icon
icon
article hero

Space Tourism Siap Mengudara, Ini Caranya Jalan-jalan Ke Luar Angkasa!

AvatarName

Tiara  •  Jul 13, 2021

icon

Artikel ini merupakan terjemahan. Kamu bisa membaca versi berbahasa Inggris yang ditulis oleh Cheng Sim di halaman ini. Keinginan umat manusia untuk jalan-jalan ke luar angkasa kini semakin nyata. Beberapa perusahaan aerospace telah memulai misinya untuk membuka perjalanan komersial ke luar angkasa. Sebelum kamu berandai-andai berjalan di bulan dan mengitari bumi, kenalan dulu yuk dengan space tourism!

Apa itu space tourism?

Kredit: Virgin Galactic di Facebook Space tourism atau wisata luar angkasa merupakan sebuah perjalanan menjelajahi galaksi untuk tujuan bisnis atau bersenang-senang. Meski perjalanan ini tidak termasuk mendarat di bulan, ada beberapa pilihan space tourism yang menawarkan rute sub-orbital, orbital, dan rute lain di luar planet bumi. Baca juga: 13 Travel Tips For The Muslim Globetrotter

Siapa pemain di ranah space tourism?

Virgin Galactic, Space X, dan Blue Origin sejauh ini memimpin balapan menuju luar angkasa. Menurut sumber ini, potensi pasar space tourism bakal mencapau 1,7 miliar dollar Amerika di tahun 2027. Jadi, sangat mungkin jika opsi ini bakal jadi masa depan pariwisata!

Virgin Galactic

  • Virgin Galactic merupakan maskapai luar angkasa komersial pertama yang mengajak kalangan ilmuwan dan umum untuk jalan-jalan di luar angkasa.
  • Maskapai ini didirikan oleh pemilih Virgin Group, Richard Branson dan insinyur luar angkasa Burt Rutan.
  • Pada Maret 2021,Virgin Galactic memamerkan VSS Imagine yang merupakan pesawat luar angkasa yang dirancang dengan tampilan reflektif yang memantulkan pemandangan sekitarnya dan berubah saat terbang ke luar angkasa.
  • Pada Mei 2021, Virgin Galactic menyelesaikan perjalanan luar angkasa berpenumpang dari Spaceport America yang berada di New Mexico.

SpaceX

  • SpaceX merupakan perusahaan roket dan pesawat luar angkasa.
  • Perusahaani ni emrupakan milik Elon Musk yang juga pendiri Tesla.
  • Selain menyediakan transportasi untuk astronot, SpaceX juga menyediakan penerbangan komersial menuju luar angkasa.
  • SpaceX digadang-gadang bakal meluncurkan rute komersial mengelilingi bbulan pada tahun 2023.  Konglomerat Jepang Yusaku Maezawa akan menjadi wisatawan luar angkasa pertama yang ikut wisata ke bulan ini.

Blue Origin

  • Blue Origin merupakan perusahaan manufaktur pesawat luar angkasa yang juga menyediakan perjalanan ke luar angkasa.
  • Perusahaan ini merupakan milik Jeff Bezos.
  • Tahun 2012, Blue Origin memperkenalkan kendaraan luar angkasa New Shepard.
  • Pe.numpang pertama yang akan naik New Shepard adalah Jeff Bezos dan Mark Bezos.

Berapa biaya jalan-jalan ke luar angkasa?

Kredit: Blue Origin di FacebookYaa, cukup mahal. Salah satuperjalanan 5 menit di luar angkasa bersama Virgin Galactic dibanderol dengan harga 250 ribu dollar AS atau sekitar Rp 3,6 miliar. Beberapa public figure yang telah memesan tiket ini adalah Leonardo di Caprio dan Justin Bieber. Namun, jadwalpenerbangan komersial ini masih ditunda sampai tahun 2022. Juni 2021, Blue Origin melelang kursi perdana di New Shepard dengan harga 28 juta dollar AS atau lebih dari Rp 400 miliar. Pemenang lelang akan duduk di samping Jeff Bezos sepanjang perjalanan 11 menit dengan pemandangan luar angkasa di jendela. Uniknya, pesawat ini dikendalikan otomatis sehingga hanya akan ada penumpang di dalamnya.

Bagaimana cara menjadi space tourist?

Persyaratannya bervariasi. Misalnya, Virgin Galactic hanya mensyaratkan penumpang berusia di atas 18 tahun seperti aturan FAA. Namun, setiap kursi memiliki batasan berat maksimal. Virgin Galactic juga bermitra dengan Omaze untuk memberikan dua kursi gratis dalam penerbangan luar angkasa pertamanya. Giveaway ini bisa kamu ikuti di halaman ini! Lain halnya dengan New Shepard dari Blue Origin. Space tourist harus mengikuti pelatihan seharian sebelum penerbangan. Pelatihan tersebut meliputi keamanan, simulasi, dan melihat kendaraannya. Sudah siap jalan-jalan ke luar angkasa? Simak juga pembahasan luar angkasa lainnya dalam artikel berikut ini;