icon
icon
article hero

12 Tips Rahasia untuk Kunjungan Terbaik ke Universal Studios Singapore yang Wajib Kamu Ketahui

AvatarName

Maf Ismail  •  Oct 11, 2019

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Amal Lina. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] [Diperbaharui 12 October 2019]
Kalau kamu butuh kegiatan seru yang sekaligus bisa memompa adrenalin, kunjungan ke Universal Studios Singapore cocok untuk kamu! Sebagai taman bermain Universal Studios yang pertama di Asia Tenggara, tempat ini penuh dengan wahana dan berbagai karakter film Hollywood yang tidak ada habisnya! 😅
Kredit: Giphy Dalam artikel ini, kami mengumpulkan beberapa tips agar kamu bisa memaksimalkan kunjungan di Universal Studios Singapore (USS)!
1. Rencanakan kunjunganmu saat sepi pengunjung
Waktu yang tepat untuk berkunjung ke taman bermain bertema film Hollywood ini adalah saat musim sepi pengunjung. Ya, betul -- maksudnya memang saat hari kerja dan bukan hari libur nasional. Kamu akan tetap menjumpai banyak pengunjung, tapi setidaknya kamu tidak perlu khawatir akan tersesat di keramaian!
Kredit: Studio Sarah Lou di Flickr USS adalah salah satu destinasi wisata keluarga paling populer di Singapura. Taman bermain ini memiliki segudang fasilitas dan perlengkapan yang memudahkan kunjungan kamu. Mulai dari penyewaan stroller, loker untuk menaruh barang, dan masih banyak lagi. Klik di sini untuk mendapatkan panduan lengkap bagi Keluarga Muslim ke USS dan Resort World Singapore! Tips #HHWT:Singapura memiliki dua masa libur sekolah; bulan Junidan akhir bulan November sampai akhir Desember. Kalau kamu tidak menyukai keramaian, cobalah menghindari berkunjung saat liburan sekolah karena pasti akan sangat ramai! Kami sudah ingatkan kamu loh ya… ☝️
2. Beli tiketnya terlebih dahulu
Pastikan kamu sudah membeli tiket masuk USS di Klook sebelum berkunjung ke sana 😉. Dengan cara itu kamu bisa melewatkan antrean di konter tiket dan bisa memasuki USS hanya dengan menunjukkan e-voucher yang ada di ponselmu. Kamu bisa menggunakan kode "TRAVELHHWT" agar mendapatkan diskon S$5 untuk pemesanan pertama anggota baru di Klook. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tiket di hari H kunjungan, tetapi jumlahnya mungkin terbatas. Kamu bisa cek laman pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Tips #HHWT: sebagai salah satu tujuan pariwisata utama di Singapura, pengunjung tempat ini sangat banyak. Waktu mengantre untuk menaiki wahana cukup lama. Ada baiknya kamu mengajak satu atau dua teman yang menyukai film juga. Selain itu, kamu juga bisa bermain games sambil mengantre.
3. Datang ke USS lebih pagi
Bersiaplah di gerbang Universal Studios Singapore sebelum jam buka, jadi kamu langsung bisa masuk saat gerbang dibuka!
Kredit: Giphy USS buka jam 10 pagi dan tutup sekitar jam 7 atau 8 malam bergantung harinya. Jadi, kamu punya waktu sembilan sampai sepuluh jam untuk dihabiskan di sana!
4. Bawa tas sesuai keperluan, jangan terlalu berat
Kamu akan menghabiskan waktuseharian di sini, jadi tas kamu harus ringan tetapi berisi semua keperluan. Item yang penting yang perlu kamu bawa di antaranya:
  • Air putih dalam botol ringan yang bisa diisi ulang
  • Tabir surya untuk menangkal sinar UV
  • Kipas portable untuk membuatmu tetap sejuk
  • Uang tunai secukupnya
  • Poncho untuk berjaga-jaga kalau kamu basah saat menaiki wahana tertentu
  • Baju ganti
Kredit: Giphy Berada di Singapura dengan cuaca yang panas pastinya baju kamu akan basah, baik karena keringat atau karena wahana-wahana yang melibatkan air! Beberapa wahana memang ditujukan agar kamu basah, jadi membawa baju ganti adalah ide bagus. Selain itu, berganti baju akan membuatmu lebih segar di penghujung hari setelah berkeringat seharian.
5. Beli tiket Express Pass
Kalau kamu bukan tipe orang yang kuat mengantre lama, kamu bisa menggunakan tiket Universal Express Pass. Biasanya, tanpa Express Pass, waktu antre mulai dari 30 menit sampai 1 jam (bergantung hari) dan saat ramai, mungkin kamu perlu menunggu 90 menit sampai 2 jam! 😱
Kredit: GiphyDengan tiket itu, kamu tidak perlu mengantre lama dan langsung bisa ke wahana lebih cepat! Terdapat dua jenis tiket pass: Universal Express dan Universal Express Unlimited, dengan harga dimulai S$400. Tiket Universal Express pass hanya bisa dipakai sekali di setiap wahana, sementara Universal Express Unlimited passbisa digunakan berkali-kali pada satu wahana -- serunya juga pasti berulang-ulang dong! Ceklaman informasi tiket untuk melihat wahana apa saja yang termasuk dalam tiket! P.S. Kamu juga bisa melakukan pre-order tiket Universal Express di Klook agar kunjunganmu semakin nyaman!
