icon
icon
article hero

Dibuka Kembali, Begini New Normal di Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko

AvatarName

Tiara  •  Jul 09, 2020

icon

Informasi yang tertera di bawah ini sesuai dengan kondisi saat artikel dipublikasikan.  Ada kabar baik untuk kamu yang sudah kangen wisata Candi Prambanan atau sudah mulai mencari informasi soal tiket Candi Borobudur dan Ratu Boko. Ketiga taman wisata candi tersebut sudah mulai kembali dibuka untuk wisatawan. Uji coba pembukaan Candi Prambanan dan Ratu Boko dimulai sejak 1 Juli 2020 lalu, sementara Candi Borobudur kembali dibuka mulai 7 Juli 2020.
Kredit: Borobudur Park Hal ini dilakukan setelah gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Yogyakarta dan Magelang memberikan lampu hijau kepada masing-masing pengelola taman wisata candi tersebut. Izin tersebut pun dikeluarkan setelah pengelola dinilai berhasil melakukan simulasi protokol kesehatan sebanyak 3 kali. Pengelola pun dianggap sanggup melaksanakan protokol kesehatan secara ketat kepada pengunjung. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengunjungi taman wisata candi di era new normal pariwisata yang telah dihimpun tim HHWT.
Candi Borobudur
Dalam simulasi yang dilakukan, pengunjung harus melalui protokol kesehatan mulai dari turun mobil hingga berada di dalam area candi. Pada dasarnya, protokol ini sesuai dengan protokol kesehatan di ruang publik, yakni sebagai berikut:
  • Pengunjung wajib memakai masker dan dilarang membawa makanan dari luar ke dalam area wisata candi.
  • Pembelian tiket disarankan secara online melalui website Borobudur Park. Namun jika membeli tiket secara offline, wisatawan wajib menjaga jarak satu meter saat mengantri di loket dan mengutamakan pembayaran non-tunai.
  • Pengunjung akan diukur suhu tubuhnya dan diberikan stiker dengan warna sesuai kategori. Stiker hijau untuk suhu di bawah 37,5 derajat, stiker kuning untuk suhu antara 37,6 sampai 37,8, dan stiker merah untuk suhu 37,8 ke atas. Khusus untuk stiker merah akan diarahkan menuju klinik kesehatan dan tidak diizinkan masuk ke area candi.
  • Setiap 20 orang harus dipandu oleh seorang pemandu wisata resmi dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dengan biaya Rp 10.000 per kelompok atau Rp 5.000 per orang.
  • Jumlah pengunjung dibatasi menjadi 140 orang per jam.
  • Pengunjung diizinkan masuk sampai Zona I (halaman) candi, namun belum diizinkan naik ke struktur untuk menghindari penumpukan di lorong candi.
Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 50.000 Alamat: Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang Nomor telepon: +62274 496 404 dan +62811 2688 000 Jam operasional: Selasa - Minggu jam 8.00-16.00 Website | Facebook | Instagram
Candi Prambanan dan Ratu Boko
Meskipun dibuka lebih awal, wisata Candi Prambanan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para wisatawan yang berkunjung sebagai berikut:
  • Pengunjung wajib mengenakan masker dan menjaga jarak saat berada di seluruh area candi.
  • Pengunjung yang datang dari luardaerah harus menunjukkan surat keterangan kesehatan.
  • Pengunjung dianjurkan untuk membeli tiket secara online karena hanya 30% dari jumlah tiket yang tersedia setiap harinya bisa dibeli di loket. Sementara 70% dijual secara online melalui website Borobudur Park.
  • Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 25% dari kapasitas normal.
  • Pengunjung dilarang membawa makanan dari luar.
  • Pengunjung akan diukur suhu tubuhnya dan diberikan stiker dengan warna sesuai kategori. Stiker hijau untuk suhu di bawah 37,5 derajat, stiker kuning untuk suhu antara 37,6 sampai 37,8, dan stiker merah untuk suhu 37,8 ke atas. Khusus untuk stiker merah akan diarahkan menuju klinik kesehatan dan tidak diizinkan masuk ke area candi.
Candi Prambanan Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 50.000 Alamat: Jalan Raya Solo-Yogyakarta No. 16 Kranggan, Sleman, Yogyakarta Nomor telepon: +62274 496 405 dan +62811 2688 000 Jam operasional: Setiap hari jam 8.00-16.00 (tutup jam 12.00-13.00 untuk dibersihkan) Website | Facebook | Instagram Candi Ratu Boko Harga tiket masuk: Mulai dari Rp 40.000 Alamat: Jalan Raya Piyungan-Prambanan KM 2 Gatak, Sleman, Yogyakarta Nomor telepon: +62274 496 510 dan +62811 2688 000 Jam operasional: Setiap hari jam 10.00-18.00 (tutup jam 12.00-13.00 untuk dibersihkan) Website | Facebook | InstagramProtokol kesehatan ini dibuat untuk melindungi seluruh pengunjungdan petugas yang ada di kawasan wisata candi. Pastikan kamu memenuhi syarat dan mematuhi semua protokol kesehatan yang diterapkan di sana untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama. Semoga dengan ini, semakin banyak tempat wisata yang buka sehingga kita bisa segera menikmati wisata di eranew normal dengan aman dan nyaman. Simak informasi terkini lainnya terkait perkembangan tempat wisata di Indonesia di era new normal dalam artikel berikut ini: