icon
icon
article hero

Tren Wisata Vaksin, Ini Negara yang Kasih Vaksin Gratis untuk Wisatawan Indonesia

AvatarName

Tiara  •  Jul 01, 2021

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata vaksin tengah digaungkan oleh pemerintah Indonesia, dan Bali menjadi destinasi pertamanya. Wisata vaksin memang bukan hal yang baru. Beberapa negara lain di dunia telah lebih dulu mengadopsi program ini dengan menawarkan vaksin Covid-19 bagi wisatawan asing yang berpelesir di negaranya. Baca juga:

Amerika Serikat

Salah satu negara favorit sejauh ini untuk wisata vaksin di luar negeri adalah Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan salah satu negara maju yang program vaksinasinya berlangsung dengan cepat. Alhasil, orang-orang berduit di tanah air pun memilih untuk mendapatkan vaksin Covid-19 di sana. Wiisata vaksin dinilai bukan hanya menguntungkan bagi penyelenggara perjalanan wisata. Program ini juga membantu masyrakat Indonesia yang, sayangnya, kesulitan untuk mendapatkan giliran vaksin di negaranya sendiri. Dilansir dari sumber ini, salah satu penyelenggara wisata vaksin di Indonesia, yakni ATS Vacation menyatakan kini setidaknya sudah ada seratus orang yang telah memesan program ini. Keberangkatannya sendiri terbagi menjadi beberapa periode, mulai Juni hinggaNovember.
Tidak ada syarat khusus untuk wisata vaksin ke Amerika Serikat, selama wisatawan mendapatkan visa dan memenuhi dokumen perjalanan yang dibutuhkan. Untuk harganya sendiri, wisata vaksin ke Amerika Serikat dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 jutaan per orang. Adapun vaksin yang digunakan adalah Johnson&Johnson.

Maladewa

Sementara itu, wisata vaksin telah dilakukan oleh Maladewa sejak April lalu. Negara ini memang mengandalkan wisatawan asing sebagai pendapatannya. Tidak heran jika berbagai kemudahan pun diberikan demi membangkitkan kembali sektor wisatanya. Mengusung slogan "Visit, Vaccinate, Vacation", Maladewa mengupayakan agar populasi lokalnya telah divaksin terlebih dahulu. Dengan menciptakan kondisi yang aman di dalam negeri, Maladewa pun siap menyambut dan memvaksinasi wisatawan asing.

Uni Emirat Arab

Wisatawan yang memegang visa yang dikeluarkan oleh otoritas Abu Dhabi atau cap visa on arrival bisa mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19 dari pemerintah setempat. Menurut otoritas layanan kesehatan Abu Dhabi (SEHA), wisatawan dapat mendaftar lewat aplikasi Seha. Adapun syaratnya adalah membawa bukti berupa visa atau visa on arrival berstempel masuk di perbatasan Abu Dhabi. Adapun vaksin yang digunakan adalah Sinopharm dan Pfizer/BioNTech.

Rusia

Menyusul Amerika Serikat, Rusia pun meluncurkan program wisata vaksin. Rencananya, wisata vaksin Rusia akan diluncurkan pada akhir Juli 2021. Rusia sendiri terus mempromosikan vaksin Sputnik V buatannya ke seluruh dunia. Namun, belum bisadipastikan apakah vaksin tersebut yang akan digunakan dalam program wisata vaksin untuk wisatawan asing nanti.