjadikan Turki kian hari kian populer terutama untuk wisatawan Indonesia. Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh, Turki juga merupakan destinasi yang affordable jika kita berkunjung di musim apapun. P.S. Kalau kamu suka berwisata kuliner, beberapa informasi ini akan berguna! :) Turki selalu memiliki pesona yang selalu membuat kita ingin kembali lagi. Tidak hanya itu, makanan khas Turki juga memiliki cita rasa yang lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia!
Kredit: Meita Maharani Berbicara tentang makanan di Turki, tentu kita tidak bisa luput dari dessert.Siapa yang tidak kenal dengan uniknya Turkish Ice Cream atau Dondurma dengan tekstur yang padat dan chewyberkat penggunaan salep dan mastic yang merupakan resin dari tumbuhan. Bahan ini juga yang memungkinkan Dondurma tidak gampangleleh dan bisa dijadikan atraksi oleh sang penjual. Dessert lain yang juga tidak kalah populer adalah Turkish Delight yang banyak dijual di seantero Turki dengan bentuk dan rasa yang variatif. Tapi, tidak lengkap berbicara tentangdessert Turki jika tidak mencicipi Kunefe atau Kanafeh. Dibandingkan dengan dua dessert di atas, yang satu ini memang tidak begitu populer bagi orang Indonesia. Namun 2-3 tahun belakangan, berkat salah satu bakery Turki yang ada di Jakarta, Kunefe jadi naik daun. Kunefe itu sendiri adalah dessert berbahan dasar keju yang dibungkus dengan phylo pastry (kadaif) yang berbentuk seperti bihun lalu disiram dengan sirup gula.
Kredit: Meita Maharani Nah, kalau kamu lagi jalan-jalan di Istanbul, jangan lupa untuk mampir ke dessert shop yang menjajakan Kunefe yang dibuat segar sepanjang hari. Satu tempat yang menjadi favorit adalah Asi Kunefeleri yang bermarkas di Istanbul. Toko ini memiliki beberapa cabang di Istanbul, mulai dari Eminonu (Spice Market), Kadikoy yang populer oleh ekspat, Bayrampasa, juga di kota lain. Asi Kunefeleri ini sendiri memulai perjalanannya dari tahun 1960-an dan fokus dengan sajian Kunefe. Tapi ada juga cabang yang dibuat menjadi restoran dan menjajakan makanan lokal.
Kredit: Meita MaharaniAsi Kunefeleri di Eminonu misalnya, selalu ramai dikunjungi baik wisatawan maupun penduduk setempat. Tokonyatidak terlalu besar tapi tetapeye catching. Bagaimana tidak, Kunefe dimasak di etalase depan toko dan aromanya bisa tercium dari kejauhan. Ditambah lagi antrean pengunjung yang ramai terutama di sore hingga malam hari. Asi Kunefeleri juga memproduksi kejunya sendiri dengan menggunakan resep yang turun menurun, tentunya demi menjaga keseragaman rasa dan kualitas.
Kredit: Meita Maharani Pembuatan Kunefe pun tidak terlalu sulit, tapi memerlukan kesabaran. Phylo pastry (kadaif) tersebut di taruh di dalam wadah khusus yang sudah dilapisi mentega, lalu ditambahkan keju. Lapisan phylo (kadaif) lalu diratakan di atasnya. Kunefe pun dimasak di atas api kecil hingga dasarnya berwarna kecokelatan dan teksturnya renyah. Setelahnya, sisi satunya juga dimasak dengan cara serupa. Setelah matang, sirup gula yang ringan dituang ke seluruh permukaan dan dibiarkan hingga meresap. Tidak perlu khawatir rasanya akan kemanisan, justru ini adalah kunci untuk sajian yang bercitarasa yang seimbang dan rich. Tiap porsi Kunefe berukuran cukup besar, disajikan dengan clotted creamyang fresh dan taburan bubuk pistachio. Jika kamu tidak menyukai krim, ada juga opsi hanya dengan pistachio saja. Menyendokkan Kunefe dengan keju meleleh yang tidak putus akan menambah kenikmatannya, dan dipastikan akan bikin jadi ketagihan!  Semakin pas jika dinikmati dengan secangkir teh khas Turki yang pekat maupun TurkishCoffee.
Kredit: Meita Maharani Jika kamu ingin menikmati Kunefe di rumah sepulang dari perjalanan, juga bisa. Karena Asi Kunefeleri juga menyediakan Kunefe dalam kemasan yang praktis untuk dibawa pulang atau untuk oleh-oleh. Jadi penasaran kan? Jangan lupa cicipi dessert ini kalau kamu berkunjung ke Turki nanti! :)
Yuk, gabung dengan Tribes by HHWT! :)

Pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa bepergian, karena itulah kami meluncurkan Tribes. Tribes adalah sebuah platform di mana kamu berbagi foto, video, dan artikel tentang travel, kuliner, dan topik lainnya bersama orang-orang dengan ketertarikan yang sama.

Tribes akan siap pada akhir tahun ini, namun akan menjadi kehormatan bagi kami jika kamu bersedia bergabung lebih awal.

Ada 5 ‘tribes’ utama, yakni kuliner, travel, resep, fashion, dan teknologi. Dengan bergabung dengan Tribes dan mengunggah foto, video, dan cerita, kamu pun berkesempatan mendapatkan penawaran menarik, datang ke undangan media, berkolaborasi dengan brand, hingga jalan-jalan ke luar negeri.

Jika kamu tertarik, mohon mengisi formulir berikut ini:

http://bit.ly/HHWTTribesID
Setelah kamu mengisi formulirnya, timkami akan mengontak kamu via grup WhatsApp. Kamu juga bisa mulai berkontribusi dalam bentuk Story (artikel) dan Photo Essay. Berikutlinknya:

Story: http://bit.ly/TribesStoryID

Photo essay: http://bit.ly/TribesPhotoStoryID 

Terima kasih dan salam dari tim HHWT! :)