icon
icon
article hero

Nabung Dari Sekarang untuk Liburan ke 7 Kota Ramah Muslim di Eropa Ini

AvatarName

Tiara  •  Mar 05, 2021

icon

Artikel ini merupakan terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggrisnya di halaman ini. Pandemi memang menahan hasrat traveling kamu. Namun di sisi lain, anggaran traveling yang biasanya kamu keluarkan pun bisa disimpan untuk digunakan nanti. Jika kamu menyimpan dan mengelolanya dengan benar, bukan tidak mungkin dana tersebut cukup untuk liburan ke Eropa ketika kondisi mulai membaik. Eropa mungkin bukanlah tujuan utama bagi wisatawan Muslim karena dikhawatirkan sulit untuk menemukan makanan halal dan tempat ibadah. Namun kamu tidak sendirian, ada banyak umat Muslim dari Turki, Maroko, dan Algeria di Eropa. Berkat kehadiran mereka, kini semakin mudah menemukan makanan halal di Eropa, terutama di kota-kota ramah Muslim berikut ini.
Berlin
Begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan di Berlin, mulai dari mampir ke pusat perbelanjaan terbesar di Eropa (KaDeWe) sampai jalan-jalan di hutan Grunewald. Jangan lupa, kamu pun bisa mengunjungi Tembok Berlin yang bersejarah! Sebanyak 9 persen populasi Berlin merupakan umat Muslin. Jadi, ada beberapa masjid yang tersedia di kota ini, seperti BErlin Central Mosque, Omar Ibn Al-Khattab Moschee, Wilmersdorfer Moschee, Ibrahim Al-Khalil Moschee, dan Buyuk Camii. Selain itu, ada lebih dari 60 restoran halal di Berlin, mulai dari makanan Turki sampai Lebanon!
Hamburg
Hamburg juga memiliki berbagai tempat wisata, mulai dari tempat bersejarah, museum, hingga pasarikan dan aktivitas di laut. Sekitar 10 persen dari penduduk Hamburg memeluk agama Islam, didominasi oleh imigran dari Turki. Ada lebih dari 20 masjid di kota ini, termasuk Imam Ali Moschee. Untuk makanan halal, ada berbagai restoran Turki, Lebanon, dan Persia. Selain kuliner Timur Tengah, kamu pun bisa menemukan restoran Indonesia di sini!
Frankfurt
Kredit: Scott Jungling on Flickr Sekitar 11 persen penduduk Frankfurt adalah Muslim. Bahkan ada beberapa masjid besar di kota ini, yakni Pak Muhammadi Moschee, Bait-us-Sabuh, İslamische Gemeinde Mevlana dan Islamische Gemeinde Rodgau. Frankfurt juga dipenuhi berbagai museum, galeri, dan gedung-gedung dengan arsitektur cantik. Beberapa yang wajib dikunjungi adalah Goethe House and Museum dan Senckenberg Natural History Museum. Selain restoran Turki dan Persia, ada pula restoran Thailand ramah Muslim yang bisa kamu coba di kota ini.
Munich
Kredit: Sven Wusch on Flickr Munich punya segudang tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Mulailah dengan mengunjungi kota tua Altstadt dan landmark Frauenkirche. Mampir juga ke kebun binatang terbesar di dunia, Tierpark Hellabrunn. Untuk makanan halal, ada beberapa restoran Afghanistan dan Arab yang bisa kamu kunjungi. Sementara untuk tempat ibadah, ada Masjid Penzberg dengan desain arsitektur yang menawan.
London
Ada lebih dari satu juta umat Muslim di kota London. Karenanya, tidak sulit untuk menemukan makanan halal sepertimakanan Turki, Pakistan, India, ataupun Timur Tengah. Beberapa masjid yang bisa kamu singgahi antara lain The London Central Mosque, East London Mosque, Fazal Mosque, dan Leyton Mosque. Ada pula pusat kajian Islam di kota ini, seperti Deptford Islamic Centre, East London Mosque & London Muslim Centre and The Islamic Cultural Centre.
Manchester
Kredit: Stephen on Flickr  Inilah pusatnya seni, media, dan pendidikan tinggi di Inggris! Kalau kamu ke sini, janganlup amampir ke Castlefield, Museum of Science and Industry, National Football Museum, Manchester Art Gallery, dan Manchester Town Hall. Makanan halal pun cukup berlimpah, ada makanan Malaysia, Ethiopia, Pakistan, hingga Mediterania. Bahkan, ada 62 masjid di Manchester!
Wina
Ibukota Austria ini dikenal memiliki pemandangan kota yang sangat cantik. Tempat wisatanya pun beragam, mulai dari Istana Schloss Schobrunn, Bianglala Riesenrad, hingga Istana Hofburg. Ada sejumlah makanan halal yang tersedia, mulai dari makanan Timur Tengah, Mediterania, Pakistan, Turki, hingga burger halal. Simak juga inspirasi wisata internasional ramah Muslim lainnya dalam artikel berikut ini: