icon
icon
article hero

Lebih dari Wisata Religi, Ini 7 Destinasi Islami yang Harus Dikunjungi Umat Muslim

AvatarName

Tiara  •  Oct 09, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata religi adalah salah satu wishlist yang dimiliki banyak orang. Bagi umat Muslim, wisata religi menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup, baik itu terkait iman maupun untuk bersenang-senang. Sebagai umat Muslim, kita pun dianjurkan untuk bepergian untuk membuka hati kita akan kebesaran Allah SWT sesuai dengan firman-Nya: “Maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada.”  (Al Hajj ayat 46) Kalau wisata religi adalah hal pertama yang ingin kamu lakukan usai pandemi nanti, maka destinasi di bawah ini wajib kamu masukkan dalam daftar.
Mekkah, Arab Saudi
Lebih dari wisata religi, menunaikan ibadah haji adalah rukun Islam penyempurna iman. Selain untuk beribadah, kamu pun bisa mengunjungi beberapa situs bersejarah di sela-sela ibadah. Misalnya dengan ziarah ke makam sahabat nabi ataupun mengunjungi Gua Hiro.
Madinah, Arab Saudi
Madinah adalah salah satu kota terindah untuk wisata religi. Kompleks Masjid Nabawi saja sudah menjadi satu lokasi yang tidak akan habis pesonanya. Selain beribadah di sana, arsitektur masjid Rasulullah SAW ini juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Kamu bisa menikmati suasana yang berbeda saat siangdan malam hari, baik ketika payung masjid terbuka ataupun tertutup.
Fez, Maroko
Fez merupakan destinasi wisata religi yang tepat untuk kamu yang ingin mengetahui perkembangan sejarah Islam. Salah satu landmark yang paling signifikan di sini adalah Masjid Al Karaouine yang juga merupakan universitas pertama di dunia. Kota ini juga dikenal sebagai “kota orang suci” karena begitu banyak auliya yang meninggalkan jejak di sini.
Istanbul, Turki
Lorong-lorong di Istanbul akan mengingatkan kamu kepada kisah sejarah Islam. Kota Istanbul merupakan pusat pengetahuan politik dan spiritual kekhalifahan Ottoman. Secara geografis, Istanbul berada di perbatasan dunia bagian timur dan barat. Perpaduan budaya, tradisi, dan agama ini membuktikan bahwa tradisi Islam bukan hanya untuk kaum tertentu, namun untuk seluruh umat manusia! Jangan lupa lengkapi wisata religi kamu di sini dengan sholat di Masjid Hagia Sophia.
Al Quds, Yerusalem
Kota Al-Quds atau yang lebih dikenal sebagai Yerusalem adalah pusat dari 3 tradisi dan salah satu kota suci di dunia. Kota ini adalah bagian penting dari  sejarah dari 3 agama Samawi yang saling terkait. Tak ada tempat lain di dunia ini yang mampu merefleksikannya selain kota Haram al-Sharif, tempat bernaungnya Masjid Al Aqsa, Kubah Batu, Tembok Ratapan, dan Gereja Makam Suci. Karenanya, wisata religi di sini akan meninggalkan kesan tersendiri.
Kairo, Mesir
Mesir bukan hanyasoal piramida Giza, tapi juga tempat yang ideal untuk wisata religi. Kairo adalah kota yang kental akan nuansa sejarah dengan situs dan monumen penting bagi umat manusia. Bahkan, piramida yang kita kenal merupakan suatu pengingat akan kisah Nabi Musa dan Nabi Yusuf ketika berhadapan dengan Fir’aun. Kairo juga merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan yang paling produktif dalam sejarah Islam. Ribuan pelajar dari seluruh penjuru dunia datang ke Kairo untuk menimba ilmu, khususnya di Universitas Al Azhar!
Andalusia, Spanyol
Wisata religi di Eropa? Tentu bisa! Berlokasi di sebelah selatan negara Spanyol, wilayah ini adalah saksi keberadaan Islam di Eropa Barat. Inilah bukti bahwa agama Islam telah dan dapat tersebar ke seluruh penjuru dunia. Banyaknya masjid, taman, dan istana yang ada di Andalusia mendemonstrasikan agama Islam dapat ditanamkan secara nyata dalam masyarakat. Lokasi yang ada di artikel ini mungkin berbeda-beda, namun ada satu kesamaan yang dimiliki, yakni menyentuh hati manusia lewat keagungan Allah SWT. Simak juga inspirasi iman lainnya dalam artikel berikut ini: