icon
icon
article hero

10 Alasan Kenapa Menjadi Traveler Muslim Pada Umur 20an Adalah Pilihan Tepat

AvatarName

Makna Sinatria  •  Apr 22, 2016

icon

[Artikel ini aslinya ditulis oleh Sabrina. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulisnya di halaman ini.] Saat kamu berumur 20an, kamu merasa akan awet muda selamanya. Kamu merasa dunia berada dalam genggamanmu, kamu ada di puncak masa mudamu, kamu belum pernah terlihat dan merasa lebih baik dari sebelumnya, dan bagian terbaik dari semua ini, kamu akhirnya bebas melihat dunia sesukamu! Kamu mungkin nggak percaya, tapi saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk langsung naik pesawat dan melihat dunia, sebelum komitmen lain seperti pekerjaan dan keluarga menyita waktumu (hal-hal yang memang indah tapi hidupmu takkan pernah sama lagi dengan mereka). Apalagi, tak ada yang lebih menyenangkan selain punya sesuatu yang menakjubkan untuk ditunggu-tunggu! Tentu saja kita suka banget traveling 💖 dan merasakan kebudayaan baru dimanapun kita berada. Namun, kita sudah membahas tentang berbagai tempat yang harus kamu kunjungi, hal-hal yang harus kamu lihat, dan kuliner lezat yang harus kamu makan. Tapi satu hal utama yang belum kami bahas adalah kenapa kamu harus traveling!
Kredit: giphy
1. Alami rasanya jadi seorang Muslim di Negara asing dan perkuat ikatanmu dengan komunitas lokal!
Kita adalah bagian dari 1,6 milyar (dan terus bertambah) masyarakat Islam, dan dunia berubah bersama kita.
Kredit: giphy  Kamu akan tertegun melihat betapa beragamnya umat Muslim dalam menjaga iman kita, dengan mengunjungi masjid di berbagai tempat seperti London dan Seoul, dan bertemu orang lain yang sepaham dengan kepercayaan kita!
2. Jadilah duta besar untuk perdamaian sekaligus pahami orang lain dengan lebih baik
Kita harus akui kalau kita hidup di zaman dimana orang Muslim jadi subjek utama stereotip dan pengawasan. Kita tahu bahwa hal-hal negatif itu bukan identitas asli seorang Muslim, tapi kita nggak bisa mengharap orang-orang untuk paham sebelum mereka bertemu langsung dengan kita, kan? Dengan menjadi diri sendiri dimanapun kita berada, kita membiarkan dunia tahu bahwa seorang Muslim adalah orang yang menyayangi sesama, menjaga tata karma, dan menghormati orang lain (tentu saja hanya beberapa di antara berbagai sifat baik seorang Muslim!). Lagipula, tindakan nyata lebih berpengaruh dibanding sekedar ucapan ❤️
Kredit: giphy Selain orang-orang bisa mengenal kita (Muslim) dengan lebih baik, kita juga bisa memahami kebudayaan lokal lain dan membuka pikiran untuk mengenal orang dan mendapat pengalaman baru. Tentu aja kita sama sekali nggak rugi!
3. Saksikan keindahan ciptaan Tuhan
Aurora
Kamu bisa saja membaca tentang betapa lembutnya salju yang baru saja jatuh…
Snow
… betapa menakjubkannya musim gugur dengan segala keindahannya…
Autumn
… atau melihat foto matahari terbit di pulau-pulau yang amat sangat indah
Sunrise
 … tapi tak ada yang sanggup mengalahkan pengalaman langsung mengalami semua itu! Memangnya ada cara yang lebih baik untuk memahami perintah Tuhan selain dengan menyelami dunia yang telah Tuhan ciptakan bagi kita? 
Travel through the earth
Kredit: Life of My Heart
4. Puaskan keinginanmu dan cobalah kuliner lokal!
Lewat sudah hari-hari dimana sulit sekali mencari makanan lokal yang otentik di Negara seperti Korea, Jepang, atau Hong Kong, dan kita hanya terbatas mengunjungi Negara-negara Muslim saja. Kamu bisa ucapkan selamat tinggal pada makanan kotak dan hanya bisa menatap sedih ketika orang-orang lokal menyantap makanan mereka dengan lahap. Sekarang kita bisa mencoba yakiniku halal, mencoba berbagai kuliner halal di jalanan Bangkok, atau makan burger (yang tentu saja halal) di London!
Kredit: giphy Dunia telah terbuka untuk traveler Muslim dan tentunya kita juga harus terbuka untuk dunia!
5. Jadilah bagian dari tradisi Islam yang berumur ribuan tahun!
Ibnu Batutta (salah satu pengelana terkemuka sepanjang masa, yang kebetulan juga seorang Muslim), mulai berkelana saat berumur 20 tahun dan tidak berhenti sampai 29 tahun kemudian. Dia sudah mengunjungi 40 negara (masa sekarang) pada masa itu—yang tentu saja prestasi menakjubkan bagi pengelana zaman dulu yang tidak punya akses kemewahan seperti masa kini.
Ibn Batutta
Kredit: vix3ts
6. Dapatkan pengalaman baru yang akan membuat hidupmu lebih menarik!
Suatu saat, kamu akan menaklukan dunia dan menjadi CEO perusahaan besar. Tapi bagaimana kamu bisa mencapai hal itu tanpa benar-benar merasakan hidup? Traveling membuka pikiranmu dengan berbagai cara yang tak pernah terbayang sebelumnya dan membuatmu menemukan jati dirimu yang sebenarnya.
Kredit: giphy Tip #HHWT: Pemilik perusahaan biasanya mencari kandidat yang cakap dan bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Pengalaman berpetualang di luar zona nyamanmu tentu saja amat membantu! Hal ini menunjukkan inisiatif dan keinginan besar untuk belajar 😄 
7. Beramal dan menerima kembali
Traveling adalah waktu yang paling tepat untuk membantu orang lain. Alih-alih hanya beramal secara online ke badan amal lokal, kenapa tidak sekalian meluangkan waktumu untuk membantu orang lain yang membutuhkan dimanapun kamu berada?
Volunteer
Credit: Zakat Foundation of America Hal ini bisa membuat kita merasa lebih bersyukur atas berkat yang kita punyai, dan bersikap lebih rendah hati dalam kehidupan sehari-hari. Membuat perubahan baik bagi kehidupan orang lain adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan 😉. Lagipula, Muslim adalah orang-orang yang gemar beramal!
8. Melatih kemampuan dalam perencanaan dan penganggaran…dan cara menyelesaikan masalah tanpa persiapan!
Cara terbaik untuk menjadi dewasa adalah berusaha merencanakan sebuah perjalanan dengan budget terbatas!
Kredit: giphy … dan kalau tidak berjalan sesuai rencana, hal ini juga menantang kreatifitas dan mengajarimu menyelesaikan masalah seperti seorang juara!
9. Kamu nggak akan pernah menyesal sudah traveling. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?
Alih-alih menghitung hari sampai akhir pekan, bukannya lebih menyenangkan menghitung mundur ke petualangan besarmu selanjutnya? Kamu nggak akan punya waktu luang sebanyak ini (dan sesehat ini) di masa depan. Jangan menunggu sampai dunia berlalu!
Kredit: giphy
10. Kamu bisa menghargai dimana kamu berada dan apa yang kamu punya, di sini dan saat ini juga.
 Terkadang kita menganggap orang-orang yang kita sayang akan selalu ada dan tempat-tempat tidak akan berubah – yang, tentu saja, hal wajar. Tapi berada jauh dari rumah akan membuatmu lebih menghargai ini. Saudaramu tidak akan terasa semenyebalkan sebelumnya, dan ya ampun, kamu pasti sangat rindu masakan ibumu. Kamu pasti akan lebih menghargai berbagai berkat dari Tuhan 😊  Jadi apa yang mendorongmu keluar rumah hari ini? P.S: Sekarang setelah kamu yakin, berikut ini 18 tempat yang harus kamu kunjungi di 2016!