icon
icon
article hero

Wisata Banten Kembali Dibuka, Ini 7 Destinasi Paling Populernya

AvatarName

Sastri  •  May 31, 2021

icon

Kondisi di bawah ini sesuai dengan saat artikel dipublikasikan. Gubernur Banten Wahidin Halim beberapa waktu lalu menutup seluruh destinasi wisata di kawasan tersebut, karena membludaknya pengunjung dan rawan terhadap penyebaran Covid-19. Penutupan dilakukan hingga 30 Mei 2021. Mulai hari ini, 31 Mei 2021, tempat wisata di Banten rencananya akan kembali dibuka. Berikut 7 destinasi paling populer di provinsi tersebut yang bisa kamu datangi! P.S. Beberapa informasi ini juga berguna untuk kamu yang ingin melepas penat di sekitar Jakarta ;)  
  1. Pantai Anyer
Pantai Anyer pastinya tak asing lagi di telinga wisatawan domestik. Di sini kamu bisa bermain pasir, berenang, bermain olahraga air, serta menikmati hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai. Tersedia pula beberapa akomodasi mulai dari homestay sampai resor nyaman!
2. Tanjung Lesung
Tanjung Lesung masuk dalam Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pantai yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini masih sangat asri dan kamu bisa menginap di deretan hotel atau resoryang tersedia.
3. TN Ujung Kulon
Sesuai namanya, Taman Nasional ini terletak di bagian ujung Pulau Jawa. Taman Nasional ini merupakan habitat dari badak Jawa dan beberapa spesies terancam punah lainnya. Kamu bisa kemping, trekking, mengunjungi beberapa tempat wisata alam, serta menikmati pantai yang aduhai indahnya.
4. Masjid Agung Banten
Dibangun pada 1569, Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Bangunannya memiliki unsur arsitektur Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Tak hanya masjid, lokasi ini juga dilengkapi makam dari anggota kerajaan Islam yang pernah ada di Banten. Baca juga 5 masjid tertua di Indonesia ini!
5. Gunung Anak Krakatau
Siapa yang tak kenal Gunung Anak Krakatau yang terletak di Selat Sunda? Ya, secara geografis, gunung ini masih berada dalam wilayah Provinsi Banten. Kamu bisa ikut open trip untuk mendaki gunung ini serta menikmati panorama dari Teluk Kiluan, dengan lama trip dari 1-4 hari.
6. Pulau Sangiang
Nama Pulau Sangiang memang tidak setenar tempat wisata lainnya, namun bagi warga lokal, pulau ini menjadi destinasi wisata bahari yang populer. Kamu bisa mengaksesnya dengan naik perahu dari Pantai Anyer sekitar 45 menit. Di pulau ini kamu bisa trekking, berkemah, dan tentunya berenang di perairannya yang sangat jernih!
7. Pulau Dua
Pulau Dua, atau disebut juga Pulau Burung, merupakan cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas Pantai Banten.Sesuai namanya, pulau ini dihuni oleh beragam jenis burung dalam jumlah besar. Kamu bisa bersepeda, trekking, serta berenang di perairannya yang jernih.