6. Rencanakan wahana apa saja yang ingin kamu naiki
Untuk memaksimalkan waktu kamu, rencanakan wahana apa saja yang akan kamu naiki. Kalau kamu cuma waktu singkat, ini daftar wahana paling seru yang tidak boleh kamu lewatkan:
  • Duo roller coaster Battlestar Galactica's HUMAN vs. CYLON™: Wahana setinggi gedung 14 lantai yang mendebarkan
  • Jurassic Park Rapids Adventure™: Dijamin kamu pasti basah kuyup dan melek sepanjang hari.
  • TRANSFORMERS The Ride: Pertarungan 3D melawan pasukan iblis yang bisa juga dinikmati anak-anak
  • Revenge of the Mummy™: Roller coaster dalam ruangan yang bisa membuat kamu ketagihan
7. Tonton karakter favorit kamu yang muncul pada malam hari
Berkunjung di taman hiburan ini tidak lengkap kalau belum menonton Hollywood Dreams Parade. Diisi berbagai karakter, mulai dari Madagascar, Shrek, Ancient Egypt, Jurassic Park, dan Revenge of the Mummy, parade ini akan membuat kamu ikut berdansa mengikuti tarian para penarinya!
Kredit: @jemqphoto di Instagram
Sejak tahun 2019, parade tersebut dilakukan pada malam hari mulai pukul 19.30 saat Universal After Hours. Pastikan kamu sudah berada di rute parade terlebih dahulu untuk mendapatkan posisi bagus untuk menonton alunan dan pertunjukan cahaya.Parade dimulai dari Waterworld di zona Lost World dan berakhir di zona New York. Rutenya ditandai oleh plester putih yang ditempel di lantai, jadi pastikan berdiri di belakang garis untuk keamanan kamu ya!
Kredit: @dejiki diInstagram
Parade dimulai dengan karakter-karakter dari zona New York, seperti Beetlejuice dan Woody Woodpecker, diikuti oleh karakter-karakter dari zona Madagascar dan zona Far Far Away. Selanjutnya, muncul karakter-karakter dari zona Lost World dan diikuti karakter dari zona Ancient Egypt. Parade akan berakhir dengan karakter-karakter dari Hollywood! Tips #HHWT: Parade ini hanya ada selama Universal After Hours (yaitu Jumat, Sabtu, dan beberapa Hari Libur Umum), jadi pastikan cek terlebih dahulu sebelum merencanakan kunjungan kamu! Perlu diketahui bahwa parade tidak akan berlangsung jika sudah ada acara lain di USS, misalnya acara tahunan Halloween Horror Nights!
8. Temui juga karakter film favoritmu di siang hari!
Kalau kamu melewatkan parade atau tidak bisa menunggu sampai After Hours, jangan khawatir! Kamu masih bisa menonton karakter film favoritmu di siang hari karena parade dan pertunjukan lainnya ada sepanjang hari!
Kredit: @angel_miss_u di Instagram
Kamu bisa menonton Puss In Boots, Penguins from Madagascar, serta para penyanyi dan penari USS di berbagai zona sepanjang hari. Jangan lupa ambil banyak foto saat pertunjukannya berlangsung!
Kredit: @thenurfarid di Instagram
Kalau Kamumau lebih dekat dengan karakter film favoritmu, jangan lewatkan sesi Meet and Great yang juga dijadwalkan sepanjang hari. Karakter-karakter di setiap zona dalam taman bermain ini (termasuk di antaranya Marilyn Monroe, Cookie Monster, dan Gru dari Despicable Me) akan keluar untuk memeluk dan berjabat tangan! Bahkan Hello Kitty dan Dear Daniel juga punya sesi Meet and Great sebentar.
9. Nikmati burger yang lezat di restoran Amerika ala tahun 1950-an
Kredit: @notesonwheels di Instagram
Rasakan pengalaman memesan makanan ala drive-thru tahun 50'an di Mel's Drive In di zona Hollywood. Kabar baiknya, kedai ini tersertifikasi halal! 😋
Kamu bisa memesan cheeseburger klasik, milkshakes cokelat, dan kentang goreng keju. Harganya mungkin sedikit lebih mahal karena kedainya berada di dalam komplek USS (sekitar SGD12 ke atas), tapi rasanya enak! Kedai tersertifikasi halal yang lain di antaranya:
  • Friar’s di zona Far Far Away: terdapat pilihan makanan ala barat seperti sandwich, wraps, dan es krim.
  • Goldilocks di Far Far Away: ada ayam goreng bumbu spesial yang bisa kamu nikmati dengan es krim Ben & Jerry’s.
  • Oasis Spice Café di Ancient Egypt: tersedia makanan ala Timur Tengah seperti briyani dan ayam mentega.
  • Marty’s Casa Del Wild Food Court di Madagascar: menyediakan makanan khas Asia Tenggara seperti tom yam, nasi lemak, dan sate.
10. Berbelanja suvenir yang unik untuk oleh-oleh
Apa artinya bepergian tanpa membawa pulangsatu atau dua buah kenang-kenangan? Mulai dari patung T-rex, pulpen berbentuk dinosaurus, bola salju mummy sampai boneka unicorn, kamu pasti akan selalu mengingat pengalaman di USS sebagai hari terbaik 😎Jelajahi fosil tersembunyi di Jurassic World atau bertualang di dunia peri di Far Far Away dan bawa pulang suvenir sebagai kenang-kenangan!

Kamu pasti akan suka boneka unicorn menggemaskan ini! Pastikan untuk membawanya pulang untuk melengkapi pengalaman ajaib kamu 😊

11. Tempat salat di USS
Tentunya setelah bermain-main di matahari, kamu tidak lupa salat 😉 Beristirahatlah sejenak dan salat sebelum kembali bermain dengan roller coaster, seluncuran, atau pun berfoto ria. Terdapat tempat salat dekat roller coaster Battlestar Galactica; ruang salat untuk laki-laki dan perempuan disediakan terpisah. Setiap ruangan memiliki tempat wudu masing-masing untuk kenyamanan pengunjung!
Sajadah, mukena, dan arah kiblat tersedia di dalam ruangan. Meskipun begitu, kami sarankan kamu membawa mukena sendiri karena di sana hanya ada 1-2 pasang saja.
12. Catat atraksi-atraksi yang hanya muncul pada waktu tertentu
Meskipun USS buka sepanjang tahun (berkat iklim tropis Singapura -- selebat apa pun hujan, belum sanggup untuk menutup tempat ini), ada waktu tertentu di mana tempat ini lebih seru dari biasanya. 🤩Mau jam buka yang lebih lama, wahana-wahana spesial, dan kesempatan untuk menikmati USS dari sisi lain? Semuanya bisa! Salah satu atraksi musiman terpopuler di USS adalahHalloween Horror Nights (HHN). Atraksi ini berlangsung setiap tahun mulai akhir September hingga akhir Oktober. Pengunjung bisa menikmati rumah berhantu, zona-zona menakutkan, dan pertunjukan-pertunjukan yang mendebarkan. Di tahun ini, yang juga menandai tahun kesembilan HHN diadakan, rumah berhantu menjadi tempat yang selalu bisa membuat bulu kuduk pengunjung berdiri -- oh ya, tahun lalu bahkan ada rumah hantu bertema Stranger Things loh! Siap untuk ditakuti?Pre-book tiket HHN kamu di Klook sebelum kehabisan! Tips #HHWT: Kalau kamu bukan penggemar rumah hantu dan hanya ingin menikmati suasana seram yang musiman ini, jangan khawatir karena kebanyakan wahana reguler masih beroperasi, misalnya roller coaster Battlestar Galactica, Puss In Boots' Giant Journey, Revenge of the Mummy, dan masih banyak lagi! Jadwal HHN 2019 Tanggal: 27 Sep 2019 - 31 Oct 2019 Jam buka: 19.30 - 12.30 (lumayan sepi), 13.30 - 19.30 (puncak keramaian) Meskipun kamu berkunjung ke USS demi karakter film lawas favoritmu atau untuk mencoba wahana-wahana yang memompa adrenalinmu, kamu pasti akan bersenang-senang di sini! Setiap pengalaman di taman bermain tentunya unik. Beri tahu kami kalau panduan di Universal Studios Singapore ini bermanfaat untuk kamu ya! Sekarang, apa kamu siap untuk petualangan yang mendebarkan? 😄 Dapatkan tiket USS kamu di sini!