icon
icon
article hero

Live on Board VS Menginap di Resort Labuan Bajo, Mana yang Lebih Baik?

AvatarName

Tiara  •  Aug 26, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Wisata Labuan Bajo bisa dinikmati dengan berbagai cara. Pesona laut dan daratnya menawarkan pemandangan indah yang tidak bisa ditemui di belahan lain Indonesia. Oleh karena itu, liburan ke Labuan Bajo harus disiapkan dengan baik agar semuanya berjalan maksimal.
Selain dengan menginap di hotel dan resort yang ada di sana, wisata Labuan Bajo juga bisa dinikmati dengan live on board alias berlayar dan menginap di atas kapal. Dengan semakin banyaknya operator wisata yang menawarkan paket ini, tentu semakin membuat penasaran. Tapi tunggu dulu, berlayar di laut lepas pun tidak seindah foto-fotonya. Sebelum kamu memutuskan metode wisata Labuan Bajo yang akan kamu ambil, pertimbangkan dulu plus dan minusnya dengan asumsi biaya yang sama.
Menginap di resort
 Menginap di hotel atau resort adalah pilihan paling aman. Kamu bisa mengeksplor tempat wisata Labuan Bajo di siang hari dan pulang ke kamar yang luas dan nyaman untuk beristirahat. Fasilitas yang ditawarkan di akomodasi ini pun jauh lebih lengkap. Jadi, kamu bisa beraktivitas di dalam area resort jika tidak ingin pergi jauh-jauh dan privasi di resort juga lebih terjaga. Selain itu, menginap di resort juga memiliki resiko alam yang lebih rendah. Kamu akan terlindungi dari cuaca hujan dan terik di dalam bangunan resort yang kokoh. Komunikasi pun akan lebih lancar karena hampir semua resort menyediakan koneksi internet. Sayangnya, kenyamanan itu harus dibayar dengan pemandangan yang itu-itu saja. Selama beberapa hari ke depan, kamu akan bangun dan tidur dengan panorama yang sama. Lokasi resort yang berada di daratan pun membuat perjalanan menuju tempat wisata lebih lama sehingga pilihan aktivitas alam menjadi terbatas untuk setiap harinya. 
Live on board
Wisata Labuan Bajo dengan berlayar juga tidak kalah seru. Pengalaman unik menghabiskan waktu berhari-hari di lautan ini akan menjadi liburan yang akan kamu kenang. Bayangkan asyiknya berganti-ganti pemandangan tanpa harus meninggalkan kasur. Setiap hari kamu akan punya 'studio foto' yang berbeda. Kamu pun akan dimanjakan dengan beragam aktivitas alam selama berlayar. Mau snorkeling ? Langsung saja lompat dari kapal saat tiba di spotnya. Tempat parkir kamu adalah pantai-pantai cantik di pulau eksotis. Beberapa operator juga menyediakan alat pancing yang bisa kamu gunakan. Lebih baik lagi, kamu pun bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang yang ada di atas kapal. Namun namanya juga berlayar, tentu ada resiko tersendiri, termasuk cuaca buruk. Kondisi cuaca tentu sudah diprediksi oleh para awak kapal, namun kamu harus tetap ingat bahwa kekuatan alam lebih besar daripada kuasa manusia. Selain itu, kamu pun harus maklum jika kondisi kamar tidur dan pilihan makanan yang tersedia di atas kapal agak terbatas. Bagaimana, sudah semakin yakin mau menginap di resort atau berlayar? Apapun pilihan kamu, wisata Labuan Bajo tidak akan mengecewakan. Kalau kamu mau dua-duanya pun bisa. Cukup sisihkan beberapa hari liburan untuk berlayar seharian. Simak juga referensi wisata di Labuan Bajo lainnya dalam artikel berikut ini: