Jepang adalah negara yang terkenal dengan berbagai kuil bersejarahnya dan tentu saja, minimarket! Di Jepang, minimarket dikenal karena jam operasionalnya yang buka seharian penuh dan menyediakan segala hal. Mulai dari makanan, obat-obatan, hingga produk kecantikan.


Kredit: GIPHY

Akan tetapi, berbelanja di minimarket tidaklah mudah untuk wisatawan muslim, bahkan di Alfamart atau Indomaret yang familiar di negara kita. Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas dan proses produksi di Jepang tidak sesuai dengan kaidah Islam, sehingga produknya tak dapat dinikmati oleh muslim. Untungnya, beberapa organisasi di Jepang seperti Halal Japan dan Halal In Japan telah melakukan riset dan membuat daftar produk-produk yang ramah untuk muslim!

Kami telah mengumpulkan 9 camilan yang dapat kamu temukan  dengan mudah di minimarket di seluruh penjuru Jepang. Jadi, saat kamu ingin menikmati camilan sambil berjalan-jalan di Tokyo atau Osaka, kamu sudah tahu apa yang bisa kamu beli 😊

P.S. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui bahan-bahan umum yang perlu diperhatikan saat membeli camilan di Jepang, dan bagaimana cara menghindari produk makanan yang belum jelas kehalalannya.

Peringatan: Untuk diketahui, produsen camilan ini dapat mengubah kandungan bahan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila kamu ragu tentang bahan tertentu, cek komunitas Facebook kami atau laman Facebook Halal Japan untuk memastikannya. Karena produk-produk ini belum mendapatkan sertifikasi halal, maka pertimbangan untuk memakannya kami kembalikan kepada masing-masing pembaca.

[P.S. This article is also available in English – 9 Japanese Convenience Store Snacks You Didn’t Know Were Muslim-Friendly]

1. Double Soft Bread merek Yamazaki

Kredit: Gigazine

Mari kita mulai dari sesuatu yang sederhana – roti tawar! Untuk kalian yang menginginkan sesuatu yang simpel untuk memulai hari, sepotong roti tawar tentunya lebih dari cukup 😆 Akan tetapi, ada beberapa brand yang menggunakan lemak hewani sebagai bahan baku untuk membuat roti, yang berarti kita tetap perlu berhati-hati meskipun hanya untuk sesuatu yang terlihat remeh. Untungnya, beberapa produk dari brand Yamazaki seperti Double Soft Bread dibuat tanpa menggunakan lemak hewani!

2. Maroyaka Cafe Latte merek Sangaria

Kredit: YOYO.casa

Apa lagi yang lebih pas untuk menemani sepotong roti di pagi hari selain segelas kopi? Maroyaka Cafe Latte dari brand Sangaria ini tidak mengandung alkohol, dijamin akan membuat pagi harimu penuh semangat 😋

3. Bulgaria Yogurt LB81 merek Meiji

Kredit: Vegetarian Shopping Guide In Japan

Yogurt juga merupakan camilan populer, tapi cukup sulit untuk menemukan yogurt yang tidak menggunakan gelatin (penstabil hewani). Untungnya, Bulgaria Yogurt LB81 merek Meiji yang lezat ini tidak menggunakan gelatin! Meskipun beberapa varian rasa lain produk ini menggunakan gelatin, varian rasa polos ini tidak menggunakannya.

P.S : Jika kamu menginginkan sesuatu yang manis di yogurtmu, kamu bisa membeli buah-buahan yang telah dipotong di minimarket untuk menambah cita rasa 😊

4. Jukusei Yaki Taraku Onigiri (Grilled Pollack Roe Riceballs) merek Lawson

Kredit: Halal Japan

Nasi kepal atau yang populer disebut sebagai onigiri adalah kudapan wajib saat kamu berkunjung ke Jepang. Dengan ukurannya yang kecil dan mudah dibawa, camilan ini sungguh enak dan mengenyangkan – tetapi kabar buruknya, banyak onigiri yang menggunakan mirin (semacam anggur beras), semprotan alkohol, atau pengemulsi dalam proses produksinya. Kabar baiknya, varian grilled pollack roe onigiri dari Lawson adalah termasuk dari produk yang tidak menggunakan bahan-bahan tersebut! 😁 Penulis kami menikmati onigiri lezat seraya  mengeksplorasi Tokyo dan Hakone – cek tips untuk kamu wisatawan muslim yang ingin melakukannya juga!

5. Vegetable Sticks with Mayonnaise merek 7-11

Kredit: Halal Japan

Saat kamu tiba-tiba merasa lapar, mengapa tidak mengunjungi  7-11 dan dapatkan stik sayuran dengan mayones untuk suntikan energi? Stik renyah ini sangat menyenangkan untuk dikunyah selagi menikmati pemandangan kota 😊

6. Tamago Boro merek Takeda Seika

Kredit: Vegetarian Shopping Guide in Japan

Beberapa dari kamu mungkin mengenal biskuit telur mini ini dari masa kecilmu. Meski tamago boro ini sebetulnya camilan yang diperuntukkan untuk anak-anak, ada rasa puas saat biskuit ringan dan halus ini meleleh di lidahmu 😁 Meski ada banyak brand yang membuat produk ini, tetapi kami hanya melihat brand Takeda Seika dan Q.P. (atau Kewpei) yang menggunakan lemak nabati pada produk-produknya. Meskipun tamago boro secara umum adalah camilan yang ramah vegetarian, pastikan cek kandungan bahannya jika kamu membeli brand lain ya!

7. Kasugai Green Peas merek Kobe Bussan

Kredit: Halal Japan

Jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih gurih, mengapa tidak mencoba untuk membeli sebungkus Kasugai Green Peas? Simpan camilan kacang dengan rasa ringan ini di tasmu agar perutmu senantiasa terisi di tengah perjalanan 😁

8. Chocolate Digestive Biscuit dan Chocolate Chip Cookie merek Lawson’s Select

Kredit: Halal Japan

Lawson adalah salah satu minimarket terbesar di Jepang, dan kami sangat senang saat mengetahui produk biskuit dan kue dari lini Select mereka tidak menggunakan lemak hewani atau kandungan yang diragukan kehalalannya! Baik chocolate digestive dan chocolate chip cookie mereka tidak mengandung lemak hewani. Jadi pastikan camilan ini selalu tersedia untuk menemani perjalananmu 😉

9. Waffle Cone Milk Vanilla Ice Cream merek 7-11

Kredit: Halal Japan

Setelah seharian penuh berjalan-jalan, mengapa tidak mampir ke 7-11 dan nikmati camilan pencuci mulut yang mereka miliki? 😄 Jika dilihat dari kemasannya, varian vanila susu ini mungkin terlihat tidak begitu nikmat – tapi jangan salah, produk ini memiliki ulasan yang bagus di internet! Dan yang paling oke, produk ini tidak mengandung alkohol ataupun pengemulsi hewani sehingga kamu bisa menikmati camilan manis ini tanpa rasa khawatir 😋 Apabila 9 camilan ini dirasa tidak cukup, cek juga 12 camilan ramah-muslim yang harus kamu coba saat kamu di Jepang!

Secara umum, selain memperhatikan varian daging seperti babi, sapi, maupun ayam, pastikan juga untuk memeriksa daftar kandungan bahan seperti pengemulsi hewani, gelatin, maupun alkohol pada produk makanan yang akan kamu beli. Halal in Japan telah menerbitkan daftar kata Kanji/hiragana/katakana untuk kandungan bahan yang haram atau diragukan kehalalannya untuk diperhatikan saat perjalananmu di Jepang – kamu juga bisa mengunduhnya dalam format PDF!

Membeli camilan di Jepang saat ini tidaklah sesulit dulu 😄 Dengan kehadiran komunitas muslim Jepang yang semakin kuat dan semakin banyak muslim yang berwisata ke Jepang, kami bersyukur bisa mendapatkan informasi terpercaya untuk memandu kami tentang apa yang bisa dan tidak bisa kami beli disana 😊 Jika kamu merasa ragu atau punya pertanyaan, kamu selalu dapat berkonsultasi di komunitas Facebook kami dimana wisatawan yang berpengalaman dapat membantumu dengan informasi yang mereka miliki.

There are no comments yet

Avatar
Plan trips better with our new mobile app!