icon
icon
article hero

6 Hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Wisata Keluarga di Jogja Akhir Tahun Ini

AvatarName

Tiara •  Dec 14, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan. Menjelang akhir tahun, sejumlah destinasi wisata domestik bersiap untuk menyambut wisatawan. Tempat wisata keluarga di Jogja pun mulai merangkak naik dalam mesin pencarian di internet. Namun ingat, pandemi belum berakhir. Jika kamu ingin menghabiskan libur panjang Natal dan tahun baru di Jogja bersama keluarga, inilah hal yang wajib kamu persiapkan.
Surat keterangan bebas gejala Covid-19
Sebelum berangkan wisata ke Jogja bersama keluarga, kamu harus mengantongi surat keterangan hasil negatif tes usap atau non reaktif tes rapid. Surat keterangan ini adalah dokumen wajib untuk bepergian dengan transportasi umum. Tidak hanya itu, menjalani tes sebelum berangkat juga bisa memastikan kondisi fisik kamu prima dan terbebas dari virus. Pastikan setiap orang yang ikut dalam perjalanan menjalani tes terlebih dahulu.
Vitamin dan alat pelindung diri pribadi
Kamu tentu ingin wisata keluarga di Jogja nanti aman dan nyaman. Karenanya, bekali diri dengan kelengkapan new normal seperti masker dan hand sanitizer. Jangan lupa mengonsumsi vitamin dan makan makanan bergizi agar kondisi fisik selalu prima selama beraktivitas di Jogja.
Memilih hotel yang higienis
Selain nyaman dan strategis, akomodasi higienis adalah kebutuhan dalam wisata keluarga di Jogja pada era new normal. Pilihlah hotel yang memang menerapkan protokol kesehatan. Biasanya, status kebersihan hotel tersebut bisa dilihat pada saat kamu memesan hotel di aplikasi agen perjalanan. Dengan menginap di hotel yang aman dan higienis, kamu bisa liburan dengan lebih tenang. Jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatannya ya.
Cari informasi terbaru seputar Jogja
Mungkin banyak hal yang berubah dalam wisata keluarga di Jogja kamu akhir tahun nanti. Salah satu yang santer dibicarakan adalah rencana Malioboro menjadi area bebas kendaraan bermotor. Otomatis, kamu harus berjalan kaki menyusuri kawasan ini. Karenanya, pastikan kamu mengumpulkan informasi terbaru mengenai wisata di Jogja. Bukan hanya kuliner terbaik, gudeg paling enak, atau tempat beli oleh-oleh, informasi terbaru seperti kantong parkir terdekat pun perlu kamu simpan sebagai panduan.
Asuransi perjalanan
Perlu diingat bahwa pandemi belum berakhir dan wisata keluarga di Jogja nanti bakal memiliki resiko tersendiri. Supaya lebih aman, kamu bisa menambahkan asuransi perjalanan ketika memesan tiket atau hotel. hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah, kamu bisa melindungi diri dari resiko seperti pembatalan pesanan, kehilangan barang, atau bahkan perawatan akibat Covid-19. #HHWT Tip: Pelajari terlebih dahulu proteksi yang berlaku saat kamu membeli asuransi perjalanan.
Itinerary
Agar wisata keluarga di Jogja tahun ini menyenangkan untuk semua, tidak ada salahnya untuk menyiapkan itinerary perjalanan yang detail. Kumpulkan destinasi yang diinginkan oleh masing-masing anggota keluarga, lalu atur sedemikian rupa agar perjalanan efektif dan tidak terlalu melelahkan. Kalau kamu naik mobil pribadi, kamu pun bisa mampir ke beberapa kota di Jawa Tengah selama road trip. Jangan lupa untuk mencari informasi terbaru tentang setiap destinasi yang akan kamu kunjungi. Simak juga informasi terkait wisata di Jogja lainnya dalam artikel berikut ini: